Bisakah Anda Mengubah Input TV Dengan Remote Roku?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Bagi mereka yang menggunakan perangkat televisi dengan beberapa port input, dapat membingungkan bagaimana seseorang dapat mengubah input TV dengan Roku Remote. Tidak ada tombol khusus yang memiliki fungsi tersebut, juga tidak ditunjukkan dalam manual Roku Remote.

Menggunakan perangkat untuk mengubah input masih dimungkinkan, tergantung pada beberapa faktor. Dalam artikel ini, kami akan membahas semua cara remote Roku Anda dapat digunakan untuk mengubah input TV.

Remote Roku dan Perangkat Televisi HDMI CEC

Cara termudah menggunakan remote Roku sebagai cara mengubah input adalah dengan menggunakannya bersama dengan TV HDMI CEC. Perangkat berkemampuan HDMI-CEC akan secara otomatis beralih ke input yang tepat saat Anda menekan tombol HOME pada remote Roku.

Fungsi ini hanya satu arah, karena Anda tidak dapat beralih kembali melalui metode ini. Jika Roku Anda dicolokkan ke port HDMI 1 dan Anda saat ini menggunakan HDMI 2, mendorong ke rumah akan mengalihkan Anda ke HDMI 1 tetapi tidak akan memungkinkan Anda untuk kembali ke HDMI 2. Tidak ada tombol khusus untuk mengubah input pada Roku remote.

Apa itu HDMI CEC?

HDMI CEC adalah fitur yang tersedia di banyak perangkat berkemampuan HDMI yang memberi pengguna opsi untuk mengganti sumber input TV melalui satu pengontrol. Jika perangkat Anda memiliki lebih dari satu port input, ada kemungkinan besar bahwa itu mampu HDMI CEC, meskipun mungkin perlu diaktifkan. CEC di HDMI CEC adalah singkatan dari Consumer Electronics Control.

Jika perangkat Anda hanya memiliki satu port input, HDMI CEC mungkin tidak ada, karena tidak berfungsi apa pun. Saat fitur HDMI CEC diaktifkan di TV, cukup dengan menyalakan Roku akan secara otomatis mengalihkan sumber input ke tempat Anda menyambungkan Roku.

Bagaimana Cara Menemukan CEC HDMI di TV Saya?

Meskipun HDMI CEC cukup umum, fitur ini belum menjadi fitur standar di televisi berkemampuan HDMI. Untuk mengetahui apakah TV Anda dapat mengaktifkan HDMI CEC, Anda harus memiliki remote asli televisi dan ikuti langkah berikut:

Untuk TV Umum
Pada remote, tekan tombol Menu.Pilih Pengaturan.Cari dan pilih Input, Sistem, atau Menu System Options.Cari opsi CEC, HDMI, atau HDMI CEC.Pilih Enable.
Untuk TV Samsung

Samsung menggunakan istilah Anynet+ untuk HDMI CEC. Setelah Anda membuka menu Pengaturan, cari Anynet+ dan pilih untuk mengaktifkan.

Untuk LG TV

HDMI CEC dikenal sebagai Simplink pada perangkat televisi LG. Buka menu Setting, cari Simplink, lalu klik enable.

Panasonic

HDMI CEC dikenal dengan beberapa istilah berbeda di televisi Panasonic. Buka menu Pengaturan, lalu pilih menu Kontrol HDMI. Cari opsi CEC, EZ-Link, Viera Link, atau Kontrol HDAVI. Setelah dipilih, yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkannya.

Sharp

HDMI CEC dikenal sebagai Aquos Link di Sharp TV. Untuk menyalakannya, ikuti langkah berikut:
Tekan tombol Menu pada remote TV Sharp AndaDari daftar, pilih Opsi Sistem.Buka Pengaturan Tautan Aquos.Aktifkan opsi.
Philips

Opsi untuk mengaktifkan HDMI CEC untuk perangkat Philips sedikit lebih rumit . Fitur ini dikenal sebagai EasyLink untuk Philips TV. Ini dapat dinyalakan dengan melakukan hal berikut:
Pada remote TV Philips Anda, tekan tombol HOME.Pada menu, pilih Setup.Klik Pengaturan TV.Pilih Instalasi.Pilih dan buka Preferensi.Buka EasyLink.Aktifkan Master EasyLink.Toggle Auto TV on.Toggle RC Key Forwarding on.
Toshiba

Toshiba set memanggil HDMI CEC baik CE-Link atau Regza Link. Ini dapat diaktifkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Tekan Menu pada remote TV Toshiba.Pilih Opsi dari menu.Temukan dan pilih Pengaturan Kontrol HDMI CEC.Aktifkan Kontrol HDMI CEC.Pada opsi, aktifkan TV Auto Power, Amplifier Control, dan Auto Standby.
Untuk Sony TV

Untuk smart TV, opsi HDMI CEC berada di bawah menu Input Eksternal saat Anda membuka pengaturan. Pada TV non-pintar, itu akan berada di bawah Menu Pemilihan Perangkat HDMI di bawah Pengaturan Sinkronisasi Bravia. Cukup aktifkan opsi, dan Anda siap melakukannya.

