Canva vs. Photoshop – Paket Pengeditan Gambar Mana yang Lebih Baik?

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Pernahkah Anda perlu membuat poster, presentasi, atau desain digital dan tidak yakin alat mana yang harus digunakan? Dengan begitu banyak aplikasi pengeditan grafis yang tersedia saat ini, memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dapat membuat stres, menegangkan, dan memakan waktu.

Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara Canva dan Photoshop, dua di antaranya aplikasi pengeditan grafis paling populer yang tersedia.

Apa Itu Canva?

Canva adalah platform desain grafis online gratis. Ini membantu pengguna membuat pamflet, kartu nama, presentasi, sampul buku, dan bahkan konten online seperti postingan Instagram dan Facebook. Anda dapat membuat proyek dari awal menggunakan alat dasarnya, atau Anda dapat memilih dari template Canva yang didesain secara profesional. Mari kita mulai dengan memeriksa kelebihan Canva.

Kekuatan Canva
Gratis salah satu manfaat menggunakan Canva untuk kebutuhan desain Anda adalah bebas digunakan. Anda tidak perlu membeli perangkat lunak atau membayar biaya berlangganan bulanan.
Tidak ada perangkat lunak untuk diunduh atau diinstal
Anda tidak perlu mengunduh aplikasi atau perangkat lunak khusus untuk mulai menggunakannya. Anda akan melakukan semua desain dan karya kreatif Anda di dalam platform. Yang perlu Anda lakukan adalah membuka situs web Canva dan membuka akun gratis.
Kemudahan penggunaan Canva sangat mudah digunakan dan tidak melibatkan instruksi tanpa akhir untuk memahami fitur dasar. Antarmuka drag-and-drop yang sederhana membuat desain menjadi cepat dan mudah. Ada juga 15 tutorial khusus yang akan memandu Anda jika memerlukan sedikit bantuan lagi. Anda tidak perlu menjadi spesialis desain grafis untuk membuat proyek yang terlihat profesional dengan Canva.
Templat khusus
Jika Anda bukan profesional desain grafis atau tidak punya waktu untuk memulai dari awal, Anda dapat memilih template yang sudah didesain. Canva memiliki ribuan pilihan. Cukup pilih template, dan dengan beberapa klik, Anda dapat menyesuaikannya sesuai keinginan. Menggunakan template adalah cara cerdas untuk menghemat waktu sekaligus memberikan tampilan profesional pada proyek Anda, bahkan jika Anda bukan seorang desainer.
Fungsi pengeditan foto
Dengan Canva, Anda dapat dengan mudah mengunggah foto dan menambahkannya ke proyek desain Anda. Foto Anda akan disimpan di awan Canva agar mudah digunakan berulang kali. Canva juga memiliki editor foto bawaan yang dapat Anda gunakan untuk memotong, mengubah ukuran, dan menyesuaikan gaya foto Anda dengan berbagai cara. Dengan menggunakan penggeser yang mudah digunakan, Anda dapat dengan cepat menyesuaikan kecerahan, kontras, dan saturasi warna.
Dapat digunakan di ponsel cerdas Anda
Karena Canva adalah platform desain digital, Canva kompatibel dengan Android dan iPhone. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuka situs web Canva di browser ponsel cerdas Anda dan Anda akan memiliki semua fitur dan alat yang sama tersedia untuk Anda seperti versi desktop.

