Asal Usul Ctrl+C, Ctrl+V, Ctrl+X, dan Ctrl+Z Dijelaskan

Kami menggunakannya puluhan kali sehari: Ctrl+Z, Ctrl+X, Ctrl+C, dan Ctrl+V shortcut yang memicu Undo, Cut, Copy, dan Paste. Tapi dari mana asalnya, dan mengapa Windows menggunakan tombol-tombol khusus itu untuk fungsi-fungsi itu? Kami akan menjelaskannya.

Kisah pintasan Ctrl+Z, Ctrl+X, Ctrl+C, dan Ctrl+V untuk Undo, Cut, Copy, dan Paste di Windows sudah ada sejak awal 1980-an. Nenek moyang paling awal dari pintasan ini muncul di komputer Apple Lisa pada tahun 1983. Lisa adalah pendahulu dari Macintosh dan komputer berbasis mouse pertama Apple.

Saat mengembangkan antarmuka pengguna untuk Lisa, programmer Apple Larry Tesler memilih untuk menggunakan tombol Z, X, C, dan V bersama dengan tombol Apple Lisa untuk mewakili Undo, Cut, Copy, dan Paste. Bersama-sama, mereka membuat Apple+Z, Apple+X, Apple+C, dan Apple+V. Dalam email sekitar tahun 2016 kepada Dr. Brad A. Myers dari Carnegie Mellon University, Tesler menjelaskan dengan tepat mengapa dia memilih huruf-huruf spesifik tersebut:

Lisa adalah sistem pertama yang menetapkan XCVZ untuk memotong, menyalin, menempel, dan membatalkan (digeser dengan tanda “ kunci apel”). Saya memilih mereka sendiri. X adalah simbol standar penghapusan. C adalah huruf pertama dari Copy. V adalah tanda sisipan terbalik dan tampaknya berarti Sisipkan di setidaknya satu editor sebelumnya.

Z berada di sebelah X, C, dan V pada keyboard QWERTY AS. Namun bentuknya juga melambangkan triad “Lakukan-Urungkan-Ulangi”: pukulan ke kanan atas = langkah maju; pukulan kiri tengah = langkah mundur; stroke kanan bawah = melangkah maju lagi.

Tesler juga mencatat bahwa tombol Apple+Z awalnya berfungsi sebagai tombol Undo dan Redo—bukannya Undo multi-langkah yang sekarang kita kenal sekarang (dengan Ctrl+Y biasanya menjadi Redo di Windows) , yang membuat penjelasan simbolisnya tentang huruf “Z” untuk Undo lebih masuk akal.

Tata letak keyboard Apple Lisa dengan tombol Apple, Z, X, C, dan V disorot. Apple

Jelas, tombol ini juga berguna karena terletak di sudut kiri bawah keyboard di dekat tombol meta seperti Apple (di Lisa), Command (di Mac), dan Control (di PC). Jadi, jika Anda menggunakan mouse komputer dengan tangan kanan, Anda dapat dengan cepat memicu fungsi yang sering digunakan ini dengan tangan kiri Anda.

Teknologi Saat Apple mengembangkan Macintosh, ia membawa Z/ Lisa Pintasan keyboard X/C/V tetapi mengadaptasinya untuk tombol Command yang unik untuk platform Mac. Jadi pada Mac pada tahun 1984, seperti hari ini, Anda akan menekan Command+Z untuk Undo, Command+X untuk Cut, Command+C untuk Copy, dan Command+V untuk paste.

Perlu dicatat bahwa sementara Apple Lisa memperkenalkan Pintasan Z/X/C/V, konsep sebenarnya untuk Undo, Cut, Copy, dan Paste berasal lebih awal dengan antarmuka untuk perangkat lunak yang dikembangkan untuk Xerox Alto pada 1970-an.

Pada awal era Graphical User Interface (GUI) untuk Microsoft, Apple melisensikan beberapa elemen OS Macintosh ke Microsoft untuk Windows 1.0, tetapi Redmond berhati-hati untuk tidak benar-benar menduplikasi antarmuka Macintosh. Mungkin tidak mengherankan bahwa antara Windows 1.0 dan Windows 3.0, Microsoft awalnya menetapkan pintasan yang berbeda untuk Undo, Cut, Copy, dan Paste daripada yang digunakan kebanyakan orang saat ini:

Undo: Alt+Backspace

Cut: Shift+Delete

Copy: Ctrl+Insert

Paste: Shift+ Insert

Windows masih mendukung pintasan lama ini (dan beberapa orang masih suka menggunakannya). Di beberapa titik selama pengembangan Windows 3.1, Microsoft membawa Ctrl+Z, Ctrl+X, Ctrl+C, dan Ctrl+V ke Windows juga. Mereka sudah muncul Word untuk Windows 2.0 pada tahun 1991, dan mungkin aplikasi Windows Office lainnya.

Kami bertanya kepada mantan Wakil Presiden Microsoft Brad Silverberg alasan untuk memasukkan pintasan baru ini di Windows 3.1, dan dia ingat bahwa tim Windows mungkin telah mencoba untuk konsisten dengan aplikasi Office, beberapa di antaranya berasal dari Macintosh. Mereka juga lebih ramah pengguna: “Saya lebih menyukai ZXVC—lebih mudah diingat, dan sepertinya itu ide yang bagus,” kata Silverberg.

PC Magazine melihat pintasan baru dalam tinjauan Windows 3.1 tahun 1992 dan menyebut keputusan itu “salah satu perubahan yang lebih kontroversial yang dibuat dalam peningkatan ini.” Tapi dari apa yang kami tahu, tidak pernah ada protes massal apapun atas mengadopsi cara pintas ini ke dalam Windows. “Saya tidak berpikir mereka semua kontroversial dan diadopsi dengan sangat cepat,” kenang Silverberg.

Semuanya berjalan dengan baik pada akhirnya. Sejak 1992, setiap versi desktop Windows telah menyertakan pintasan Ctrl+Z, Ctrl+X, Ctrl+C, dan Ctrl+V untuk Undo, Cut, Copy, dan Paste. Ini adalah warisan yang dimulai sejak tahun 1983. Selamat mengedit!

Itulah berita seputar Asal Usul Ctrl+C, Ctrl+V, Ctrl+X, dan Ctrl+Z Dijelaskan, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.