Bulan Ini Dalam Sejarah Teknologi: Oktober

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Kalender Oktober 2021 dengan latar belakang meja kayu.

Sejarah teknologi di bulan Oktober melihat awal era mobil pribadi, awal yang tidak disengaja dari video game, rilis pemutar MP3 klasik yang mengubah segalanya, dan bahkan definisi formal dari Internet. Baca terus untuk semua detailnya.

1 Oktober 1908: Ford Model T Mulai Dijual

Saat ini, sulit membayangkan dunia tanpa kendaraan pribadi. Namun, pada awal abad ke-20, kebanyakan orang masih berkeliling dengan berjalan kaki, kuda, perahu, kereta, atau kereta api. Dan meskipun pabrikan telah memproduksi mobil sejak tahun 1880-an, dan Ford sendiri telah membuatnya sejak tahun 1903, Ford Model T adalah mobil pribadi pertama yang terjangkau oleh kelas menengah Amerika.

Model T juga merupakan mobil massal pertama Ford -diproduksi di jalur perakitan yang bergerak, sebuah inovasi tersendiri. Namun, perusahaan tidak memasukkan proses produksi sampai tahun 1913. Setelah diimplementasikan, jalur perakitan mengurangi waktu produksi Model T dari lebih dari 12 jam menjadi hanya satu setengah jam, dengan Model T keluar dari jalur setiap tiga menit. Proses pembuatan jalur perakitan bergerak menjadi standar bagi sebagian besar industri mobil. Dengan lebih dari 15 juta mobil yang diproduksi antara tahun 1908 dan 1927, Model T meraih sukses komersial yang luar biasa. Ini juga menormalkan konsep kendaraan penggunaan pribadi untuk orang biasa. Itu adalah mobil yang paling banyak terjual dalam sejarah sampai tahun 1972, ketika Volkswagen Beetle buatan Jerman melampauinya. Pada tahun 1999 Model T memenangkan penghargaan Car of the Century oleh Global Automotive Elections Foundation.

1 Oktober 1982: Sony Merilis Pemutar CD Pertama

Media optik mungkin tampak seperti teknologi retro hari ini, tetapi di awal tahun 80-an, itu adalah hal yang mutakhir . Ketika Sony merilis pemutar CD pertama, Sony CDP-101, pada tahun 1982, tidak ada CD yang dapat diputar di dalamnya. Pada hari yang sama, album Billy Joel 52nd Street diterbitkan ulang dalam bentuk compact disc, menjadikannya album musik pertama yang dirilis secara komersial dalam format tersebut.

Peluncuran CDP-101 adalah rilis khusus Jepang karena mitra bisnis Barat mereka, Philips, tidak dapat’ t memenuhi tenggat waktu. Perusahaan Belanda meluncurkan Philips CD-100 hanya sebulan kemudian. Namun kedua produk tersebut tidak akan mencapai rak toko AS hingga awal 1983. Perangkat tersebut dijual dengan harga sekitar $1.000, dan pada awalnya, hanya sekitar 20 album yang tersedia untuk diputar di perangkat tersebut.

Adopsi teknologi baru pada awalnya lambat. Tetapi pada tahun 1988, penjualan CD melebihi penjualan piringan hitam, dan pada tahun 1991 telah melampaui penjualan kaset. Format CD akan tetap menjadi format teratas untuk konsumsi musik hingga tahun 2005 ketika iPod dan iTunes Music Store mencopotnya.

8 Oktober 1992: Apple Menyelesaikan Gugatan Kedua dengan ‘The Beatles’

Sepanjang sejarahnya, Apple telah terlibat dalam banyak tuntutan hukum profil tinggi. Salah satu musuh hukumnya yang lama adalah Apple Corps, perusahaan induk yang dibentuk oleh The Beatles. Pada tahun 1978 Apple Corps mengajukan gugatan terhadap perusahaan komputer untuk pelanggaran merek dagang. Perusahaan-perusahaan tersebut diselesaikan di luar pengadilan pada tahun 1981, dengan Apple Computer setuju untuk tidak memasuki bisnis musik, dan Apple Records (divisi musik Apple Corps) akan tetap berada di luar pasar komputer.

Namun, gencatan senjata itu tidak berlangsung lama. Pada tahun 1986, Apple Computer membangun MIDI (Musical Instrument Digital Interface) dan komponen perekaman audio ke dalam jajaran komputer Mac mereka. Menurut Apple Corps, ini melanggar perjanjian 1981 dan menggugat Apple Computer lagi pada 1989. Perusahaan-perusahaan tersebut menyelesaikan lagi di luar pengadilan pada Oktober 1991, dengan Apple Computer membayar Apple Corps 26,5 juta dolar dan berjanji tidak akan pernah menjual atau mendistribusikan media musik fisik. Perjanjian 1991 bertahan selama sisa abad ke-20. Namun, peluncuran iTunes Music Store mengubah segalanya pada tahun 2003. Apple Corps menuduh perusahaan komputer yang menjual musik digital itu melanggar kontrak. Kali ini pertempuran tidak akan diselesaikan di luar ruang sidang. Setelah tiga tahun, seorang hakim Inggris memutuskan bahwa Apple Computer tidak melanggar penyelesaian tahun 1991.

