Bisakah Anda Memeriksa apakah Seseorang Membaca Pesan Anda di Discord? Tidak!

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Setiap kali Anda mengirim pesan teks kepada seseorang di Instagram, WhatsApp, atau Facebook, Anda akan menerima pemberitahuan ketika penerima telah membaca pesan Anda. Beberapa orang membenci fitur ini, meskipun sangat nyaman ketika Anda perlu mencari tahu apakah seseorang mengabaikan Anda. Tapi bagaimana dengan Discord?

Jawaban singkatnya adalah tidak – Discord tidak menunjukkan tanda terima baca seperti banyak messenger populer dan platform media sosial. Apakah ini berarti sama sekali tidak ada cara untuk mengetahui kapan pesan Anda telah dibaca? Mari kita cari tahu ini.

Alasan Discord tidak menampilkan tanda terima baca ketika hampir semua platform lain tidak jelas. Beberapa pengguna menyarankan ini tentang memerangi kecemasan sosial – mencegah perasaan melihat ikon baca di bawah pesan Anda tetapi tidak mendapatkan balasan. Atau perasaan tidak sengaja membuka pesan yang tidak akan Anda balas.

Lainnya berspekulasi bahwa pengembang Discord tidak cukup sering ditanyai untuk diganggu. Lagi pula, setiap fitur baru membutuhkan investasi besar, dan jika pengguna tidak menghargainya, itu hanya buang-buang waktu dan uang. Namun, banyak utas yang didedikasikan untuk masalah ini di forum komunitas Discord dan media sosial menunjukkan bahwa banyak pengguna tertarik dengan fitur ini.

Pada Februari 2020, seorang pengguna menandai akun resmi Discord di Twitter dan bertanya, “Apakah Anda ingin membuat ikon yang menunjukkan apakah Anda membaca pesan Anda? Itu akan menjadi fitur yang berguna.” Akun Twitter Discord menjawab dengan “Baca tanda terima adalah saran yang cukup populer! Pastikan untuk meningkatkan ide ini di halaman umpan balik kami sehingga tetap ada di radar tim pengembang kami!”. Semoga para pengembang tidak melupakan permintaan ini dan akan segera mengimplementasikan fitur tersebut.

Baiklah, tetapi bisakah Anda memeriksa apakah seseorang telah membaca pesan Anda di Discord sekarang? Sayangnya, tidak secara langsung. Dan sebelum Anda terburu-buru mencari plugin tanda terima baca, kami harus memberi tahu Anda bahwa kami telah melakukan ini – dan tidak menemukan apa pun. Beberapa pengguna melaporkan bahwa meskipun Discord mendukung beragam plugin, menambahkan fitur tanda terima baca sama sekali tidak mungkin.

Namun, Anda dapat mengetahui apakah seseorang sedang online dan aktif di Discord. Secara default, status online pengguna ditunjukkan dengan titik hijau yang ditampilkan di sebelah avatar mereka. Jika Anda melihat ikon bulan kuning (“Idle”), pengguna sedang online tetapi sedang sibuk. Terakhir, ikon larangan masuk berwarna merah (“Jangan Ganggu”) berarti pengguna tidak ingin diganggu saat ini dan tidak akan menerima pemberitahuan pesan. Jadi, jika Anda mengirim pesan kepada seseorang tetapi statusnya “Menganggur” atau “Jangan Ganggu”, mereka mungkin belum membaca pesan Anda.

Namun, pengguna dapat menonaktifkan status online mereka. Dalam hal ini, Anda masih dapat melihat apakah pengguna sedang mengetik balasan untuk Anda, tetapi hanya jika obrolan Anda tetap terbuka.

Nilai Privasi

Menemukan bahwa fitur yang Anda cari tidak ada mungkin menjengkelkan. Namun, halaman Twitter resmi Discord telah mengkonfirmasi bahwa pengembang sedang mempertimbangkan ide tersebut. Mungkin hanya masalah waktu sebelum diterapkan. Sementara itu, mari fokus pada kelebihan tidak memiliki fitur tanda terima baca: lebih sedikit kecemasan dan lebih banyak privasi.

Apakah Anda tahu plugin untuk mengaktifkan tanda terima dibaca Discord? Bagikan penemuan Anda di bagian komentar di bawah.