Kelemahan Canva
Anda mendapatkan apa yang Anda bayar untuk
Canva versi gratis memang memiliki banyak pilihan dan cocok untuk sebagian besar kebutuhan desain dasar Anda. Namun, jika Anda mencari lebih banyak fungsi, Anda harus membeli “Canva Pro”. Versi berbayar ini memiliki lebih banyak fitur, seperti fungsi pengeditan foto yang lebih canggih dan penyimpanan cloud 1000 GB, tetapi masih sangat terbatas.
Ini tidak berbasis vektor
Meskipun Anda dapat membuat desain dari semua jenis, Canva tidak berbasis vektor. Oleh karena itu, Anda tidak akan dapat menskalakan produk jadi Anda ke ukuran di luar batasannya. Ini berarti jika Anda mendesain poster yang ingin Anda cetak secara profesional dengan ukuran yang jauh lebih besar daripada aslinya, kualitas dan resolusi gambar akan menurun.
Penggunaan templates
Canva yang berlebihan dapat digunakan oleh siapa saja. Jika Anda menginginkan desain yang unik, ini bisa menjadi masalah. Apa yang menurut Anda adalah desain yang unik mungkin telah digunakan oleh ribuan orang lain sebelum Anda.
Penggunaan elemen terbatas pada desain-wise
Saat mendesain, biasanya menggunakan elemen – garis, lingkaran, kotak, dan bingkai . Meskipun Canva memiliki ratusan pilihan, Anda hanya dapat mengubah ukurannya, mengubah warna, dan memutarnya. Jika Anda membutuhkan elemen unik, tidak ada cara untuk mengedit atau menyesuaikan elemen bawaan ini.
Masalah dengan perataan
Jika menyangkut perataan, Anda tidak akan memiliki banyak kendali. Anda dapat memindahkan teks dan gambar, tetapi Anda tidak akan dapat melakukannya dengan sangat akurat. Anda dapat menggunakan tombol panah, atau mouse atau trackpad Anda, untuk memindahkan berbagai hal dalam desain Anda. Namun, Canva menggunakan metode “snap to grid” yang tidak memberikan banyak kontrol kepada pengguna.

Apa itu Photoshop?

Photoshop adalah perangkat lunak pengeditan foto dan desain grafis. Telah ada selama beberapa dekade, ini diakui sebagai standar industri. Anda dapat membuat hampir semua jenis gambar dengannya, dari pamflet dasar hingga lukisan grafis yang sangat detail. Photoshop juga digunakan untuk mengedit dan memanipulasi foto.

Kelebihan Photoshop
Profesional dan mencakup semua kebutuhan desain Anda
Semua kebutuhan desain dan pengeditan foto dapat diselesaikan dengan Photoshop. Dari pengeditan foto yang sangat mendetail hingga mendesain apa saja, semuanya bisa dilakukan. Satu-satunya batasan adalah imajinasi Anda. Dengan Photoshop, Anda memiliki kontrol kreatif yang lengkap.
Hampir semua format gambar didukung
Anda dapat membuka dan melakukan pengeditan lanjutan ke hampir semua format file gambar. Photoshop bekerja dengan hampir semua format gambar. Jika tidak mendukung format, ada plug-in yang tersedia untuk mengimplementasikan kompatibilitas. Anda tidak akan pernah khawatir jika Photoshop dapat membuka file.
Perangkat lunak berbasis vektor
Ketika Anda siap untuk mencetak desain atau foto Anda, terutama pada ukuran besar, Anda tidak akan kehilangan kualitas atau resolusi gambar karena Photoshop adalah perangkat lunak berbasis vektor . Meskipun tidak sempurna, penskalaan foto biasanya tidak menjadi masalah. Tidak peduli berapa ukuran produk akhir Anda akan dicetak, Anda dapat yakin bahwa itu akan memiliki semua detail yang Anda masukkan ke dalam desain.
Sangat baik untuk mengedit foto
Ketika datang untuk retouching dan mengedit foto, ini adalah salah satu area keunggulan Photoshop Ini memiliki alat pengeditan built-in untuk menyesuaikan warna kulit, memutihkan gigi, menghilangkan mata merah, dan membuat penyesuaian latar belakang, untuk beberapa nama.
Juga sangat baik untuk mengedit video
Photoshop tidak hanya untuk mengedit foto. Anda juga dapat mengimpor video dan mengeditnya. Fitur editing video antara lain trimming atau snipping video, mengoreksi warna, menambahkan filter, dan menyempurnakan audio atau menambahkan musik.