Baru pada tahun 2010 Apple Corps akan mengizinkan perpustakaan musik The Beatles dijual melalui iTunes Music Store.

12 Oktober 1988: Steve Jobs Memperkenalkan Komputer NeXT

Ketika Steve Jobs mengundurkan diri dari Apple pada tahun 1985, dia tidak membuang waktu sebelum mendirikan perusahaan komputer baru: NeXT. Dengan pendanaan dari calon presiden AS masa depan Ross Perot, Jobs memimpin pengembangan NeXT Computer, workstation kelas atas yang ditujukan untuk pasar pendidikan tinggi.

Dalam gaya khasnya, Jobs menjadikan peluncuran NeXT Computer sebagai acara multimedia. Namun, Pengenalan NeXT tidak hanya berfungsi sebagai landasan peluncuran untuk komputer baru, tetapi juga sebagai kemenangan masuk kembali ke panggung publik untuk Jobs. Dalam kata-katanya sendiri di proto-Stevenote, “Senang bisa kembali.”

NeXT Computer tidak pernah mencapai angka penjualan yang luar biasa seperti pencapaian puncak Ayub, Macintosh. Ini kemungkinan karena label harga astronomisnya $ 6.500 – setara dengan $ 14.000 pada tahun 2021. Tetapi itu memang melayani beberapa peran penting. Yang paling utama adalah mesin NeXT yang digunakan sebagai server web pertama di dunia di CERN.

Sayangnya, NeXT Computer tidak dapat mempertahankan perusahaan baru Jobs dalam bisnis perangkat keras. Perusahaan mengalihkan fokusnya ke perangkat lunak pada tahun 1993 dan mengembangkan sistem operasi NeXT untuk porting ke perangkat lunak pihak ketiga. Apple mengakuisisi NeXT empat tahun kemudian, melihat Jobs kembali ke perusahaan yang ia dirikan pada tahun 1976.

18 Oktober 1958: Video Game Pertama di Dunia

Ketika William Higinbotham merancang Tennis for Two, dia tidak tahu bahwa dia membuat video game pertama di dunia. Higinbotham bermaksud untuk menghibur para peserta pameran publik tahunan Laboratorium Nasional Brookhaven. Sebagian besar barang pameran adalah untuk instrumen ilmiah seperti penganalisis ketinggian pulsa dan penghitung elektronik. Higinbotham kemudian mengatakan bahwa dia ingin “menghidupkan tempat” dengan permainan untuk dimainkan orang-orang.

Higinbotham merancang permainan hanya dalam beberapa jam setelah mengetahui bahwa komputer analog Donner Model 30 laboratorium dapat mensimulasikan lintasan objek bersama dengan hambatan angin. Dia menghabiskan tiga minggu berikutnya dengan teknisi Robert V. Dvorak membangun komponen fisik game, yang terdiri dari osiloskop untuk tampilan dan dua pengontrol aluminium. Permainan ini terdiri dari garis horizontal sederhana yang mewakili lapangan tenis dengan garis vertikal di tengah untuk jaring. Bola akan didayung bolak-balik di antara para pemain, menggunakan tombol pengontrol untuk mengarahkan pukulan dan tombol untuk memukul bola.

Tennis untuk Dua adalah pukulan sukses di pameran, terutama pada hari yang ditentukan untuk siswa sekolah menengah. Antrean untuk memainkan video game pertama mencapai ratusan. Itu sangat populer sehingga laboratorium meningkatkan Tennis for Two untuk pameran tahun berikutnya. Permainan menerima layar yang lebih besar, dan simulasi yang menggabungkan gravitasi Bulan dan Jupiter ditambahkan.

Game tidak menerima penghargaan apa pun di luar pameran pada saat itu. Tidak sampai hampir 20 tahun kemudian pengacara menemukan dan menggunakannya sebagai pembelaan dalam gugatan paten video game. Pers seputar kasus ini menyebabkan pengakuannya sebagai video game pertama yang diproduksi semata-mata untuk tujuan hiburan.

23 Oktober 2001: iPod Dirilis

Apple jarang yang pertama memasarkan dengan teknologi baru. Apa yang dilakukan perusahaan dengan baik adalah mengembangkan teknologi yang ada menjadi bentuk yang mendominasi pasar. Seperti halnya dengan iPod. Pemutar MP3 telah menjadi bagian umum dari lanskap digital selama bertahun-tahun sebelum Apple mengumumkan iPod pada tahun 2001. Tetapi Steve Jobs menemukan kekurangan teknologi yang ada dan memerintahkan kepala tekniknya untuk mempekerjakan Tony Fadell, yang telah menawarkan pemutar MP3 yang ditingkatkan ke berbagai teknologi. perusahaan seperti Sony dan Philips.

