Berapa Banyak Energi yang Benar-benar Dihemat oleh Mode Hemat Energi di TV?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Setiap TV memiliki sejumlah “Mode Gambar” yang berbeda untuk dipilih. Hampir selalu ada mode “Penghemat Energi” atau “Hemat Daya” yang cenderung terlihat paling buruk. Berapa banyak energi yang sebenarnya dihemat oleh mode ini? Apakah layak digunakan?

Apa Itu Mode Hemat Energi?

Mode gambar di TV Anda adalah preset untuk tingkat kecerahan, kontras, dan saturasi yang berbeda. Anda biasanya dapat menyesuaikan hal-hal ini secara terpisah, tetapi mode melakukan semuanya untuk Anda.

Mode “Hemat Energi” hanya dirancang untuk mengoptimalkan pengaturan ini untuk menghemat daya. Cara paling jelas untuk melakukannya adalah dengan meredupkan layar. Mode Hemat Energi biasanya akan menjadi yang paling redup dari semua mode yang tersedia di TV Anda. Sederhananya, apakah itu disebut “Penghemat Energi”, “Hemat Daya”, atau “Mode Eco”, mode gambar ini menyiratkan bahwa TV Anda akan menggunakan lebih sedikit energi. Apakah itu benar?

Data

Cukup bicara, mari kita bahas datanya. Menggunakan smart plug yang dapat mengukur watt, saya merekam penggunaan energi dari tiga TV berbeda di semua mode gambar yang tersedia. Ketiganya memiliki mode “Hemat Energi”, mode “Vivid”, dan mode “Standar”.

Ada beberapa hasil menarik di sini. Pertama-tama, mode Hemat Energi di seluruh papan menggunakan lebih sedikit energi daripada pengaturan standar. Mode “Vivid” juga tampaknya tidak menggunakan lebih banyak daya daripada pengaturan standar—artinya mode ini menyesuaikan warna lebih dari kecerahan.

Dua TV memiliki mode “Teater” yang memiliki efek serupa pada penggunaan daya seperti Penghematan Energi mode. Faktanya, TV 4K yang lebih besar menggunakan daya paling sedikit dalam mode ini. Itu karena mode teater biasanya meredupkan tampilan untuk ruangan gelap.

Beberapa perbedaan antara mode Hemat Energi dan mode lainnya tidak begitu mencolok. TV 1080p yang lebih kecil tidak memiliki perbedaan besar antara Mode Hemat Energi dan mode penggunaan daya yang lebih tinggi. Perbedaannya lebih besar pada TV 4K, yang menggunakan lebih banyak daya secara keseluruhan.

Apakah Penting?

Apa yang dapat kita ambil dari ukuran sampel data yang memang kecil ini? Pertama-tama, mode Hemat Energi jelas melakukan sesuatu. Itu mungkin tidak terlalu mengejutkan—tentu saja tampilan yang lebih redup membutuhkan lebih sedikit energi. Namun, senang mengetahui bahwa “Mode Hemat Energi” bukanlah istilah pemasaran kosong.

Katakanlah tarif listrik Anda adalah $0,18 per kilowatt-jam (kWh) dan Anda memiliki TV 4K yang mirip dengan yang ada di bagan di atas. Menonton TV selama empat jam sehari dengan mode Hemat Energi akan menelan biaya sekitar $1,90 per bulan/$23 per tahun. Pada mode penggunaan energi tertinggi, Anda melihat sekitar $2,50 per bulan/$30 per tahun.

Anda pada dasarnya menghemat $7 setahun untuk gambar yang sedikit lebih buruk di TV Anda. Apakah penghematan energi dan uang cukup untuk membuatnya sepadan? Itu sepenuhnya terserah Anda. Jika Anda memiliki TV definisi ultra-tinggi yang sangat besar, mungkin itu membuat perbedaan yang cukup besar. Namun, jika Anda memiliki TV itu, Anda mungkin ingin TV itu terlihat sebaik mungkin.

Mode Hemat Energi bisa menjadi mode “setiap hari” yang baik untuk digunakan saat Anda beralih kembali ke mode “Standar” atau “Terang” untuk film atau lainnya. hal-hal yang Anda ingin benar-benar bersinar. Pada akhirnya, ini memang menghemat energi, tetapi mungkin tidak cukup berarti bagi Anda.

Itulah berita seputar Berapa Banyak Energi yang Benar-benar Dihemat oleh Mode Hemat Energi di TV?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.