Untuk TV Android

Sebagian besar Televisi Android tidak dilengkapi dengan dukungan HDMI CEC, tetapi Anda masih dapat memeriksa apakah perangkat khusus Anda mampu menggunakan fitur tersebut. Untuk memeriksa, lakukan hal berikut:
Pada remote Anda, tekan Menu atau PengaturanBuka menu Input.Cari menu CEC. Jika tersedia, cukup aktifkan sakelar CEC. Jika Anda tidak dapat menemukan menu CEC, maka fitur tersebut mungkin tidak tersedia untuk model TV Anda.
Roku TV

Bahkan TV Roku memerlukan kontrol HDMI CEC yang diaktifkan untuk memungkinkan peralihan sumber input. Ini dilakukan dengan melakukan hal berikut:
Tekan tombol Rumah di TV Roku. ;’/Pilih PengaturanBuka Sistem.Buka Kontrol perangkat lain (CEC).Aktifkan kontrol audio Sistem.Aktifkan pemutaran 1-sentuh.
Klik Samping Remote Attachment

Untuk TV yang tidak mengaktifkan HDMI CEC, ada perangkat yang terhubung ke remote streaming yang menambahkan tambahan kemampuan ke perangkat. Sideclick Remote Attachment meluncur langsung ke remote Roku itu sendiri dan memberi pengguna kemampuan untuk menetapkan tindakan ke tombol tambahan.

Remote Sideclick berfungsi sebagai remote universal yang juga dapat Anda gunakan untuk mengontrol TV. Namun, perhatikan bahwa jika Roku Remote Anda memiliki jack audio, Sideclick Remote akan memblokir jack input.

Bahkan jika TV Anda memiliki HDMI CEC, masih ada keuntungan menggunakan lampiran Sideclick. Seperti yang disebutkan sebelumnya, menyalakan Roku akan menyebabkan TV beralih ke port HDMI default yang terpasang. Pada remote Roku biasa, Anda tidak dapat beralih kembali tanpa mematikan Roku. Sideclick memungkinkan Anda memprogram tombol untuk mengganti input tanpa mematikan Roku. Sideclick juga memiliki keuntungan karena kompatibel dengan perangkat streaming lainnya, bukan hanya Roku.

Gunakan Remote Universal

Jika dua opsi pertama tidak memungkinkan, Anda selalu dapat menggunakan remote universal daripada remote Roku sebagai cara untuk mengontrol streaming Anda perangkat. Sebagian besar model jarak jauh universal dapat disinkronkan dengan Roku Stick dan dapat digunakan sebagai remote alternatif. Remote universal standar akan memiliki tombol sumber input yang tersedia.

Beralih bolak-balik antara input dimungkinkan menggunakan remote universal pihak ketiga, tetapi ini membuat remote Roku sepenuhnya keluar dari persamaan.

Bagaimana Cara Mengubah Input Roku Default Saya?

Anda Sumber Input Roku harus secara otomatis menjadi port tempat Anda mencolokkan perangkat. Jika ini tidak terjadi, Anda dapat mengubah Sumber Input default dengan melakukan hal berikut:
Tekan Home pada remote Roku. Tekan tombol panah kiri, lalu pilih Pengaturan dari menu. Dari daftar, buka Power. Pilih Power On dari menu. Di sisi kanan, Anda akan diberikan daftar kemungkinan sumber input yang tersedia. Pilih Sumber Input mana yang digunakan Roku Anda saat ini.Tekan OK.
Sumber input default Roku Anda sekarang harus disetel.

Mengandalkan Pihak Ketiga

Meskipun Roku semakin populer sebagai penyedia layanan streaming, mengoperasikan sebagian besar periferalnya rata-rata masih membingungkan pengguna. Sulit untuk mengetahui bagaimana seseorang dapat mengubah input TV dengan remote Roku jika tidak dijelaskan dalam manual. Hingga Roku membuat tombol khusus untuk fitur tersebut, Anda harus mengandalkan pengaturan TV atau remote pihak ketiga untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Apakah Anda mengetahui cara lain untuk mengubah input TV dengan remote Roku? Jangan ragu untuk membagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah.