Apakah Saya Membutuhkan PSU Baru Jika Saya Meng-upgrade GPU Saya?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

 

Kartu grafis tidak menjadi kurang kuat (atau haus daya), jadi jika Anda meningkatkan dari GPU lama ke model yang lebih baru, Anda mungkin khawatir Anda juga perlu meningkatkan PSU Anda.

Ini Mungkin Saatnya untuk PSU Baru Terlepas dari

Sebelum kita menyelami seluk beluk menentukan apakah beban daya dari GPU baru akan memerlukan Unit Catu Daya baru untuk mengimbanginya, mari kita buang sedikit PSU PSA.

PSU tidak bertahan lama selamanya, dan kualitas serta efisiensi build telah meningkat dari waktu ke waktu.

Bahkan jika Anda memilih untuk menggunakan kembali perangkat keras lama dan hanya menukar GPU lama Anda dengan yang baru, berikan beberapa pertimbangan serius untuk menukar PSU bersamanya terlepas dari apakah peningkatan kebutuhan daya memerlukannya atau tidak.

PSU adalah infrastruktur PC yang penting, dan akan sangat memalukan untuk akhirnya mendapatkan GPU baru setelah berurusan dengan pasokan kekenyangan dan calo harga hanya untuk membuatnya naik dalam asap.

Menentukan Jika Anda Membutuhkan Lebih Banyak Daya

Pertanyaan penting bukan hanya “apakah GPU yang saya pasang mengkonsumsi lebih banyak daya?” Pertanyaan krusialnya adalah, “Apakah seluruh build saya, dengan tambahan GPU baru, melebihi level yang disarankan untuk PSU saya saat ini?”

Karena jika Anda memiliki PSU dengan headroom yang cukup besar, maka tidak ada alasan untuk menggantinya (selain mengganti PSU yang sangat tua untuk bermain aman).

Hitung Beban Daya Anda Saat Ini

Kunci untuk menjawab pertanyaan kami adalah berapa watt semua perangkat keras yang dibutuhkan pasokan PSU Anda. Kami menekankan kata semua karena untuk menjawab pertanyaan Anda secara akurat, Anda perlu memperhitungkan setiap bagian dari perangkat keras yang diambil dari PSU, termasuk semuanya, mulai dari hard disk ekstra hingga kipas casing—bukan hanya hal-hal mencolok seperti CPU dan GPU.

Anda dapat mengambil pendekatan pembagian panjang untuk masalah ini, jika Anda mau, dan cari perkiraan watt untuk setiap perangkat keras Anda sendiri dan masukkan semuanya ke dalam spreadsheet.

Tetapi mengapa bekerja sekeras itu ketika kita hidup di masa depan, dan ada banyak alat praktis untuk melakukan pekerjaan berat untuk Anda?

Jika Anda menginginkan perkiraan sederhana dan masuk akal tentang kebutuhan daya yang dibutuhkan bangunan Anda, Anda dapat menuju ke PCPartsPicker.com dan “membangun” PC Anda dengan mencari bagian-bagiannya dalam bangunan Anda saat ini. Bandingkan perkiraan beban dengan peringkat PSU Anda saat ini.

Jika Anda ingin melihat tampilan dasar dan mendetail tentang kebutuhan PSU Anda, Anda juga dapat melihat Kalkulator Catu Daya OuterVision. Anda tidak hanya dapat melakukan pendekatan plug-in-the-parts yang sama di sana, Anda juga dapat benar-benar menggali dengan mode Expert dan mengubah hasil berdasarkan parameter tambahan seperti pengaturan overclocking yang telah Anda terapkan ke CPU dan GPU.

Untuk sebagai contoh, kami menjalankan perhitungan pada build dengan CPU AMD 5800X, GPU GTX 1080, RAM 32GB, beberapa SSD, dan perangkat keras sekunder seperti kipas dan semacamnya, dan PSU 750W melalui kalkulator dan mencapai perkiraan beban nilai 445W.

Hitung Ulang dengan GPU Baru Anda

Setelah mengetahui beban saat ini pada PC, Anda dapat mengganti GPU lama dengan GPU baru dalam perhitungan Anda. Omong-omong, Anda tidak akan selalu menambah beban.

