Bagaimana Mengenalinya Jika Seseorang Menguntit Halaman Facebook Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Facebook menghubungkan orang-orang dari seluruh dunia. Dengan lebih dari 2 miliar pengguna, ini telah menjangkau lebih dari 60 persen pengguna internet. Tidak diragukan lagi, itu telah menjadi platform media sosial terkemuka di dunia.

Terhubung dengan teman-teman, dari berbagai penjuru dunia jelas merupakan hal yang baik. Facebook memungkinkan kita untuk melihat profil teman kita, mengirim pesan, melakukan obrolan video dan panggilan suara, dan banyak lagi. Namun, beberapa pengguna Facebook menjadi begitu puas dengan cara mereka berbagi informasi di profil mereka, membuat mereka menjadi sasaran empuk penguntit.

Menguntit telah menjadi masalah yang signifikan di media sosial; kebanyakan orang di Facebook memperbarui profil mereka secara teratur (jika tidak setiap hari), memposting foto terbaru, status, dan bahkan video langsung. Hal ini membuat Facebook menjadi tempat berburu alami bagi para penguntit. Sayangnya, sangat sulit untuk membedakan antara minat biasa dari seorang teman dan penguntitan langsung. Dalam artikel ini kita akan membahas cara mengetahui apakah seseorang menguntit Anda melalui halaman Facebook Anda.

Apa itu Menguntit?

Pertama, mari kita perjelas: menguntit bisa menjadi kejahatan, tergantung pada yurisdiksi, dan tak seorang pun di TechJunkie adalah pengacara dan kami tidak bisa memberi Anda nasihat hukum.

Dikatakan, tidak ada garis tegas antara menguntit dan memeriksa seseorang. Misalnya, katakanlah Jack memulai pekerjaan baru, dan bertemu Jane di hari pertamanya. Jane menganggap Jack menarik, dan dia mencarinya di Facebook. Dia melihat profil publiknya, melihat beberapa fotonya dari perjalanan berkemah baru-baru ini, mencari tahu di mana dia pergi ke sekolah. Apakah Jane menguntit John? Tidak. Sebaliknya, jika Jane memeriksa seluruh profil John, membuat salinan dari setiap foto yang dimilikinya, mencatat semua orang yang ditandai di pembaruan statusnya atau yang berkomentar genit di halamannya, dan memeriksa halamannya setiap hari untuk melihat jika ada pembaruan…yah, itu penguntit.

Tentu saja, ada area abu-abu besar di antara kedua contoh itu. Setiap orang telah mencari mantan pasangan, memeriksa halaman calon kencan untuk mencari selera mereka dalam musik atau politik, atau mencari halaman Facebook seseorang yang baru saja kita temui dan ingin tahu. Ini bukan menguntit; orang biasa melakukannya, majikan melakukannya, dan siapa saja yang berurusan dengan orang-orang dalam kehidupan profesional mereka melakukannya. Pemeriksaan sepintas semacam ini tentang seperti apa Anda sebagai pribadi atau dengan siapa Anda bergaul di dunia nyata tidak berbahaya.

Menguntit adalah masalah yang lebih serius. Secara hukum, di sebagian besar yurisdiksi, definisi menguntit cukup mirip dengan definisi kamus. Merriam-Webster mendefinisikan menguntit sebagai “tindakan atau kejahatan dengan sengaja dan berulang kali mengikuti atau melecehkan orang lain dalam keadaan yang akan menyebabkan orang yang wajar takut cedera atau kematian terutama karena ancaman tersurat atau tersirat. Secara umum, itu adalah kejahatan terlibat dalam suatu tindakan yang diarahkan pada seseorang yang tidak memiliki tujuan yang sah dan secara serius membuat khawatir, mengganggu, atau mengintimidasi orang itu”.

Dalam pengertian hukum, itu hanya menguntit jika orang yang diamati tahu itu terjadi , merasa terancam olehnya, dan pengamat tidak memiliki tujuan yang sah dalam pengamatannya. Anda mungkin merasa “menguntit” jika bos Anda memeriksa profil publik Anda untuk melihat apakah Anda benar-benar sakit ketika Anda menelepon Sabtu lalu, tetapi itu bukan menguntit.

Jadi Apa Itu Penguntit Facebook?

Ketika kami mengatakan “penguntit Facebook”, apa yang kita lakukan berarti? Sebenarnya ada dua komponen: pertama, penguntit memantau orang yang dikuntit lebih dekat daripada yang diinginkan atau dirasa nyaman oleh si penguntit; kedua, penguntit melakukannya dengan niat jahat untuk melecehkan.

Mantan pasangan Anda memeriksa setiap gerakan Anda sehingga mereka bisa berada di sana untuk menyulitkan Anda dan pasangan baru Anda? Pasti menguntit. Nenekmu memeriksa setiap gerakanmu karena mereka mencintaimu berkeping-keping? Tidak menguntit – bahkan jika Anda berharap dia tidak melakukannya.

Apakah mungkin untuk mengetahui secara pasti apakah Anda sedang dikuntit atau tidak? Sayangnya, tidak secara langsung. Di dalam gunungan kata-kata dalam persyaratan layanan Facebook adalah frasa “Facebook tidak membiarkan Anda melacak siapa yang melihat profil atau posting Anda.” Klaim ini tampaknya benar; perusahaan dapat melacak semua yang Anda katakan, pikirkan, atau lakukan, tetapi tidak membagikan data tentang siapa yang melihat halaman Anda (walaupun ada satu pengecualian…lihat di bawah).

Berikut adalah teknik yang kami ketahui untuk menilai apakah seseorang menguntit akun Facebook Anda.

Check Your Stories

Kembali pada tahun 2017, Facebook memperkenalkan Stories, mengikuti jalur yang ditetapkan oleh Snapchat dan Instagram. Anda dapat membuat Cerita untuk menerbitkan montase gambar dan mempublikasikannya untuk dilihat teman Anda. Cerita hanya dapat dilihat dalam waktu 24 jam. Anda akan dapat melacak berapa banyak orang yang melihatnya, dan Anda juga dapat melihat siapa yang melihatnya. Ya, Anda dapat mengusir penguntit dengan menerbitkan Cerita dan melihat siapa yang memeriksanya. Kelemahannya adalah jika penguntit Anda tahu cara kerja Facebook Stories, mereka akan menghindari melihatnya. Jika mereka tidak begitu paham, Anda mungkin akan menangkap mereka. (Untuk panduan lengkap tentang teknik ini, lihat tutorial kami tentang cara melihat siapa yang melihat Kisah Facebook Anda.)

Mencari Suka dan Komentar Baru di Postingan Lama

Facebook memberi tahu Anda setiap kali seseorang menyukai atau mengomentari salah satu postingan Anda. Jika penguntit (agak tidak mengerti) mencoba untuk mengambil hati Anda, mereka mungkin akan melalui dan menyukai dan mengomentari materi lama. Ini menunjukkan kepada Anda bahwa mereka secara metodis melalui umpan Anda – bendera merah penguntit yang pasti.

Seseorang yang Muncul di Grup Anda

Jika pengguna lain terus bermunculan di grup tempat Anda berada, ini adalah tanda pasti dari seorang pengintai. Seberapa besar kemungkinan seseorang menyukai kelompok masakan etnis yang sama, kelompok lelucon kotor yang sama, klub pengasuhan anak lokal yang sama, dan kelompok penggemar ras anjing yang sama? Ini adalah salah satu cara untuk mengenali penguntit yang lebih halus, penguntit yang tidak akan mengabaikan konten Anda.

Sangat membantu untuk memeriksa daftar keanggotaan grup yang Anda ikuti. kelompok lain dengan Anda ketika Anda melihat nama mereka dalam daftar. Cukup buka halaman grup dan klik “Anggota” di bilah sisi kiri. Ini akan memunculkan daftar anggota untuk grup dan Facebook akan menempatkan orang-orang yang memiliki koneksi dengan Anda (baik teman, atau keanggotaan grup gabungan) tepat di atas untuk memudahkan pemeriksaan.

