Bisakah Saya Menghubungkan Generator Langsung ke Rumah Saya?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Menghubungkan generator Anda dengan tidak benar dapat membakar rumah Anda atau membunuh pekerja lini. Generator yang terhubung dengan benar memiliki mekanisme keamanan untuk mencegah kedua hasil tersebut. Mungkin tergoda untuk menghubungkan generator langsung ke sistem kelistrikan rumah Anda selama pemadaman listrik, tetapi ada cara yang benar dan salah untuk melakukannya. Dan cara yang salah dapat menyebabkan kebakaran dan bahkan membunuh orang, jadi sebaiknya membaca terlebih dahulu tentang masalah tersebut.

Pertama, Cara yang Salah untuk Melakukannya

Anda mungkin pernah melihat gambar di media sosial tentang kabel listrik dengan dua ujung laki-laki (kedua ujungnya memiliki prongs) alih-alih desain pria-wanita tradisional yang Anda harapkan.

Seringkali gambar-gambar ini disertai dengan beberapa saran “pintar” tentang cara menggunakan kabel untuk menyambungkan generator ke rumah Anda selama pemadaman listrik sehingga Anda dapat menggunakan beberapa sirkuit untuk menjaga lemari es Anda dan beberapa lampu langit-langit menyala atau semacamnya.

Pengecer Amazon yang tidak bermoral bahkan menjual kabel yang sudah jadi, mendorong Amazon untuk menarik daftar dan Komisi Keamanan Produk Konsumen A.S. , apakah Anda membelinya atau membuatnya sendiri, sangat berbahaya di berbagai tingkatan. Pertama, kabelnya sendiri. Ahli listrik biasanya menyebut ini, dengan sangat serius, sebagai “tali bunuh diri”, “ular bunuh diri”, “tali orang mati”, atau “pembuat janda” karena menjalankan daya melalui kabel ekstensi sedemikian rupa sehingga Anda dapat meraih ujung aktifnya adalah, nah mematikan dan bisa menimbulkan kebakaran adalah bagian dari) adalah “backfeeding” yang tidak terkontrol dengan baik dan berbahaya.

Peringatan: Mengumpankan generator ke rumah Anda secara tidak benar dapat menyebabkan kebakaran, kerusakan properti, dan bahkan kematian.

Anda dapat menyebabkan kebakaran listrik di rumah Anda dengan membebani kabel pengukur yang lebih kecil di sirkuit individu. Anda dapat menghancurkan generator dan menyebabkan kebakaran jika listrik menyala saat Anda kembali memberi makan dan membuat generator menjadi pendek.

Itu adalah ancaman langsung terhadap keselamatan Anda dan rumah Anda (dan jika Anda membakar rumah Anda dengan melakukan sesuatu yang bodoh seperti memberi makan kembali sebuah genset ke sistem kelistrikan rumah Anda dengan cara yang bertentangan dengan kode bangunan, perusahaan asuransi Anda tidak akan menanggung kerusakan yang Anda lakukan).

Lebih buruk daripada hanya merugikan diri sendiri dan properti Anda dengan pilihan yang buruk, backfeeding dapat menyebabkan aliran listrik tidak hanya ke rumah Anda tetapi turun ke sistem kelistrikan lingkungan Anda.

Hal ini tidak hanya dapat membunuh pekerja lini yang mencoba memulihkan daya ke lingkungan Anda—tragedi yang dapat dihindari sepenuhnya—namun juga dapat merusak sistem kelistrikan. Paling-paling, ini memperpanjang pemadaman listrik, membuat perbaikan memakan waktu lebih lama. Paling buruk, Anda dapat menyalakan api di lingkungan Anda dan membakar rumah tetangga Anda alih-alih rumah Anda sendiri.

Akhirnya, di banyak yurisdiksi adalah ilegal untuk menghubungkan generator ke rumah Anda tanpa tindakan pencegahan keamanan yang tepat dan pemasangan kabel. cara memasukkan generator ke rumah Anda secara tidak benar dapat menyebabkan kebakaran, kerusakan properti, dan bahkan kematian, tidak ada alasan yang baik untuk melakukannya. mati listrik. Sebelum membahas metode yang berbeda, mari kita bicara tentang keamanan generator secara umum terlebih dahulu.

Aturan Emas Keselamatan Generator

Selain hanya menggunakan generator dalam tiga metode aman yang akan kami uraikan, ada beberapa pedoman keselamatan dasar yang perlu diingat.

