Bisakah ISP Saya Melihat Jika Saya Menggunakan VPN, dan Apakah Mereka Peduli?

Nicoleta Ionescu/Shutterstock.com

Menggunakan VPN adalah cara yang bagus untuk meningkatkan privasi Anda saat online: situs yang Anda kunjungi tidak akan dapat mengidentifikasi Anda berdasarkan alamat IP Anda, artinya Anda dapat membuatnya sehingga Anda berada di negara lain. Namun, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ISP Anda dapat melihat bahwa Anda menggunakan VPN atau tidak, dan, jika ya, apakah itu penting.

Bisakah ISP Saya Melihat Jika Saya Menggunakan VPN?

Jawaban untuk bagian pertama adalah sederhana: Ya, ISP Anda dapat menentukan bahwa Anda menggunakan VPN jika diinginkan.

Ini karena cara kerja VPN: Saat Anda menggunakan internet tanpa VPN, Anda terhubung dari komputer ke sistem ISP Anda, yang pada gilirannya menghubungkan ke situs yang ingin Anda kunjungi—ini sedikit lebih rumit dari itu, tetapi untuk tujuan kami itu sudah cukup. Lihat panduan kami tentang cara kerja internet untuk lebih jelasnya.

RELATEDApa Perbedaan Antara Mode Penyamaran dan VPN?

Ketika Anda terhubung melalui VPN, Anda pergi dari ISP Anda ke server layanan VPN dan kemudian ke sebuah situs. Ini membuatnya tampak di situs itu seperti Anda menggunakan alamat IP server VPN, dan mudah-mudahan membodohi mereka dengan berpikir bahwa Anda adalah orang lain, di tempat lain. Namun, perhatikan bahwa tanpa mengaktifkan mode penyamaran, Anda masih dapat dengan mudah diidentifikasi.

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang VPN Manakah VPN Terbaik? VPN Terbaik untuk Anda | ExpressVPN vs. NordVPN | Surfshark vs. ExpressVPN | Surfshark vs. NordVPNPanduan VPN TambahanApa itu VPN? | Cara Memilih VPN | Menggunakan VPN Dengan Netflix | Protokol VPN Terbaik | 6 Fitur VPN Yang Paling Penting | Apa Itu Killswitch VPN? | 5 Tanda VPN Tidak Dapat Dipercaya | Haruskah Anda Menggunakan VPN? | Mitos VPN DibantahApa yang Dilihat ISP Saya?

VPN berbeda dari proxy karena mereka mengenkripsi koneksi Anda melalui apa yang disebut terowongan aman. Ini mengenkripsi koneksi dari komputer Anda ke server VPN, biasanya menggunakan metode enkripsi canggih seperti AES-256 yang, secara teori, hanya dapat dipecahkan oleh seseorang dengan waktu beberapa miliar tahun.

Advertisement

Terowongan menjadikannya situs yang Anda kunjungi hanya dapat melihat alamat IP palsu Anda (alamat IP VPN), tetapi juga bekerja sebaliknya. Ketika ISP melihat koneksi yang Anda buat dan meminta untuk mengetahui ke mana tujuannya, yang didapat hanyalah sampah acak. Ia dapat melihat bahwa Anda membuat sambungan—bahkan dapat mengetahui alamat IP yang Anda sambungkan—tetapi tidak lebih dari itu.

Tentu saja, mendapatkan kembali sampah acak adalah tanda bahwa VPN sedang digunakan. ISP dapat dengan mudah mengetahui koneksi mana yang mengarah ke VPN: lihat saja koneksi yang mengirim banyak data terenkripsi kembali. Tidak ada cara realistis untuk mengetahui VPN mana—bukan tanpa mencari tahu dari orang-orang yang menyewakan ruang server, dan mereka tidak akan pernah memberi tahu—atau apa yang Anda akses melalui VPN.

Apakah ISP Peduli Jika Anda Menggunakan VPN?

