Bagaimana SSD Akan Meningkatkan Pengalaman Bermain Game Anda

Apakah Anda bosan dengan waktu boot dan pemuatan yang lama setiap kali Anda mencoba bermain game? Memutakhirkan dari HDD usang ke SSD berperforma tinggi akan secara signifikan mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kinerja dalam game.

Apa itu SSD?

Tanpa terlalu teknis, solid-state drive (SSD) adalah jenis perangkat penyimpanan yang jauh lebih baik daripada perangkat penyimpanan tradisional hard-disk drive (HDD) yang menyimpan dan mengakses data. Beberapa SSD menyediakan penyimpanan dalam jumlah besar, namun, harganya jauh lebih mahal per gigabyte. SSD bukanlah hal baru karena model yang lebih baru selalu keluar. Misalnya, SSD NVMe benar-benar mengungguli SSD lama dengan miles.

SSD melakukan fungsi yang sama seperti HDD, tetapi jauh lebih cepat. Dan meskipun mereka berkinerja lebih baik, mereka juga mengkonsumsi lebih sedikit daya, sekitar 30-60% lebih sedikit. Jadi, dengan beralih ke SSD, Anda akan menghemat sedikit energi selama setahun. SSD juga lebih andal dan akan bertahan lebih lama daripada hard drive. Intinya adalah, jika Anda hanya menggunakan HDD untuk menjalankan game, Anda dapat memperoleh banyak manfaat dengan meningkatkan ke SSD internal. Atau, jika Anda tidak dapat atau tidak ingin membuka PC Anda, pertimbangkan SSD eksternal. Waktu Pemuatan Berkurang dan Booting Lebih Cepat

SSD dapat dengan mudah meningkatkan pengalaman bermain game Anda dalam beberapa cara. Manfaat yang paling berguna adalah mereka secara drastis mengurangi waktu pemuatan dan menawarkan kecepatan booting yang lebih cepat. Ini mencakup semuanya, mulai dari menyalakan komputer atau konsol Anda hingga menunggu peta baru dimuat di game Anda.

Tidak ada yang suka menunggu, terutama saat Anda hanya ingin beraksi. Jika Anda lelah membuang menit setiap hari untuk memuat game dan aplikasi Anda, maka Anda akan menghargai kecepatan booting dan pemuatan cepat yang disediakan SSD. Ini berkat kecepatan baca dan tulis yang sangat cepat, yang memungkinkan mereka mengunggah dan mengakses data yang disimpan.

Ini tidak hanya berlaku untuk game karena SSD akan mempercepat apa pun yang memerlukan pemuatan data. Baik Anda memulai aplikasi atau game, menjelajahi web, atau memuat dokumen atau file, Anda akan melihat penurunan waktu tunggu yang nyata. Menghemat beberapa detik ratusan kali sehari bertambah, dan itu membuatnya terasa seperti Anda menggunakan komputer baru.

Sebagai perbandingan, HDD memiliki kecepatan baca dan tulis rata-rata 80 hingga 160 mb/s. Sementara itu, kecepatan baca dan tulis SDD mulai dari 320 mb/s dan dapat mencapai 7.000 mb/s atau lebih. Samsung 980 PRO SSD menyediakan penyimpanan hingga 2TB dan memiliki kecepatan baca dan tulis 7.100 mb/s. Ini sekitar 89 kali lebih cepat dari hard-disk drive lama dan tradisional Anda yang memiliki kecepatan baca dan tulis 80 mb/s.

Penyimpanan Cepat dan Luas

Peningkatan Performa Dalam Game

Sistem responsif adalah kunci untuk pengalaman bermain game yang lancar, karena penundaan terkecil pun dapat menyebabkan Anda kehilangan kesempatan atau membuat langkah yang buruk. Saat sistem Anda tidak terhambat oleh waktu pemuatan dan masalah terkait data lainnya, Anda akan dapat memainkan game tanpa masalah yang tidak perlu.

SSD dapat meningkatkan kinerja dalam game dengan mengurangi atau menghilangkan stuttering, lagging, atau frame menilai masalah yang mungkin Anda alami, terutama jika itu disebabkan oleh HDD yang lambat. Bisakah Anda mengingat saat-saat permainan Anda terhenti setiap kali Anda menjelajah ke lokasi baru? SSD akan membantu memuat semua file game Anda lebih cepat yang dapat meminimalkan masalah kinerja.

Jika Anda cenderung menjalankan game pada grafik tinggi yang memerlukan banyak data untuk dimuat ke dalam memori, SSD akan menyimpan banyak hal berjalan lancar tanpa hambatan. Anda akan melihat penurunan gagap dan penurunan kecepatan bingkai karena data diakses lebih cepat. Bahkan jika Anda memainkan game yang tidak terlalu menuntut, Anda masih akan melihat perbedaan kinerja yang mencolok berkat kecepatan pemuatan yang lebih cepat yang kami sebutkan sebelumnya.

Dengan SSD, Anda mungkin mendapati bahwa game Anda berjalan lebih lancar secara keseluruhan, meskipun tidak dijamin . Anda juga harus ingat bahwa SSD tidak akan meningkatkan frekuensi gambar. Jika Anda ingin meningkatkan frame per detik, Anda harus berinvestasi pada perangkat keras lain, seperti kartu grafis atau CPU, atau mengoptimalkan sistem Anda untuk bermain game. Selain itu, jika Anda terus mengalami masalah kinerja setelah memasang SSD, kemungkinan itu adalah komponen lain yang menyebabkan masalah.

Itulah berita seputar Bagaimana SSD Akan Meningkatkan Pengalaman Bermain Game Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.