Pertama, jangan pernah menjalankan generator Anda di ruang tertutup. Mungkin tergoda untuk menjalankannya di garasi Anda agar tidak terkena cuaca buruk (atau karena Anda tidak memiliki kabel ekstensi yang cukup panjang), tetapi melakukannya secara signifikan meningkatkan risiko asap knalpot berbahaya memasuki rumah Anda.

This generator bahan bakar ganda berkapasitas besar dari perusahaan dengan reputasi yang sangat baik adalah pilihan yang tepat untuk orang-orang yang mencoba untuk menjaga tidak hanya lemari es yang berjalan, tetapi juga lampu dan lebih banyak lagi. dari struktur rumah Anda dan di area yang bebas dari bahan yang mudah terbakar seperti tumpukan daun, tumpukan kayu, dll. Jika Anda tidak memiliki kabel yang cukup panjang untuk melakukannya, sekaranglah waktunya untuk membelinya.

Ketiga, posisikan generator sehingga knalpot keluar dari struktur. Setiap sedikit membantu menjauhkan gas berbahaya seperti karbon monoksida dari ruang hidup Anda.

Pasang Peralatan Langsung ke Generator

Memasang perangkat langsung ke generator adalah cara paling sederhana untuk menggunakan generator, dan jika pemadaman listrik sedang berlangsung dan Anda belum dipersiapkan sebelumnya untuk menggunakan generator, itu adalah satu-satunya cara yang aman untuk menggunakannya.

Memang tidak nyaman dibandingkan dengan metode lain, tetapi jika Anda belum menghubungkan rumah Anda terlebih dahulu untuk menggunakan daya generator, maka Anda dibiarkan menjalankan kabel ekstensi 20A pengukur besar yang tepat, atau bahkan kabel ekstensi 30A yang dirancang khusus untuk digunakan dengan generator, untuk memberi daya pada area utama rumah Anda untuk menyalakan hal-hal penting.

Anda dapat menjalankan kabel melalui jendela yang retak ke dapur, untuk misalnya, agar lemari es dan freezer Anda tetap beroperasi dan memberi daya pada ponsel Anda. Ini bukan kehidupan off-grid yang mewah, tetapi ini akan menyelesaikan pekerjaan dengan aman.

Keuntungan dari metode ini adalah Anda dapat menerapkannya segera jika Anda memiliki generator dan kabel ekstensi yang sesuai. Tidak memerlukan pekerjaan listrik khusus atau biaya tambahan.

Kelemahannya adalah Anda tidak dapat menyalakan apa pun yang terhubung langsung ke panel listrik di rumah Anda seperti tungku, pompa sumur, pemanas air, dan peralatan dan perangkat serupa lainnya.

Gunakan Interlock Kit

Sebuah kit interlock adalah cara paling murah untuk mengumpan balik generator dengan aman ke rumah Anda. Ini harus dipasang terlebih dahulu oleh tukang listrik berlisensi dan sesuai dengan kode bangunan setempat.

Cara kerja interlock kit sangat mudah. Pemutus sirkuit baru ditambahkan ke panel pemutus di rumah Anda, ditempatkan di dekat bagian atas tumpukan oleh pemutus utama. Pemutus ini terhubung ke kabel pengukur besar yang menuju ke kotak saluran masuk daya di samping rumah Anda—kotak ini terlihat sangat mirip dengan port saluran masuk daya pada kendaraan rekreasi dan kapal besar.

Komponen “interlock” yang sebenarnya adalah pelat logam yang berfungsi sebagai saklar pengaman. Pelat ini dipasang pada permukaan logam kotak pemutus sirkuit Anda dan dirancang sedemikian rupa sehingga Anda tidak dapat mengaktifkan pemutus utama dan sakelar pemutus sirkuit generator secara bersamaan. Jika Anda membalik pemutus untuk umpan generator, pemutus utama dimatikan dan sebaliknya.

Dalam tangkapan layar di atas, menunjukkan kit interlock dari interlockkit.com yang diberi nama dengan tepat, Anda dapat melihat bagaimana ketika, dipasang dengan benar, tidak mungkin memilikinya baik pemutus utama dan pemutus generator khusus dihidupkan pada saat yang sama.

Komponen interlock harus dipilih secara khusus untuk kotak pemutus sirkuit yang Anda miliki karena ukuran pelat harus sesuai dengan ukuran dan posisi pemutus utama Anda dan pemutus khusus ke generator. Menggunakan interlock dengan ukuran yang tidak tepat mengalahkan tujuan penggunaan interlock.

