Bagaimana Membandingkan File Biner di Linux

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

fatmawati achmad zaenuri/Shutterstock.com

Bagaimana cara memeriksa apakah dua binari Linux sama? Jika itu adalah file yang dapat dieksekusi, perbedaan apa pun mungkin berarti perilaku yang tidak diinginkan atau berbahaya. Inilah cara termudah untuk memeriksa apakah mereka berbeda.

Membandingkan File Biner

Linux kaya akan cara untuk membandingkan dan menganalisis file teks. Perintah diff akan membandingkan dua file untuk Anda, dan menyoroti perbedaannya. Itu bahkan dapat memberikan beberapa baris di kedua sisi perubahan untuk memberikan beberapa konteks di sekitar baris yang diubah. Dan perintah colordiff menambahkan warna untuk membuat penguraian perbedaan secara visual menjadi lebih mudah.

Pengembang dan penulis menggunakan diff untuk menyoroti perbedaan antara berbagai versi file kode sumber program, atau teks draf. Ini cepat dan mudah, dan Anda tidak memerlukan keahlian teknis untuk melihat perbedaan antara string teks.

Di dunia file biner, hal-hal tidak begitu sederhana. File biner tidak terdiri dari teks biasa. Mereka terdiri dari banyak byte yang berisi nilai numerik. Jika file terkompresi seperti arsip TAR atau file ZIP, nilai tersebut mewakili file terkompresi yang disimpan di dalam file arsip, bersama dengan tabel simbol yang diperlukan untuk dekompresi dan ekstraksi file.

Jika file biner adalah file yang dapat dieksekusi, nilai numerik byte file ditafsirkan sebagai hal-hal seperti instruksi kode mesin untuk CPU, metadata, label, atau data yang disandikan. Perubahan pada file biner atau file library cenderung menyebabkan perbedaan perilaku saat biner dijalankan atau digunakan oleh aplikasi lain.

Sangat mudah untuk memalsukan tanggal dan waktu pembuatan atau modifikasi file. Itu berarti mungkin ada dua versi file yang memiliki nama yang sama, ukuran file—jika perubahan menggantikan byte konten yang ada untuk byte—dan cap tanggal. Namun, salah satu file mungkin telah diubah.

Secure Hash Algorithms

Algoritme hash aman adalah algoritme berbasis matematika. Ini menciptakan nilai 64-bit dengan memindai semua byte dalam file dan menerapkan transformasi matematis untuk menghasilkan nilai hash. Setiap hari, file yang sama akan selalu menghasilkan hash yang sama. Bahkan perbedaan satu byte akan menghasilkan hash yang sangat berbeda.

Anda akan sering melihat hash file yang ditampilkan di halaman unduhannya. Anda harus membuat hash untuk file setelah Anda mengunduhnya. Jika berbeda dari hash yang ditampilkan di halaman web, Anda tahu bahwa file tersebut telah disusupi. File tersebut telah diubah dan diganti dengan file asli—untuk membuat orang mengunduh file yang tercemar—atau file tersebut telah rusak saat transit.

Pada komputer pengujian kami, kami memiliki dua salinan file yang sama, sebuah perpustakaan bersama. File-file tersebut telah diganti namanya sehingga mereka dapat berada di direktori yang sama. Secara teori, file-file ini harus sama. Lagi pula, mereka seharusnya menjadi versi yang sama dari perpustakaan bersama.

ls -l *.so

File memiliki ukuran yang sama, cap tanggal yang sama, dan cap waktu yang sama. Bagi pengamat biasa, mereka akan tampak sama. Mari gunakan perintah sha256sum dan buat hash untuk setiap file.

sha256sum binary_file1.sosha256sum binary_file2.so

Hash benar-benar berbeda, dengan jelas menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kedua file. Jika situs web menunjukkan hash dari file asli, Anda dapat membuang file yang tidak cocok.

Menemukan Perbedaan

Jika Anda ingin melihat perubahannya, ada cara untuk melakukannya juga. Anda tidak perlu dapat mendekompilasi file, atau memahami kode perakitan atau mesin hanya untuk melihat modifikasinya. Memahami apa arti perubahan tersebut, dan apa tujuannya, tentu saja, membutuhkan pengetahuan teknis yang lebih dalam. Tetapi mengetahui seberapa besar perubahannya dapat menunjukkan apa yang terjadi pada file.

