Berapa Banyak RAM yang Anda Butuhkan untuk Gaming?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Banyak gamer yang selalu menanyakan kapasitas dan kecepatan RAM komputer atau smartphone sebelum mempertimbangkan untuk membelinya. RAM itu penting, dan tidak semua orang tahu apa itu. Video game modern memiliki beberapa tuntutan RAM yang ketat untuk gameplay yang mulus, jadi tidak boleh diabaikan.

Jika Anda bertanya-tanya berapa banyak RAM yang diperlukan untuk bermain game, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Anda akan menemukan persyaratan dasar untuk perangkat seluler, laptop, dan lainnya. Baca terus untuk mengetahui spesifikasinya.

Berapa Banyak RAM yang Anda Butuhkan untuk Gaming di Laptop?

Laptop gaming dulunya dianggap sebagai gimmick, tetapi seiring kemajuan teknologi, produsen merasa lebih mudah untuk laptop tetap lebih kecil dan menangani judul yang menuntut tanpa merusak keringat. Meski begitu, laptop gaming tidak dapat mencapai batas PC gaming, yang memiliki lebih banyak ruang dan biasanya memiliki perangkat keras yang lebih baik.

Laptop gaming biasanya dapat diupgrade, dan banyak model memungkinkan Anda untuk memilih berapa banyak RAM yang Anda inginkan sebelum membeli. Saat ini, banyak laptop gaming memiliki setidaknya delapan GB RAM, yang merupakan jumlah minimum untuk bermain game pada tahun 2021. Namun, itu bukan angka terbaik untuk dituju.

Game seperti Cuphead, Minecraft, atau kebanyakan game retro tidak terlalu bagus. RAM-intensif; mereka tidak menuntut banyak dari laptop Anda secara umum. Dengan beberapa game ini, bahkan empat GB RAM sudah cukup jika Anda tidak meningkatkan grafis secara maksimal.

Minecraft dapat berjalan di berbagai perangkat, bahkan laptop non-game yang lebih lama. Meskipun demikian, jika Anda ingin membuat gim ini terlihat bagus, Anda membutuhkan lebih banyak RAM. Kapasitas RAM yang rendah hanya akan memperlambat permainan saat Anda mengaktifkan peningkatan grafis.

Untuk judul AAA atau game paling populer dan mengesankan secara grafis, delapan GB mungkin tidak cukup. Game seperti Doom Eternal membutuhkan banyak RAM, dan delapan GB adalah minimum mutlak. Namun, ini hanya akan memungkinkan Anda memainkan game pada pengaturan yang lebih rendah.

Oleh karena itu, angka terbaik untuk laptop gaming adalah 16 GB. Dengan RAM 16 GB, Anda dapat mengubah pengaturan grafis Anda dan bahkan menjalankan beberapa aplikasi di latar belakang. 16 GB juga merupakan angka yang signifikan, karena RAM saat ini semakin cepat dan efisien.

Meskipun Anda menginginkan banyak RAM, gamer mungkin tidak memerlukan 32 GB, terutama yang tidak melakukan streaming atau merekam. Salah satu cara untuk membenarkan RAM sebesar ini adalah dengan membuktikan laptop gaming di masa depan untuk judul yang lebih menuntut.

Namun, game yang menuntut ini belum tersedia, dan satu-satunya alasan siapa pun menginginkan RAM 32 GB pada laptop saat ini adalah untuk menjalankannya. perangkat lunak yang sangat menuntut secara teknis. Streamer akan menganggap RAM sebesar ini berguna, tetapi mereka mungkin memilih untuk tidak menggunakan laptop.

Secara keseluruhan, laptop gaming saat ini harus memiliki RAM 16 GB, yang merupakan angka rata-rata yang luar biasa untuk semua judul modern.

Berapa Banyak RAM yang Anda Butuhkan untuk Bermain Game di Desktop?

Dengan pengaturan desktop game, gamer dapat memberikan perangkat keras yang lebih baik, termasuk lebih banyak RAM. Namun, seperti laptop gaming, angka ajaibnya tetap 16 GB. RAM sebesar ini masih cukup untuk menjalankan banyak judul industri yang paling menuntut dengan lancar.

