Apple Membunuh Saluran YouTube karena Menampilkan Terlalu Banyak Apple

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Apple telah menutup Saluran YouTube milik penggemar yang didedikasikan untuk mengarsipkan konferensi pengembang sebelumnya. Perusahaan menggunakan klaim hak cipta untuk menghapus saluran tersebut, yang diberi nama “Apple WWDC Videos.”

Sebelum dihapus, video “Apple WWDC” berisi ratusan klip dan video yang terkait dengan konferensi Apple sebelumnya. Beberapa konten video berusia puluhan tahun, dan menampilkan keynotes yang disajikan oleh mendiang Steve Jobs.

Brendan Shanks, yang memiliki saluran, turun ke Twitter untuk menandai apa yang telah dilakukan Apple. Shanks memposting kata-kata “Selamat Apple, Anda menghapus saluran YouTube saya yang berisi ratusan … video WWDC berusia 20 tahun. Tidak ingin ada yang belajar tentang Mac OS X, Darwin, Aqua, atau WebObjects.”

Meskipun klaim hak cipta terkadang mengakibatkan penghapusan satu video, tampaknya banyaknya jumlah yang diajukan terhadap saluran Shanks mengakibatkan YouTube menutupnya sepenuhnya. Apple juga memiliki hak atas rekaman tersebut, jadi tidak ada kemungkinan banding akan dilakukan Shanks.

Apple belum merilis pernyataan, sehingga tidak segera jelas mengapa merasa perlu untuk menargetkan saluran yang berisi rekaman konferensi lama. Raksasa teknologi ini telah membuat langkah serupa sebelumnya, setelah menghapus arsip web bertema Apple pada tahun 2020.

Meskipun saluran ditutup, Shanks tidak terhalang. Dia mengklaim dia masih memiliki semua rekaman dan sedang dalam proses memindahkannya ke Arsip Internet – meskipun itu bisa memakan waktu. Keluarga mantan kepala Apple Steve Jobs juga menyimpan arsip yang berisi klip-klip pembicaraan pengusaha, email terpilih, dan catatan lain waktu Jobs di Apple.

Sumber: Brendan Shanks

Disadur dari HowToGeek.com.