Bisakah Anda Memeriksa Siapa yang Telah Melihat Foto Google Anda?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Gambar yang diunggah ke Google Foto bersifat pribadi dan hanya dapat dilihat oleh Anda. Satu-satunya pengecualian adalah jika Anda memutuskan untuk membagikannya kepada orang lain seperti teman atau keluarga Anda. Anda dapat menggunakan fitur “Album Bersama” Google Foto untuk melakukan ini. Dengan semua cerita peretasan online dan foto yang bocor, Anda mungkin bertanya apakah mungkin mengetahui siapa yang telah melihat gambar yang Anda simpan ke Google Foto.

Dalam artikel ini, kami akan mencoba menjawab pertanyaan itu.

Mari kita cari tahu apakah orang lain dapat mengakses Anda foto di platform. Kami akan melihat seberapa besar kontrol yang Anda miliki atas foto yang diunggah ke Album Bersama dan cara memeriksa siapa yang telah melihat gambar Anda di Google Foto.

Dapatkah Anda Melihat Siapa yang Melihat Foto Google Anda?

Google menyimpan semua foto dan video yang diunggah ke Google Foto sebagai pribadi. Anda adalah satu-satunya yang dapat melihatnya kecuali Anda memutuskan untuk membagikan gambar.

Aplikasi ini akan membuat undangan yang dapat Anda kirim untuk membuat konten Anda terlihat oleh orang lain. Anda akan dapat memilih orang-orang tertentu yang ingin Anda undang. Dengan cara ini, Anda tetap mengontrol siapa yang memiliki akses ke foto Anda. Setelah menerima undangan, mereka dapat melihat gambar Anda dengan membuka tab “Berbagi” yang terletak di aplikasi mereka.

Foto profil mereka akan muncul di album bersama tetapi akan tetap pudar hingga mereka melihatnya. Itulah salah satu cara untuk mengetahui siapa yang telah melihat Foto Google Anda. Ikon profil siapa saja yang telah melihat foto Anda akan terlihat jelas.

Setelah mereka melihat album Anda, foto profil mereka akan muncul di samping album terbaru yang dilihat atau komentar yang dibuat.

Google juga mengirimkan pemberitahuan bahwa orang tertentu melihat foto yang dibagikan albumnya untuk pertama kalinya. Namun, tidak akan ada pemberitahuan jika orang yang sama melihat foto itu lagi.

Jika orang yang ingin Anda bagikan gambar Anda tidak memiliki Google Foto, Anda dapat mengirimi mereka tautan yang dibuat untuk foto atau album tertentu yang Anda inginkan mereka untuk melihat. Dalam hal ini, Anda hanya akan mendapatkan notifikasi jika orang tersebut bergabung dengan album. Jika tidak, Anda tidak akan tahu apakah seseorang yang memiliki tautan melihat foto Anda.

Siapa pun yang memiliki tautan ke album Anda dapat membagikannya dengan orang lain. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dengan siapa Anda membagikan informasi ini, karena Anda tidak akan diberi tahu saat tautan dibagikan.

Cara Mengontrol Siapa yang Melihat Foto Google Anda

Untuk membatasi akses ke foto yang Anda bagikan, Anda dapat memutuskan siapa yang mendapat izin untuk melihat foto Anda. album bersama. Untuk melakukannya, Anda cukup menambahkan mereka secara khusus ke album alih-alih mengirimkan undangan umum.

Penting untuk dicatat bahwa siapa pun yang ditambahkan ke album dapat menambahkan orang lain untuk melihat isinya. Dengan mengaktifkan notifikasi, Google akan memberi tahu Anda saat pengguna baru telah ditambahkan.

Dalam skenario ini, hanya mereka yang telah Anda undang (dan siapa saja yang mungkin mereka undang) yang dapat melihat Google Foto Anda.

Anda juga bisa memutuskan apakah pengguna lain dapat menambahkan foto ke album. Jika Anda lebih suka melarang mereka menambahkan gambar ke album, Anda dapat menonaktifkan “Kolaborasi” di opsi Pengaturan. Jika Anda menghapus seseorang dari album bersama, foto yang mereka sumbangkan juga akan dihapus.

Harap diperhatikan bahwa Anda tidak dapat menghentikan satu orang pun untuk menambahkan ke album. Anda hanya dapat memblokir semua peserta album agar tidak melakukannya.