Permintaan Pertemanan yang Tidak Diminta

Beberapa orang mendapatkan permintaan pertemanan dengan puluhan setiap hari, sementara yang lain hanya mendapatkan permintaan baru ketika mereka bertemu seseorang yang baru di kehidupan nyata. Terlepas dari itu, jika Anda mendapatkan permintaan pertemanan dari seseorang yang tidak Anda kenal, bisa jadi itu adalah penguntit yang mencoba masuk ke lingkaran dalam Anda. Sangat curiga terhadap permintaan pertemanan dari seseorang yang Anda kenal, tetapi sudah lama tidak bertemu atau berinteraksi dengan Anda. Mengambil persona palsu seseorang dari masa lalu target adalah langkah penguntit klasik karena meluncur melewati pertahanan kita – “oh, itu Nona Johnson guru bahasa Inggris saya yang lama! PASTI aku akan menerima permintaan pertemanannya!”

Jika kamu mendapatkan permintaan yang mencurigakan seperti itu, jangan terima. Sebaliknya, balas pesan orang tersebut dan (dengan sopan) pertanyakan bonafiditas mereka. “Hai Nona Johnson! Wow senang mendengar kabar dari Anda? Hei, apakah kamu ingat apa nama panggilanku di kelasmu?” Jika mereka ingat apa itu, maka setujui saja. Jika mereka mengecoh atau membuat Anda marah, mereka mungkin tidak seperti yang mereka katakan.

Bertahan Melawan Penguntit

Pertahanan terbaik adalah serangan yang baik, dan cara paling mudah untuk mempertahankan diri dari penguntit adalah dengan mengetahui siapa saja yang ada di daftar Teman Anda adalah. Banyak pengguna Facebook mengambil pendekatan yang jauh berbeda; mereka memiliki ratusan atau ribuan teman Facebook, dan hampir semua permintaan pertemanan dari nama yang samar-samar dikenal akan diterima secara otomatis. Tidak apa-apa, jika Anda ingin mengelola kehidupan online Anda seperti itu, tetapi jika Anda benar-benar khawatir tentang  penguntitan, maka kebijakan pintu terbuka semacam itu akan membantu mencegah seseorang menguntit akun Anda.

Untuk profil yang benar-benar tahan terhadap penguntit, Anda perlu melakukan dua hal. Satu, pisahkan daftar teman Anda dari orang-orang yang memiliki hubungan nyata dengan Anda dan yang Anda tahu tidak menguntit Anda. Ini tidak harus dibatasi untuk teman-teman Anda di kehidupan nyata; jika Anda mengenal seseorang dengan baik secara online maka mungkin Anda memercayai mereka setidaknya sampai batas tertentu untuk menjadi bagian dari lingkaran online Anda. Dua, singkirkan pengikut Anda. Facebook memungkinkan lebih atau kurang siapa pun mengikuti Anda secara default, tetapi Anda dapat mengubah pengaturan ini. Saya akan merekomendasikan pengaturan izin pengikut Anda untuk mengizinkan hanya Teman untuk mengikuti Anda. Ini mudah dilakukan:
Buka Pengaturan.Pilih Kiriman Publik dari bilah sisi kiri.Di bawah “Siapa yang Dapat Mengikuti Saya”, pilih “Teman”.
Jika Anda benar-benar khawatir tentang kemungkinan seseorang menguntit Anda di Facebook atau jika Anda merasa tidak nyaman untuk seseorang untuk melihat halaman Facebook Anda, maka penting untuk memperhatikan semua yang Anda posting. Jangan memposting apa pun secara online yang kemungkinan besar akan Anda sesali pada akhirnya. Yang terpenting, jangan bagikan foto, video, atau informasi apa pun yang tidak seharusnya Anda bagikan. Pikirkan sebelum Anda memposting; internet lebih berbahaya dari yang kita kira.

Apakah Anda tahu cara lain untuk mengenali penguntit Facebook? Beritahu kami tentang mereka di bawah jika Anda melakukannya!

Privasi online adalah masalah serius, dan kami memiliki sumber daya untuk membantu Anda membela diri.

Berikut panduan kami untuk memberi tahu siapa yang paling banyak mengikuti akun Instagram Anda.

Kami memiliki tutorial tentang mendeteksi Penguntit Snapchat, bagaimana cara mengetahui apakah seseorang memeriksa lokasi Anda di Snapchat. dan cara mengaktifkan mode hantu di Snapchat.

Jangan lupa LinkedIn – berikut cara memblokir seseorang di LinkedIn.