Bagaimana Mengenalinya Versi Android yang Dijalankan Ponsel Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Versi Android baru sering kali memberikan manfaat yang signifikan dalam hal kinerja, keamanan, dan daya tanggap. Penggunaan daya yang lebih baik dan pengoperasian yang lebih cepat juga merupakan bagian penting dari persamaan. Untuk alasan ini dan banyak alasan lainnya, sangat penting untuk selalu memperbarui ponsel Anda ke versi terbaru.

Tetapi apa yang terjadi ketika Anda hanya ingin memeriksa versi Android Anda saat ini sebelum melakukan pembaruan atau membeli gadget baru? Informasi ini sangat sederhana, namun tidak selalu mudah ditemukan. Artikel ini telah membantu Anda. Kami memberikan langkah-langkah terperinci tentang cara memeriksa versi Android Anda saat ini hanya dalam beberapa detik.

Perangkat Android Generik

Sebelum kita mulai, Anda harus mengetahui beberapa informasi umum tentang bagaimana Android menamai versi perangkat lunaknya, sehingga Anda tahu apa yang harus dicari.

Dulu ada nama panggilan manis seperti Pie atau Marshmallow. Versi yang lebih baru sebagian besar memiliki nama yang lebih umum, seperti Android 10, Android 11, dan seterusnya.

Anda biasanya dapat menemukan informasi tentang versi Android Anda dengan menavigasi ke Pengaturan dan memasuki halaman informasi Perangkat Lunak. Berikut ini adalah petunjuk langkah demi langkah yang mendetail tentang cara melakukannya di ponsel Android Anda.
Buka aplikasi Setelan di Android Anda. Itu yang terlihat seperti ikon roda gigi. Ketuk bagian “Tentang ponsel” atau “Tentang perangkat”. Untuk beberapa versi, Anda harus menggulir ke paruh kedua layar untuk menemukan opsi ini. Jika Anda tidak melihat salah satu dari dua opsi di atas, tekan “Sistem” terlebih dahulu, lalu ulangi Langkah 2. Arahkan ke “Versi Android ” atau bagian “Informasi Perangkat Lunak”. Temukan bagian “Versi Android”. Nama dan nomor versi akan ditampilkan di sini.
Perhatikan bahwa pada beberapa Android, sistem akan menampilkan nama versi di atas bagian “Tentang” pada Langkah 2.

Samsung

Semua ponsel Samsung berjalan di sistem Android. Sama seperti produsen smartphone lainnya, Samsung biasanya menerima satu peningkatan sistem utama setiap tahun. Jika Anda tidak yakin tentang versi persis yang Anda gunakan saat ini, Anda dapat dengan cepat memeriksanya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
Geser ke atas dari layar beranda ponsel Samsung Anda.Ketuk aplikasi “Pengaturan” yang terlihat seperti ikon roda gigi . Anda juga dapat menemukan aplikasi ini di daftar aplikasi Anda. Tekan ikon “Cari” di bagian atas menu. Ini adalah ikon kecil tepat di atas gambar profil Anda. Cari kata kunci berikut: “Informasi perangkat lunak.” Tekan bagian “Informasi perangkat lunak” yang muncul di hasil. Halaman baru akan muncul dengan info dasar tentang nama model ponsel Anda, nomor, dan banyak lagi. Gulir ke bawah jika perlu dan ketuk “Informasi perangkat lunak” lagi. Baca informasi tentang versi Android Anda di bagian “Versi Android”.
Daftar Versi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, banyak versi Android tidak memiliki nomor sebagai bagian dari namanya. Mereka diberi nama setelah suguhan manis sebagai gantinya. Meskipun ini adalah pola penamaan umum untuk versi Android awal, yang lebih baru (mulai dari 10 dan lebih tinggi) tidak lagi mengikuti sistem penamaan lama. unduh aplikasi, atau lihat bagaimana Anda dapat memperbarui perangkat pintar Anda.

Catatan Penting: Saat memperbarui ponsel atau tablet, pastikan perangkat Anda dapat mendukung versi baru. Terkadang perangkat lama hanya diproduksi untuk menerima begitu banyak pembaruan, dan tidak memiliki perangkat keras untuk mendukung peningkatan terbaru.

Jika Anda ingin mengetahui nomor versi Android Anda, Anda dapat mencari informasi di bawah ini. Kami memasuki versi mulai dari yang terlama hingga yang terbaru.
Version 4.0-4.04: Ice Cream SandwichVersion 4.1-4.3.1: Jelly BeanVersion 4.4-4.4.4 dan 4.4W-4.4W.2: Kit KatVersion 5.0: LollipopVersion 6.0: MarshmallowVersion 7.0: NougatVersi 8.0: OreoVersi 9.0: PieVersi 10.0: 10Versi 11.0: 11Versi 12.0: 12Versi 13.0: 13
Pada saat penulisan ini, Android 13 baru saja dirilis dan mungkin tidak tersedia untuk semua perangkat. Sejauh ini, ponsel Google Pixel (Pixel 4 dan yang lebih baru) adalah satu-satunya yang dapat menguji sistem operasi baru sebelum menjangkau produsen ponsel lain.

Ketahui Versi Android Anda Dengan Mudah

Mempelajari versi pasti Android Anda memiliki banyak manfaat. Anda bisa mendapatkan bantuan yang lebih baik dari dukungan pelanggan, mengunduh aplikasi yang sesuai, atau mendapatkan peningkatan yang lebih baik. Mempelajari informasi penting ini bukanlah ilmu roket.

Hanya dengan beberapa ketukan di ujung jari, Anda dapat menemukan data yang Anda butuhkan di aplikasi Setelan ponsel. Mudah-mudahan, kami telah menjawab semua pertanyaan Anda tentang topik.

Berapa versi Android yang dijalankan ponsel cerdas Anda? Untuk alasan apa Anda perlu mencari informasi ini? Bagikan pengalaman Anda di bagian komentar di bawah.