Bagaimana Cara Kerja Kamera Sekali Pakai, dan Mengapa Masih Ada?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Kamera yang berfungsi penuh dengan harga kurang dari t-shirt terdengar gila, tapi itulah yang ditawarkan kamera sekali pakai. Apa keajaiban di balik perangkat yang menjadi andalan sejak 1990-an ini? Mari kita lihat ke dalam.

Cara Kerja Kamera Sekali Pakai

Kamera sekali pakai modern diciptakan oleh Fujifilm pada tahun 1986. Ada beberapa model berbeda yang bekerja dengan berbagai jenis film. Idenya dengan cepat tertangkap dan perusahaan kamera lain ikut bergabung. Dulu dan sekarang, kamera sekali pakai pada dasarnya hanyalah kamera film biasa yang telah dipreteli menjadi bagian yang paling penting saja.

Kamera film biasa memiliki keunggulan seperti kemampuan untuk menukar rol film, maju otomatis setelah mengambil foto, pemutaran otomatis film, zoom, flash otomatis dalam kondisi cahaya redup, dan banyak lagi. Banyak kamera sekali pakai tidak memiliki semua itu.

Film ini dilengkapi dengan kamera sekali pakai, dan Anda bahkan mungkin tidak dapat melepasnya sendiri. Memajukan film setelah setiap foto harus dilakukan secara manual dengan dial. Jika kamera sekali pakai memiliki fitur tambahan seperti flash dan zoom, ada kontrol manual untuk menggunakannya.

Kamera sekali pakai juga memiliki manfaat. Pendekatan berteknologi rendah membuatnya sangat mudah digunakan—yang harus Anda lakukan hanyalah mengarahkan dan mengeklik. Kamera sekali pakai juga dapat dengan mudah ditemukan dalam versi tahan air dan ekstra tahan lama, namun masih sangat terjangkau. Anda tidak perlu khawatir akan kasar dengannya.

Singkatnya, kamera sekali pakai tidak jauh berbeda dengan kamera non-sekali pakai, kamera hanya dibuat dengan komponen sesedikit mungkin.

Mengapa Orang Masih Menggunakan Kamera Sekali Pakai?

Mungkin pertanyaan yang lebih besar tentang kamera sekali pakai adalah mengapa mereka masih ada? Saat ini, hampir semua orang memiliki kamera yang sangat bagus di saku mereka dalam bentuk smartphone. Mengapa orang masih menggunakan kamera sekali pakai yang murah dan berkualitas buruk?

Smartphone tentu saja membuat penurunan besar dalam penjualan kamera sekali pakai, tetapi masih ada beberapa kasus penggunaan yang populer. Salah satu contohnya adalah souvenir pernikahan. Kamera sekali pakai diberikan kepada para tamu, yang kemudian dapat mengambil foto dan memasukkan kamera ke dalam kotak di penghujung malam. Hal ini memudahkan pasangan tersebut untuk mendapatkan foto fisik dari tamu mereka.

Kamera sekali pakai seringkali tahan air dan umumnya tahan lama, sehingga menjadikannya pilihan yang bagus untuk situasi tertentu. Liburan pantai dengan banyak pasir dan air asin, perjalanan hiking tanpa listrik, bermain ski menuruni bukit salju, dll. Kadang-kadang Anda tidak ingin mengambil risiko menggunakan smartphone mahal atau kamera non-sekali pakai.

Terakhir, semuanya menyenangkan . Ada pesona tertentu pada kamera film “jadul” dan tampilan foto yang nostalgia. Anda mungkin tidak akan membeli kamera film yang sebenarnya untuk itu, tetapi ketika Anda dapat mengambilnya seharga $20 di Best Buy, mengapa tidak? 6aAmazon$418.99 $449.00 Save 7.

Disadur dari HowToGeek.com.