Sisi baiknya, desain ini meniadakan risiko mengumpan balik listrik ke jaringan listrik dan menyediakan umpan yang sesuai dari generator ke rumah Anda sehingga Anda dapat memberi daya pada sirkuit individu dan menikmati pengalaman yang relatif normal selama pemadaman listrik. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk menggunakan perangkat bawaan seperti tungku dan pompa sumur. Nbsp

Sisi negatifnya, desain ini mengharuskan Anda mentransfer daya secara manual dan menyesuaikan sirkuit yang sesuai. Anda harus membuang sakelar interlock dan kemudian dengan hati-hati hanya menyalakan sirkuit yang Anda perlukan (dan yang dapat didukung oleh generator Anda). Jika Anda tidak mematikan semua sirkuit dan kemudian menyalakannya secara selektif, kemungkinan besar generator Anda akan kewalahan, karena orang biasanya tidak memiliki ukuran generator untuk memberi daya pada seluruh rumah mereka dengan kapasitas 100%. diperbolehkan di sebagian besar yurisdiksi, di beberapa area, mereka dianggap ilegal dan tidak memenuhi persyaratan kode bangunan untuk mencegah pengumpanan listrik. Jika Anda penasaran mengapa itu karena sakelar interlock terpasang pada pelat logam depan panel listrik. Jadi, jika Anda melepas pelat, Anda melepas fitur keselamatan, dan panel serta generator dapat beroperasi dengan tidak aman.

Menggunakan Sakelar Transfer

A, juga disebut panel transfer, adalah antarmuka generator yang lebih kompleks daripada kit interlock sederhana. Seperti kit interlock, itu harus dipasang oleh teknisi listrik berlisensi dan kode bangunan setempat.

Sakelar transfer adalah panel listrik sekunder yang dipasang di sebelah panel utama Anda. Bekerja dengan ahli listrik Anda, Anda memilih sirkuit yang Anda alihkan agar tetap aktif selama pemadaman listrik menggunakan daya generator. Sirkuit tersebut disambungkan ke sakelar transfer dan jika terjadi pemadaman listrik, Anda menggunakan sakelar transfer untuk mengontrol sistem daya alih-alih kotak pemutus utama. Sakelar transfer untuk aplikasi perumahan tersedia dalam dua jenis, manual dan otomatis. Dengan versi manual, yang akan Anda gunakan dengan generator portabel, Anda membalik pemutus di panel transfer untuk mengubah sirkuit yang ingin Anda gunakan dari daya saluran ke daya generator. Gambar di atas menunjukkan kit sakelar transfer manual merek Reliance (di sebelah kiri) dan seperti apa kit itu saat disambungkan ke panel utama di rumah Anda (di sebelah kanan). Sakelar transfer otomatis digunakan dengan generator siaga seluruh rumah yang dipasang secara permanen dan siap untuk pergi pada saat itu juga. Mereka mengotomatiskan proses dan mengalihkan sirkuit yang telah dipilih sebelumnya ke daya generator dalam hitungan detik setelah rumah Anda kehilangan daya. Sakelar transfer lebih mahal untuk dipasang karena memiliki lebih banyak komponen dan secara signifikan lebih banyak tenaga kerja yang diperlukan daripada saat memasang kit interlock sederhana. Namun, mereka lebih mudah dan lebih aman untuk dioperasikan. Selanjutnya, tidak seperti kit interlock, Anda seharusnya tidak memiliki masalah dengan kode bangunan lokal. Nbsp

Apa pun metode yang Anda gunakan, Anda harus selalu menggunakan kabel ekstensi dengan nilai yang sesuai dan melakukan pekerjaan kelistrikan di rumah Anda oleh teknisi listrik berlisensi.

Dan jika ini semua sepertinya banyak pekerjaan ketika yang Anda inginkan hanyalah mengisi daya ponsel dan laptop Anda saat listrik padam selama beberapa jam, pertimbangkan untuk melewatkan generator dan mendapatkan pembangkit listrik seperti Anker Powerhouse—model yang menggabungkan kapasitas tinggi baterai dengan pencahayaan darurat LED. Anda tidak dapat menjalankan lemari es dari pembangkit listrik, tetapi Anda dapat menjalankan dan mengisi daya perangkat dan elektronik kecil.

Disadur dari HowToGeek.com.