Aplikasi Printer HP Terpasang Sendiri di PC Windows, Ada yang Salah?

Buka menu Start PC Anda, dan Anda mungkin menemukan bahwa aplikasi HP Smart telah terinstal sendiri. Tampaknya ini disebabkan oleh bug Microsoft Store. Untungnya, HP Smart tidak berbahaya dan mudah dicopot pemasangannya, jadi ini tidak lebih dari sekadar gangguan. Microsoft saat ini sedang menyelidiki masalah ini. Aplikasi Smart HP memungkinkan Anda berinteraksi dengan printer HP. Ini sudah diinstal sebelumnya pada PC bermerek HP, dan secara otomatis akan diinstal sendiri di mesin Windows Anda saat Anda terhubung ke printer HP untuk pertama kalinya (melalui koneksi kabel atau nirkabel). Masalahnya, tentu saja, HP Smart menemukan jalannya ke PC yang salah.

Pada tanggal 29 November, lusinan pengguna Windows menemukan HP Smart di bagian “Baru Ditambahkan” pada menu Start mereka. Jika ini adalah kasus kesalahan pengguna, hal ini tidak akan terjadi pada banyak orang di hari yang sama. Pengguna yang terkena dampak mengatakan bahwa mereka tidak memiliki perangkat keras HP apa pun. Seorang pengguna mengira aplikasi tersebut adalah malware dan berulang kali menginstal ulang Windows, hanya untuk menemukan bahwa HP Smart akan muncul kembali di menu Start.

Bug Microsoft Store mungkin bertanggung jawab atas masalah ini. Meskipun demikian, kami tidak yakin mengapa Microsoft Store akan mendorong HP Smart ke PC acak. Dan fakta bahwa hal ini mungkin terjadi agak mengkhawatirkan, karena Microsoft Store berisi beberapa aplikasi penipuan dan malware. Jika salah satu aplikasi buruk ini mulai muncul di PC pengguna, situasi kita akan sangat berbeda saat ini.

Jika Anda terpengaruh oleh bug ini, klik kanan aplikasi HP Smart di menu Start dan pilih “uninstall. ” Anda juga dapat menghapus instalan aplikasi dari tampilan “Program” di panel kontrol. Jika Anda berencana menggunakan Printer HP di masa mendatang, jangan ragu untuk tetap menggunakan aplikasi HP Smart, meskipun saya menyarankan Anda menonaktifkan perilaku pengaktifannya untuk mencegahnya menghambat sistem Anda. (Anda tidak perlu menggunakan perangkat lunak ini dengan printer HP, karena sistem pencetakan Windows default akan memenuhi sebagian besar tugas yang sama.

Microsoft saat ini sedang menyelidiki bug HP Smart yang diinstal sendiri. Kami akan memperbarui artikel ini seiring berkembangnya cerita .

Sumber: Windows Terbaru