Itu mengarah ke bagian kedua dari pertanyaan, apakah ISP peduli bahwa Anda menggunakan VPN. Jawabannya mungkin tergantung pada lokasi geografis Anda. Di sebagian besar dunia, kita dapat berasumsi bahwa ISP umumnya tidak peduli. Baik Anda terhubung ke server VPN atau situs acak mungkin sama saja bagi mereka. Lagi pula, banyak orang menggunakan VPN untuk terhubung dari jarak jauh ke jaringan kerja. VPN yang Anda gunakan untuk privasi terlihat hampir sama.

Namun, ada satu pengecualian besar untuk aturan ini: Kediktatoran seperti China, Iran, dan banyak negara lain yang telah membuat VPN ilegal. Di negara-negara tersebut, sebagian besar ISP akan dimiliki oleh negara atau memiliki semacam kontrol negara yang diberlakukan, artinya ada kemungkinan seseorang memeriksa koneksi.

RELATEDApakah VPN Legal?

Kita tahu bahwa pihak berwenang China akan mengenakan denda pada penggunaan VPN , dan ada desas-desus bahwa pemerintah telah mengembangkan teknologi pelacakan VPN. Kami dapat berspekulasi bahwa program ini dapat mengumpulkan informasi tentang koneksi mana yang mengirim kembali data terenkripsi dan dengan demikian mengidentifikasinya, tetapi kami tidak yakin.

Advertisement

VyprVPN adalah salah satu layanan VPN yang mengklaim memiliki protokol koneksi yang dapat menipu sistem deteksi China, kami berasumsi dengan membuat terowongan VPN terlihat seperti koneksi biasa.

Bagaimana Dengan ISP yang Menjual Data?

Sekumpulan negara lain di mana ISP mungkin tidak begitu senang dengan pelanggan yang menggunakan VPN adalah negara yang legal bagi mereka untuk melacak dan menjual data pengguna, seperti di Amerika Serikat. Meskipun kami tidak memiliki bukti tentang hal ini, kami dapat membayangkan bahwa ISP tidak terlalu senang dengan pengguna VPN karena itu berarti ada lebih sedikit informasi untuk dijual.

RELATEDApakah ISP Melacak dan Menjual Data Penjelajahan Anda?

Namun, karena penggunaan VPN legal di A.S. dan tidak ada cara untuk mengamanatkan bagaimana orang dapat menggunakan koneksi internet mereka, hanya ada sedikit ISP yang dapat dilakukan untuk menghentikan pelanggan yang memilih untuk menggunakan VPN.

Apa pun masalahnya, mungkin merupakan langkah cerdas untuk menggunakan VPN dan menolak ISP Anda kesempatan untuk memanen data Anda. Kami telah menyusun panduan untuk menemukan VPN terbaik di luar sana, tetapi jika Anda menginginkan jalan pintas, kami merekomendasikan ExpressVPN untuk sebagian besar orang, hampir sepanjang waktu.

Layanan VPN Terbaik tahun 2022 VPN Keseluruhan TerbaikExpressVPNBelanja Sekarang VPN Anggaran TerbaikSurfSharkBelanja SekarangVPN Gratis TerbaikWindscribeBelanja SekarangTerbaik VPN untuk iPhoneProtonVPNBelanja SekarangVPN Terbaik untuk AndroidSembunyikan.meBelanja SekarangVPN Terbaik untuk StreamingExpressVPNBelanja SekarangVPN Terbaik untuk GamingAkses Internet PribadiBelanja SekarangVPN Terbaik untuk TorrentingNordVPNBelanja SekarangVPN Terbaik untuk WindowsCyberGhostBelanja SekarangVPN Terbaik untuk ChinaVyprVPNBelanja SekarangVPN Terbaik untuk PrivasiMullvad VPNBelanja Sekarang

Itulah berita seputar Bisakah ISP Saya Melihat Jika Saya Menggunakan VPN, dan Apakah Mereka Peduli?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.