Apakah Survei SurveyMonkey Anonim?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Karena SurveyMonkey adalah salah satu platform survei terkemuka di seluruh dunia, Anda mungkin pernah menemukan salah satu surveinya dalam kehidupan pribadi atau profesional Anda. Secara alami, orang lebih nyaman memberikan tanggapan yang jujur ​​jika mereka tahu bahwa survei tersebut aman dari mata-mata.

Anda mungkin ingin tahu apakah tanggapan Anda dapat ditelusuri kembali kepada Anda sebelum mengungkapkan semuanya dalam survei. Teruslah membaca untuk mengetahui apakah survei SurveyMonkey benar-benar anonim.

Apakah Survei SurveyMonkey Anonim?

Mari kita lanjutkan – tidak semua survei SurveyMonkey bersifat anonim.

SurveyMonkey sebagai platform tidak dapat benar-benar memengaruhi anonimitas survei. Hanya pembuat konten yang menyiapkan survei yang dapat memilih apakah akan mengumpulkan tanggapan anonim atau melacak responden mereka. SurveyMonkey hanya menyediakan alat yang diperlukan pembuat untuk mengonfigurasi survei mereka sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pembuat survei dapat mengumpulkan informasi pribadi Anda dengan dua cara.
Dengan secara eksplisit meminta detail pribadi Anda sebagai bagian dari surveiDengan menggunakan pengumpul survei untuk melacak dan mengumpulkan informasi tertentu secara otomatis
The detail pribadi tidak harus berupa nama depan dan nama belakang Anda. Mereka dapat menyertakan informasi lain yang dapat membantu pembuat survei memahami demografi responden mereka. Namun, pertanyaan-pertanyaan ini juga dapat mengungkapkan identitas Anda, tergantung pada jumlah responden dan kekhususan jawabannya. Pertanyaan demografis ini biasanya menanyakan tentang hal-hal spesifik yang disebutkan di bawah ini.
UsiaGenderTingkat pendidikanStatus pekerjaanStatus perkawinanIncome
Beberapa survei non-anonim tidak akan menanyakan informasi Anda secara langsung, tetapi akan mengumpulkan data lain yang dapat dilacak kembali kepada Anda. Misalnya, meskipun alamat IP tidak mengungkapkan identitas Anda secara langsung, alamat tersebut dapat menunjukkan lokasi geografis Anda. Mari kita bahas detail pengungkapan identitas apa yang dapat dikumpulkan oleh survei SurveyMonkey.

Informasi Apa yang Dikumpulkan SurveyMonkey?

SurveyMonkey menyediakan beberapa kolektor kepada pembuat survei. Kolektor adalah metode distribusi survei yang memengaruhi pengalaman pengambilan survei dan menentukan informasi responden apa yang dilacak dan dicatat. Pembuat survei dapat mengembalikan tanggapan anonim untuk kolektor mana pun kecuali Facebook Messenger.

IP Address

Secara default, sebagian besar kolektor SurveyMonkey melacak alamat IP responden kecuali pembuatnya memilih untuk tidak melakukannya. Pelacakan IP dilakukan melalui tautan web yang Anda klik untuk mengisi survei.

Alamat Email

Jika Anda menerima survei melalui undangan email, kemungkinan pembuatnya akan dapat melihat apakah Anda telah menyelesaikan survei atau belum. Saat filter anonimitas dimatikan, pembuat dapat melihat dengan tepat alamat email mana yang telah melakukan salah satu hal berikut.
Menyelesaikan surveiSebagian menyelesaikan surveiTidak menanggapi pertanyaanMemilih keluar dari menerima survei
Sementara pembuat konten tidak dapat melihat jawaban persis Anda, status penyelesaian terkadang cukup untuk mengungkapkan identitas Anda, terutama jika jumlah responden terbatas.

Nama Tampilan Facebook

Jika survei dikirim dan direkam melalui Facebook Messenger, pembuat dapat melihat nama depan dan belakang yang terkait dengan akun Facebook Anda. Kecuali Anda menggunakan nama samaran atau menggunakan akun palsu, tanggapan survei Anda akan mengarah langsung ke identitas Anda.

Nama Tampilan Microsoft Teams

Kecuali diperintahkan untuk tidak dilakukan oleh pembuat survei, Microsoft Teams akan mencatat nama depan dan belakang setiap pengambil survei. Akibatnya, pembuat akan dapat melihat informasi identitas Anda.

Cara Mengetahui apakah Survei SurveyMonkey Adalah Anonim

Survei SurveyMonkey harus berisi pernyataan privasi yang memberi tahu Anda tentang anonimitas survei dan bagaimana informasi pengenal pribadi Anda akan ditangani. Jika ada kebijakan privasi yang dilampirkan, SurveyMonkey menyarankan Anda untuk membacanya secara menyeluruh dan menghubungi pembuat survei jika Anda memiliki pertanyaan tambahan.

Sayangnya, jika tidak ada catatan privasi yang ditampilkan, satu-satunya cara untuk mengetahui apakah survei tersebut benar-benar anonim adalah dengan bertanya kepada pencipta secara langsung. Semua pembuat konten harus mematuhi Persyaratan Penggunaan SurveyMonkey dan harus mengungkapkan apakah survei bersifat anonim atau tidak. Misalkan Anda mencurigai pembuat survei mungkin berbohong tentang anonimitas survei atau mencoba mengumpulkan informasi pribadi yang sensitif, seperti nomor kartu kredit. Dalam hal ini, Anda harus segera mengirimkan email ke SurveyMonkey dan menahan diri untuk tidak menyelesaikan survei yang dimaksud.

Menginstal ekstensi untuk memblokir pelacak email, seperti Email Ugly, dapat membantu Anda segera menentukan apakah survei yang dikirim melalui undangan email sedang tracked.

Jika Anda tidak bisa mendapatkan jawaban pasti tentang anonimitas survei, hindari mengisi pertanyaan yang ditujukan untuk mempersempit siapa Anda sebenarnya. Survei terkait pekerjaan mungkin menanyakan tentang departemen atau atasan Anda, jadi berhati-hatilah dengan informasi apa yang bersedia Anda berikan.

Jangan Berkelahi Dengan Anonimitas

Meskipun survei SurveyMonkey tidak akan menanyakan nama depan dan belakang Anda secara langsung, informasi identitas Anda masih dapat diungkap melalui berbagai metadata. Karena anonimitas tidak dapat dijamin saat menyelesaikan survei SurveyMonkey, mungkin sebaiknya Anda tidak membocorkan informasi apa pun yang tidak ingin Anda kaitkan dengan diri Anda sendiri.

Pernahkah Anda mengisi survei SurveyMonkey? Apakah penting bagi Anda untuk tetap anonim saat menyelesaikan survei? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.