Jika kita menggunakan diff pada dua file biner, kita akan mendapatkan respons yang sedikit mengecewakan.

diff binary_file1.so binary_file2.so

Kita sudah mengetahui file yang berbeda. Mari kita coba cmp .

cmp binary_file1.so binary_file2.so

Ini memberi tahu kita sedikit lebih banyak. Byte pertama yang membedakan kedua file tersebut adalah byte nomor 13451. Artinya, dihitung dari awal file biner, byte 13451 berbeda di kedua file biner. Jadi 13451 adalah offset dari perbedaan pertama, dari awal file.

Secara kebetulan, di seluruh file, akan ada byte yang berisi nilai heksadesimal 0x10. Ini adalah nilai yang digunakan Linux dalam file teks sebagai karakter akhir baris. Perintah cmp menemukan 131 byte dengan nilai ini antara awal file biner dan lokasi perbedaan pertama. Jadi sepertinya ini ada di baris 132. Ini benar-benar tidak berarti apa-apa dalam konteks ini.

Jika kita menambahkan opsi -l (verbose) kita akan mulai mendapatkan informasi yang berguna.

cmp -l binary_file1.so binary_file2.so

Semua byte yang berbeda terdaftar. Nomor byte atau offset, nilai dari file pertama, dan nilai dari file kedua ditampilkan, dengan satu byte per baris output.

Nilai byte ditampilkan dalam oktal, bukan format heksadesimal yang biasa digunakan dengan file biner. Meskipun demikian, kami telah belajar sesuatu yang lain. Semua byte yang diubah berada dalam satu urutan berkelanjutan. Offsetnya bertambah satu untuk setiap byte.

Alat hexdump akan membuang file biner ke jendela terminal. Jika kita menggunakan opsi -C (canonical) output akan mencantumkan offset pada setiap baris, nilai 16 byte pada offset tersebut, dan—jika ada—representasi ASCII dari nilai byte.

hexdump -C binary_file1.so

Kita dapat menggunakan output dari hexdump sebagai input ke diff, membiarkan diff bekerja seolah-olah sedang membaca dua file teks.

diff binary2.txtdiff binary1.txt binary2.txt

Perbedaan antara kedua file ditampilkan dalam dua ekstrak singkat. Ada representasi ASCII di samping mereka. Akan ada sepasang ekstrak untuk setiap perbedaan antara file. Dalam contoh ini, hanya ada satu perbedaan.

Itu semua sangat bagus, tetapi bukankah lebih bagus jika ada sesuatu yang melakukan semua itu untuk Anda?

VBinDiff

Program VBinDiff dapat diinstal dari repositori biasa untuk semua distribusi utama. Untuk menginstalnya di Ubuntu, gunakan perintah ini:

sudo apt install vbindiff

Di Fedora, Anda perlu mengetik:

sudo dnf install vbindiff

Pengguna manjaro perlu menggunakan pacman.

sudo pacman -Sy vbindiff

pada dua file biner, berikan nama program untuk dua file biner baris perintah.

vbindiff binary_file1.so binary_file2.so

Aplikasi berbasis terminal terbuka, menampilkan kedua file dalam tampilan bergulir.

Anda dapat menggunakan roda gulir mouse atau “Panah Atas”, “Panah Bawah”, “Home”, “End”, ” PageUp”, dan tombol “PageDown” untuk menelusuri file. Kedua file akan scroll.

Tekan tombol “Enter” untuk melompat ke perbedaan pertama. Perbedaannya disorot di kedua file.

Jika ada lebih banyak perbedaan, menekan “Enter” akan menampilkan perbedaan berikutnya. Menekan “q” atau “Esc” akan keluar dari program.

Apa Bedanya?

Jika Anda bekerja di komputer milik orang lain dan Anda tidak diizinkan untuk menginstal paket apa pun, Anda dapat menggunakan cmp, diff, dan hexdump . Jika Anda perlu menangkap output untuk diproses lebih lanjut, ini adalah alat yang digunakan juga.

Tetapi jika Anda diizinkan untuk menginstal paket, VBinDiff membuat alur kerja Anda lebih mudah dan lebih cepat. Dan faktanya, menggunakan VBinDiff dengan satu file biner adalah cara mudah dan nyaman untuk menelusuri file biner, yang merupakan bonus yang bagus.

TERKAIT:Cara Mengintip Di Dalam File Biner Dari Linux Command Line

Itulah berita seputar Bagaimana Membandingkan File Biner di Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.