Bagaimana Menghubungkan Database di Notion

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneChromebookMacWindowsPerangkat Hilang?
Di dunia saat ini, lebih penting dari sebelumnya untuk dapat menghubungkan dan menggabungkan data dari berbagai sumber secara efektif. Dengan bantuan alat seperti Notion, proses ini bisa menjadi sederhana dan efisien. Tutorial ini akan menunjukkan cara menautkan database di Notion. Kami juga akan membahas manfaat tautan basis data dan memberikan beberapa tip untuk mendapatkan hasil maksimal dari fitur ini. Mari kita mulai.

Menautkan database Anda dapat menjadi cara yang efektif untuk mengatur dan menampilkan informasi. Dengan menyinkronkan salinan konten yang sama di halaman yang berbeda, Anda dapat dengan mudah membuat dasbor yang dipersonalisasi yang menampilkan semua tugas yang telah ditetapkan kepada Anda dari database yang berbeda.

Anda juga dapat menggunakan database tertaut untuk menyertakan tampilan tugas tim yang difilter dalam catatan rapat Anda . Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk melacak kemajuan pada proyek tertentu atau sekadar mendapatkan gambaran umum tentang apa yang perlu dilakukan.

Mereferensikan data dari satu sumber di beberapa lokasi dapat membantu Anda menghindari entri data duplikat, memastikan informasi yang konsisten, dan menghemat waktu overall.

Mari kita lihat bagaimana Anda dapat menautkan database Anda di Notion, tergantung pada jenis perangkat yang Anda gunakan.

Cara Menautkan Database di Notion di PC

Salah satu hal terbaik tentang Notion adalah kompatibel dengan semua sistem operasi, termasuk Windows , Mac, Android, dan iOS. Ini menjadikannya pilihan ideal untuk bisnis yang perlu mengelola database di berbagai perangkat.

Menautkan database Anda di Notion sangat mudah dilakukan di PC. Misalnya, anggap Anda ingin membuat database tertaut berdasarkan tabel karyawan di database sumber daya manusia perusahaan Anda.
Pilih tabel sumber. Dalam hal ini, itu akan menjadi tabel “Karyawan”. Buka halaman yang akan menampung database yang ditautkan. Ini akan menjadi halaman baru atau halaman yang sudah ada di mana Anda ingin database tertaut muncul. Ketik “/ buat” dan kemudian pilih opsi “Buat database tertaut” dari menu. Ketik nama tabel yang ingin Anda tautkan. Dalam hal ini, Anda harus mengetik “Karyawan.” Notion dilengkapi dengan bot pelengkapan otomatis; oleh karena itu, Anda harus dapat melihat nama database muncul segera setelah Anda mengetik beberapa huruf pertama. Yang Anda butuhkan hanyalah memilihnya dari menu.
Dan hanya itu. Tabel tertaut Anda akan mirip dengan aslinya, tetapi disertai dengan panah di sudut kanan atas untuk menunjukkan bahwa itu bersumber dari halaman lain.

Jika Anda menemukan bahwa kolom di database tertaut Anda rusak, jangan khawatir – ini adalah masalah umum yang dapat dengan mudah diperbaiki. Cukup klik dan seret kolom ke posisi yang diinginkan. Jika Anda ingin mengatur ulang beberapa kolom, Anda dapat menahan tombol Shift sambil mengeklik dan menyeret.

Cara Menautkan Basis Data dalam Notion di iPhone

iPengguna ponsel akan senang mengetahui bahwa mereka dapat dengan mudah mereferensikan konten basis data langsung dari perangkat seluler mereka. Hanya dengan beberapa ketukan, Anda dapat mengakses database tertaut dan melihat informasi yang Anda butuhkan – di mana pun Anda berada. Jika Anda mencari cara untuk merampingkan alur kerja Anda, menautkan database adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Misalnya Anda ingin membuat database tertaut berdasarkan tabel “Karyawan” di database sumber Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang akan Anda ambil.
Pilih database sumber, yang merupakan tabel yang ingin Anda gunakan sebagai dasar untuk database tertaut baru Anda. Dalam hal ini, itu akan menjadi tabel “Karyawan”. Buka aplikasi Notion dan buka halaman yang menghosting database tertaut Anda. Beri nama tabel yang ingin Anda tautkan. Ketik nama tabel (Karyawan) dan pilih dari menu.
Setelah Anda selesai melakukannya, Anda akan dapat melihat database tertaut di ruang kerja Anda saat ini dan menyesuaikannya sesuka Anda. Ini bisa menjadi cara yang sangat membantu untuk melihat data dari beberapa ruang kerja di satu tempat tanpa harus beralih di antara mereka terus-menerus.

Cara Menautkan Basis Data dalam Notion di Perangkat Android

Pengguna Android juga dapat dengan mudah menautkan basis data mereka menggunakan Notion.
Pilih basis data dengan data asli yang ingin Anda tautkan.Buka aplikasi Notion dan navigasikan ke halaman tempat database tertaut Anda akan berada.Ketik nama tabel yang ingin Anda tautkan. Setelah mengetik beberapa huruf pertama, seluruh nama akan muncul di layar Anda, berkat fungsi pelengkapan otomatis bawaan Notion.
Jika Anda ingin membuat beberapa tabel tertaut berdasarkan lebih dari satu sumber, cukup ulangi langkah-langkah ini untuk setiap tabel yang ingin Anda sertakan dalam database tertaut baru Anda.

Cara Menautkan Database Dari Ruang Kerja Lain di Notion

Notion database tertaut adalah salah satu fiturnya yang paling kuat, memungkinkan pengguna untuk mereferensikan dan melihat data dari berbagai perspektif dengan cepat. Selain tampilan default, pengguna dapat membuat database tertaut dari ruang kerja lain. Ini memberi Anda fleksibilitas untuk menyesuaikan informasi dengan kebutuhan Anda, apakah itu dengan mengubah format, filter, urutan, atau perspektif lain.
Buka database asli, klik “Bagikan”, dan pilih “Salin Tautan Halaman” dari menu konteks .Ke halaman tujuan dan rekatkan tautan menggunakan pintasan “cmd/ctrl + v.” Klik “Buat Basis Data Tertaut.”
Itu saja. Sekarang, setiap kali Anda melihat rekaman tertaut, Anda akan melihat tautan kembali ke database asli. Ini bisa menjadi cara praktis untuk menemukan informasi terkait dengan cepat atau melompat kembali ke tugas sebelumnya.

Memanfaatkan Keajaiban Basis Data Tertaut

Notion adalah alat yang ampuh untuk mengatur informasi, tetapi ia benar-benar bersinar saat Anda menautkan basis data. Dengan menautkan database, Anda dapat membuat hubungan antara bagian informasi yang berbeda dan memudahkan untuk menemukan apa yang Anda cari.

Perlu diingat bahwa saat berinteraksi dengan database tertaut, jenis atau filter apa pun yang Anda buat atau hapus tidak akan ditampilkan basis data asli. Namun, setiap perubahan pada isi database yang sebenarnya akan dibawa ke salinan aslinya. Karena itu, sangat penting bahwa ketika membuat perubahan apa pun pada database tertaut, Anda melakukannya dengan hati-hati dan presisi.

Sudahkah Anda mencoba menautkan database Anda di Notion? Bagaimana hasilnya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.