RAM 16 GB ditambah dengan GPU yang kuat menghilangkan lag, penurunan frame, dan stuttering di banyak judul. Bahkan jika Anda bermain dengan pengaturan Tinggi atau Ultra, rig Anda akan menanganinya tanpa masalah, tergantung pada gimnya.

Dengan semakin terjangkaunya RAM DDR5, banyak gamer akan menganggapnya sebagai alternatif yang menarik untuk mendapatkan lebih banyak RAM.

A gaming desktop dengan RAM delapan GB bukanlah ide terbaik untuk melanjutkan kecuali Anda memiliki anggaran terbatas atau hanya ingin memainkan judul yang tidak menuntut banyak. Ini mampu menjalankan beberapa judul AAA, tetapi biasanya hanya pada pengaturan yang lebih rendah. Pilihan ini akan mengakibatkan penurunan kualitas visual, dan beberapa gamer tidak menyukainya.

Mendapatkan PC gaming 32 GB tidak disarankan kecuali jika Anda ingin menggunakannya sebagai workstation juga. Beberapa streamer mengedit video mereka, dan RAM 16 GB mungkin tidak cukup untuk perangkat lunak. PC dengan fungsi ganda akan jauh lebih terjangkau daripada membeli dua PC untuk tujuan yang berbeda.

Untuk PC gaming, ada juga pertanyaan tentang penggunaan memori saluran tunggal atau saluran ganda. Yang terakhir sedikit lebih mahal, tetapi dengan beberapa game, ini meningkatkan kinerja secara signifikan. Pada tahun 2021 memori saluran ganda menjadi jauh lebih mainstream.

Saluran memori ganda tidak hanya memungkinkan Anda mengganti stik RAM yang tidak berfungsi di rumah, tetapi Anda bahkan dapat meningkatkan memori Anda sendiri. Jika Anda ingin mendapatkan RAM yang lebih baik, memori saluran ganda akan melayani Anda dengan baik.

Anda dapat menyesuaikan PC game Anda dengan berbagai opsi peningkatan RAM jika diinginkan, tetapi 16 GB tetap menjadi angka terbaik untuk memulai. Itu kecuali jika Anda menggunakan pengaturan yang sama untuk pengeditan dan streaming video, dalam hal ini lebih banyak yang sesuai.

Berapa Banyak RAM yang Anda Butuhkan untuk Bermain Game di Ponsel?

Ponsel game semakin terkenal, karena beberapa gamer seluler kompetitif meminta perangkat keras terbaik untuk karir mereka. Oleh karena itu, banyak smartphone gaming unggulan yang hadir dengan RAM yang semakin banyak.

Smartphone khas saat ini memiliki sekitar empat GB RAM, yang mulai mencerminkan kebutuhan RAM komputer. Namun, memasang RAM 16 GB ke dalam smartphone gaming agak berlebihan.

Game seluler cenderung dioptimalkan untuk kinerja di atas grafis, meskipun dimungkinkan untuk mendesain game yang terlihat luar biasa di smartphone Anda. Bahkan game seperti Genshin Impact dapat berjalan di smartphone yang kuat pada 120 FPS dan tetap memiliki grafis yang mengesankan pada saat yang sama.

Meski begitu, Genshin Impact pada perangkat seluler akan kalah dibandingkan dengan versi PC. Bagaimanapun, ini telah dioptimalkan agar sesuai dengan perangkat yang lebih kecil dan lebih lemah.

H Oleh karena itu, game seluler cenderung kurang menuntut grafis daripada rekan-rekan PC mereka, meskipun game yang sama ada di kedua platform. Versi seluler akan berfungsi dengan tiga GB RAM dalam contoh ini, meskipun pengembang merekomendasikan empat GB.

Di sisi lain, versi PC membutuhkan setidaknya delapan GB untuk berjalan dengan lancar, dan 16 GB adalah pilihan terbaik.