Cara Mengontrol Siapa yang Melihat Foto Google Melalui Berbagi Tautan

Google membuat URL unik yang memungkinkan Anda berbagi gambar dengan orang yang tidak memiliki foto Google. Meskipun nyaman, Anda harus tahu bahwa tautan ini dapat dibagikan dengan orang lain tanpa sepengetahuan Anda.

Dalam pengaturan Foto Google, Anda dapat menonaktifkan berbagi tautan, mencegah siapa pun menggunakan URL untuk mengakses gambar Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka “Perpustakaan” dan pilih album bersama. Arahkan ke menu tiga titik di sudut kanan atas dan pilih “Opsi.” Akses “Berbagi Tautan” lalu “Hapus Tautan.”
Tautan tidak akan aktif lagi.

Jika Anda masih ingin membagikan foto tetapi tidak dengan semua orang yang memiliki tautan, Anda selalu dapat mengatur ulang. Untuk melakukannya, nonaktifkan berbagi tautan lalu aktifkan kembali. Google akan membuat tautan baru untuk album Anda. Ingatlah bahwa jika Anda menghapus seseorang dari album tetapi “berbagi tautan” masih diaktifkan, mereka dapat menggunakan tautan asli untuk mengakses gambar Anda.

Cara Melihat Siapa yang Mengunduh Foto Google Anda

Sayangnya, tidak ada cara untuk mengetahui apakah ada orang yang telah mengunduh Google Foto Anda. Bahkan setelah Anda berhenti membagikan album, siapa pun yang sebelumnya telah mengunduh foto akan tetap memilikinya.

Cara Menghentikan Seseorang Melihat Google Foto

Anda dapat mencegah orang tertentu melihat gambar Anda di platform. Untuk mencabut akses mereka, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka Google Foto dan navigasikan ke “Opsi.” Pilih “Anggota” dan gulir ke nama orang tersebut. Klik menu tiga titik di sebelah nama mereka dan ketuk “Hapus Orang.” Anda akan diminta untuk mengonfirmasi dengan menekan “Hapus Orang” lagi.
Pengguna akan dihapus dari album, bersama dengan komentar atau foto apa pun yang mereka bagikan.

Cara Mencegah Satu Foto Dilihat di Google Foto

Dimungkinkan untuk mencegah satu foto foto agar tidak dilihat di album Google Foto bersama Anda. Untuk melakukan ini:
Buka Foto Google dan arahkan ke sudut kiri atas. Ketuk “Pesan” dan pilih gambar yang ingin Anda blokir. Gulir ke menu di sudut kanan atas dan pilih “Opsi.” Klik “Berbagi Tautan ” lalu “Hapus.”
Gambar Anda tidak lagi dapat dilihat.

Cara Berhenti Berbagi Album

Untuk memastikan tidak ada orang yang dapat melihat Foto Google Anda, Anda selalu dapat berhenti membagikan album. Pertama, Anda harus menghapus semua orang dari album, lalu menonaktifkan berbagi tautan. Langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini akan menunjukkan cara melakukannya.
Di Google Foto, buka album yang ingin Anda hentikan berbaginya. Ketuk “Lainnya” lalu “Opsi.” Gulir ke orang pertama dalam daftar dan klik “Lainnya.” Tekan “Hapus Orang.”Ulangi ini untuk semua peserta albumNavigasi kembali ke “Lainnya” lalu “Opsi” di album. Buka “Berbagi Tautan” dan matikan.
Sekarang Anda akan menjadi satu-satunya orang yang dapat melihat album Anda.

Tetap Mengontrol Foto Google Anda

Google Foto adalah tempat yang tepat untuk menyimpan dan berbagi foto Anda. Fitur “Album Bersama”-nya membuat orang lain mudah menunjukkan foto-foto liburan itu. Namun, gambar bisa sangat pribadi, dan menjaganya agar tetap aman harus diprioritaskan. Google telah mencoba memberi Anda kendali atas siapa yang dapat mengakses foto Anda dan bagaimana caranya.

Setelah artikel ini, Anda seharusnya memiliki ide yang cukup bagus tentang membagikan kenangan Anda dengan aman. Jika Anda merasa ingin membatalkan akses ke gambar Anda, maka Anda sekarang tahu bagaimana melakukannya juga.

Apakah Anda membagikan Foto Google Anda? Beri tahu kami seberapa terkontrol pengaturan tampilan Anda di “Album Bersama.”