Bekerja sebagai kontraktor independen, Fadell merekrut mantan rekan kerja dari perusahaan sebelumnya, General Magic dan Philips, untuk membantunya membuat iPod. Dalam delapan bulan, Fadell dan kru memiliki prototipe untuk ditunjukkan kepada Apple. iPod pertama memiliki kapasitas penyimpanan hard drive 5GB, layar LCD monokrom, dan roda kliknya dinaikkan dengan tombol fisik. Jauh dari tempat iPod berakhir pada tahun 2022 sebagai perangkat bergaya smartphone dengan penyimpanan hingga 256GB, layar multi-sentuh empat inci, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi seperti iPhone.

Ketika Steve Jobs mengumumkan iPod di acara Apple khusus pada bulan Oktober 2001, itu merevolusi cara dunia mengkonsumsi musik. Perusahaan menjual 125.000 unit pemutar MP3 pada akhir tahun. Butuh dua tahun bagi perusahaan untuk mengirimkan satu juta iPod. Tapi pertumbuhan eksponensial setelah itu. Pada tahun 2007 Apple menjual lebih dari 100 juta iPods.

Tentu saja, setelah pengenalan iPhone, penjualan iPod mulai berkurang karena orang tidak memerlukan pemutar MP3 terpisah dan smartphone. Namun demikian, saluran tersebut terus berlanjut sebagai iPod touch hingga 2022.

24 Oktober 1995: ‘Internet’ Didefinisikan

Pada masa awal internet, pemerintah Amerika Serikat harus menghadapi berbagai teknologi yang mengubah dunia yang bermunculan sekaligus. Beberapa lembaga federal, termasuk Departemen Pertahanan, Departemen Energi, National Science Foundation, dan NASA, secara informal membentuk Dewan Jaringan Federal sebagai forum untuk kolaborasi jaringan. Dan untuk membantu lembaga memenuhi tujuan penelitian, pendidikan, dan misi operasional mereka. Serta menjembatani Komite Sains dan Teknologi Nasional Dewan Komputasi, Informasi, dan Komunikasi (CCIC) secara resmi mencarter grup pada tanggal 20 September 1995. Dalam salah satu tindakan pertama mereka sebagai organisasi resmi, dewan dengan suara bulat mengeluarkan resolusi yang mendefinisikan istilah “Internet” untuk agen federal.

Menurut resolusi, “Internet” mengacu pada sistem informasi global yang:

(i) secara logis dihubungkan bersama oleh ruang alamat unik global berdasarkan Internet Protocol (IP) atau ekstensi berikutnya /follow-ons;(ii) dapat mendukung komunikasi menggunakan paket Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) atau ekstensi/follow-on berikutnya, dan/atau protokol lain yang kompatibel dengan IP; dan (iii) menyediakan, menggunakan atau membuat dapat diakses, baik secara publik atau pribadi, layanan tingkat tinggi yang berlapis pada komunikasi dan infrastruktur terkait yang dijelaskan di sini.”

Definisi internet adalah satu-satunya klaim ketenaran Dewan Jaringan Federal. Ketika piagam organisasi itu muncul untuk ditinjau pada tahun 1997, itu dibubarkan, dan tugasnya diserahkan kepada birokrasi pemerintah lainnya.

30 Oktober 1938: Orson Wells Menyiarkan Perang Dunia

Invasi alien telah menjadi pokok ilmu pengetahuan fiksi selama genre itu ada. Namun, tidak banyak penggemar sci-fi di akhir 1930-an seperti saat ini. Ketika Orson Wells menyiarkan adaptasi radionya dari novel klasik H.G. Wells, The War of the Worlds, masyarakat umum tidak tahu itu semua hanya pura-pura. sebuah drama radio, banyak pendengar akan melewatkannya karena mereka menonton The Mercury Theatre on the Air di jaringan lain.

Wells memformat adaptasi radio The War of the Words agar terdengar seolah-olah itu adalah siaran berita yang sebenarnya, menggambarkan invasi Mars dari kota kecil Grover’s Mill, New Jersey. Ada kepanikan massal ketika publik mendengar laporan keterlibatan militer dengan mesin perang raksasa Mars. Sejarawan memperdebatkan sejauh mana kepanikan itu. Namun, sudah cukup buruk bahwa CBS memerintahkan program dihentikan untuk meyakinkan pendengar bahwa itu adalah presentasi fiksi.

Itulah berita seputar Bulan Ini Dalam Sejarah Teknologi: Oktober, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.