Jika Anda ingin menikmati game seluler dengan kualitas visual yang lebih baik, kami sarankan untuk membeli ponsel dengan setidaknya delapan GB RAM. Anda tidak hanya menghilangkan kemungkinan tersendat dan lag dengan pengaturan sedang dan rendah, tetapi Anda juga dapat mendorong grafik Anda lebih jauh.

Ponsel cenderung memiliki banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, yang memakan banyak RAM. Meskipun Anda dapat menghentikannya agar tidak berjalan, masih lebih optimal untuk berinvestasi lebih banyak RAM di ponsel cerdas Anda. Dengan begitu, Anda dapat melakukan lebih dari sekadar bermain game secara maksimal.

Bagi mereka yang merasa delapan GB tidak cukup, beberapa ponsel gaming hadir dengan RAM 12 GB. Ini adalah jalan tengah yang sangat baik antara delapan dan 16 GB, dan Anda dapat meningkatkan pengaturan lebih banyak lagi.

Oleh karena itu, kami menyarankan setidaknya delapan GB RAM untuk bermain game seluler tanpa lag dan tersendat.

Berapa Banyak RAM yang Anda Butuhkan untuk Gaming dan Streaming ?

Banyak streamer memiliki penyiapan canggih yang dapat menjalankan game AAA dan menghadirkan streaming berkualitas tinggi kepada pemirsa mereka di seluruh dunia. Beberapa game sudah memiliki persyaratan RAM yang tinggi, tetapi streaming juga dapat menghabiskan banyak RAM. Itulah mengapa kami menyarankan untuk mendapatkan sedikit lebih banyak RAM jika Anda berencana untuk melakukan streaming secara teratur.

Masalah dengan menghitung berapa banyak RAM yang Anda butuhkan untuk streaming game adalah bahwa setiap game berbeda secara radikal dalam persyaratan memori. Misalnya, streamer Minecraft tidak memerlukan RAM 32 GB karena mereka dapat dengan mudah melakukan streaming game pada delapan GB atau lebih rendah.

Namun, judul seperti CSGO dan Warzone bisa lebih menuntut, terutama jika kualitas grafis diatur ke maksimum atau aktif. high.

Berikut adalah beberapa perhitungan dasar yang dapat Anda ingat:

OBS cenderung memakan sekitar 150-300 MB RAM saat dijalankan. Berkat kesederhanaannya, ini benar-benar gratis untuk diunduh dan digunakan, dan banyak streamer menikmati streaming berkualitas tinggi.

Peramban web juga penting untuk streamer, dan Anda harus memilih satu yang tidak terlalu menguras RAM. Tergantung pada browser Anda, Anda mungkin memerlukan apa saja dari 50-300 MB. Ingatlah untuk menutup tab yang tidak penting dan menghemat RAM.

Anda memerlukan setidaknya satu tab untuk melihat streaming Anda sendiri. Sangat penting untuk melihat siaran, karena Anda dapat membaca obrolan atau menyesuaikan dengan cepat berdasarkan apa yang Anda perhatikan.

Jika Anda menginstal klien Discord untuk PC, dibutuhkan sekitar 200 MB RAM. Itu tidak buruk, karena Anda mungkin merasa berkomunikasi dengan moderator atau teman Anda sangat penting.

Secara keseluruhan, jumlah RAM yang Anda butuhkan untuk streaming game tergantung pada judul Anda. 16 GB masih merupakan titik awal yang bagus, karena Anda dapat memainkan apa saja yang tersedia dan tetap menghasilkan streaming HD.

Lebih Banyak RAM Sama dengan Grafik yang Lebih Baik

Semakin banyak RAM yang Anda miliki, semakin baik permainan Anda cenderung berjalan, dan ini berlaku untuk komputer dan ponsel cerdas. Namun demikian, mendapatkan terlalu banyak RAM hanya membuang-buang uang, dan Anda lebih baik bekerja dengan jumlah rata-rata yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda dapat memainkan semua game yang Anda inginkan dengan grafis luar biasa tanpa menguras kantong.

Berapa banyak RAM yang dimiliki komputer Anda? Apakah menurut Anda pemeriksaan di masa depan adalah ide yang bagus? Beri tahu kami pendapat Anda di bagian komentar di bawah.