Kartu baru Anda mungkin sebenarnya hampir sama dalam hal kebutuhan daya atau bahkan sedikit lebih rendah dari kartu lama Anda. Bagaimanapun, Anda akan memiliki nilai baru untuk dibandingkan.

Jika Anda menjadi besar, bagaimanapun, seperti menukar GTX 1080 lama dengan RTX 3090 Ti, misalnya, jangan kaget melihat lonjakan proyeksi load.

RELATEDBerapa Banyak Komputer Anda Memanaskan Rumah Anda?

Ketika kami menukar GPU dalam perhitungan kami ke model yang lebih besar, perhitungan beban kami melonjak menjadi 675W. Peningkatan beban daya sebesar 66% tidak mengherankan mengingat RTX 3090 Ti adalah kartu haus daya yang menarik sekitar 450W dibandingkan dengan 180W rata-rata GTX 1080—peningkatan 150%.

Jika Anda berpikir bahwa 675W adalah mulai terdengar seperti wilayah pemanas ruang, Anda tidak salah.

Bandingkan Ruang Kepala Saat Ini dan Masa Depan

Jika Anda telah mengikuti sejauh ini dan menjalankan perhitungan pada perangkat keras Anda seperti yang kami miliki, Anda memiliki dua angka: perkiraan beban daya untuk perangkat lama Anda build dan build baru Anda dengan GPU yang ditingkatkan.

Sekarang saatnya berbicara tentang ruang utama dan toleransi risiko. Ruang kepala adalah berapa banyak daya ekstra yang tersedia yang tersisa di peringkat daya PSU tertentu setelah Anda meletakkannya di bawah beban. Ada beberapa pendapat yang cukup kuat di komunitas pembuat PC tentang ruang kepala, termasuk argumen bahwa Anda harus selalu memiliki ruang kepala sekitar 50%.

RELATEDApa itu Sertifikasi “80 Plus” pada PSU?

Mungkin dulu, menjalankan PSU dengan kualitas yang lebih rendah dan tidak efisien dengan ruang kepala 50% adalah bijaksana karena Anda tidak dapat mempercayainya untuk benar-benar berkinerja seperti yang diharapkan. Tetapi dengan PSU modern berkualitas tinggi dengan sertifikasi efisiensi yang tepat, itu agak ekstrem. Bahkan dengan beberapa PSU mendapatkan sedikit peningkatan efisiensi 2-3% saat dijalankan pada beban sekitar 50%, memperbesar PSU Anda secara signifikan hanya untuk mendapatkan pengembalian efisiensi 2% mungkin sedikit berlebihan untuk anggaran dan kebutuhan Anda.

Dalam perhitungan awal kami, kami memiliki PSU 750W dengan beban 445W. Beban itu kira-kira 59%, meninggalkan kami dengan ruang kepala 41%. Itu jumlah ruang gerak yang cukup besar. Anda bahkan dapat berargumen bahwa jika build ditakdirkan untuk tetap tinggal tanpa upgrade apa pun, itu bahkan mungkin berlebihan.

Mengganti PSU lama untuk RTX 3090 Ti, bagaimanapun, meningkatkan perkiraan beban kami menjadi 675W—menjatuhkan ruang gerak overhead kami dari 41% menjadi 10%.

Itu tidak ideal, dan kami mungkin mengalami masalah, terutama dengan komputer di bawah beban berat, dengan ketidakstabilan dan bahkan crash. Anda mungkin tidak, tentu saja, dan Anda bahkan dapat sedikit mengurangi voltase kartu Anda untuk memperbaiki masalah itu.

Tetapi inilah mengapa pabrikan mengatakan PSU 850W adalah minimum untuk RTX 3090 Ti tetapi merekomendasikan PSU 1000W—jika kita menjalankan kembali perhitungan dengan 1000W PSU kemudian kami meningkatkan persentase ruang kepala itu dari 10% menjadi ~33%.

Yang penting adalah Anda benar-benar menjalankan angka untuk pengaturan khusus Anda dan tuntutan jalur peningkatan GPU khusus Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan PSU yang tepat untuk kebutuhan dan anggaran Anda.

Itulah berita seputar Apakah Saya Membutuhkan PSU Baru Jika Saya Meng-upgrade GPU Saya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.