Kelemahan Photoshop
Bukan free
Anda harus membeli Photoshop dengan membayar langganan, baik bulanan maupun tahunan. Ada beberapa paket berbeda yang tersedia, tetapi bahkan paket dasar bisa terbukti mahal mengingat Anda akan ditagih selama Anda ingin mengakses perangkat lunak. Tidak ada cara untuk membeli Photoshop secara langsung. Ini bisa terbukti cukup mahal, terutama jika Anda tidak mendapatkan penghasilan dari menggunakannya.
Ini tidak ramah pengguna
Aplikasi ini dirancang untuk para profesional, dan mempelajari seluk beluknya bisa memakan waktu lama. Dengan banyak alat, filter, dan fungsinya, Photoshop dapat dengan mudah membanjiri pengguna pemula. Bukan berarti sulit untuk dipelajari, tetapi memiliki begitu banyak fitur dan alat sehingga akan memakan waktu dan usaha untuk menggunakannya dengan mahir dan kurva pembelajarannya bisa lambat.
Anda akan membutuhkan banyak disk yang tersedia space
Photoshop akan memakan banyak ruang disk. Aplikasi ini akan memakan ruang sekitar 4 GB, tetapi untuk menjalankan aplikasi ini juga menggunakan ruang disk awal dan RAM. Jika disk Anda sudah hampir penuh, Anda bisa mengalami masalah dengan Photoshop yang berjalan dengan baik.
File yang disimpan bisa berukuran besar. Meskipun Photoshop adalah pilihan yang sangat baik untuk mengedit foto dan lukisan digital, ukuran file untuk gambar yang disimpan bisa sangat besar. Anda akan membutuhkan banyak ruang disk yang tersedia untuk menyimpan file Anda. Menyimpannya ke perangkat eksternal adalah sebuah opsi, tetapi disertai dengan biaya tambahan.
Tidak bagus untuk membuat logos
Ketika Photoshop membuat gambar, itu hanya serangkaian piksel. Oleh karena itu, ini bukan pilihan yang baik untuk pembuatan logo jika produk akhir akan cukup besar. Kualitas gambar dapat menurun saat penskalaan ke proporsi yang luar biasa besar.
Terutama digunakan sebagai program desktop
Photoshop Express adalah aplikasi gratis yang berjalan di Android atau iPhone Anda. Sayangnya, itu tidak memiliki fungsionalitas penuh dari versi desktop. Selain itu, mungkin sulit untuk mengedit gambar atau membuat perubahan yang sangat akurat karena ukuran layar ponsel cerdas Anda.

FAQ Tambahan
Apa saja aplikasi desain grafis gratis lainnya?

Ada banyak aplikasi desain grafis gratis. Mereka umumnya mudah dipelajari meskipun mereka agak terbatas dalam hal fitur. Jika Anda membuat konten dasar, berikut adalah daftar beberapa opsi paling populer:

• Visme

• Inkscape

• Gravit Designer

• DesignHill Studio

• GIMP

• DesignCap
Mana yang lebih baik? Canva atau Photoshop?

Jawaban untuk pertanyaan itu tergantung pada kebutuhan Anda. Untuk seseorang dengan sedikit pengetahuan tentang desain grafis, Canva akan menjadi pilihan yang tepat. Dengan antarmuka yang mudah digunakan, Anda dapat membuat desain yang luar biasa dan terlihat profesional dengan memanfaatkan fungsi drag-and-drop dan template yang sudah jadi. Untuk seseorang yang hanya ingin mendesain pamflet untuk pesta, atau mungkin posting Instagram, Canva sekali lagi adalah pilihan yang tepat. Gratis, mudah digunakan, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna biasa. Canva sangat cocok untuk situasi ini.

Photoshop lebih cocok untuk desainer grafis profesional, pengguna dengan kebutuhan yang sangat detail dan spesifik. Aplikasi ini memerlukan langganan bulanan, tetapi ini merupakan standar industri untuk desain grafis dan pengeditan foto tingkat lanjut.

Aplikasi Berbeda untuk Kebutuhan Berbeda

Anda sekarang memiliki semua informasi yang Anda perlukan untuk membuat keputusan terdidik tentang aplikasi mana yang terbaik untuk Anda. Keduanya adalah alat desain grafis yang mengesankan. Photoshop sangat bagus jika Anda perlu menghasilkan pekerjaan yang detail dan canggih. Canva menawarkan solusi desain grafis yang lebih mendasar. Jika kebutuhan Anda tidak terlalu detail atau rumit, Canva adalah pilihan yang baik. Tetapi Anda dapat tenang mengetahui bahwa apa pun tingkat keahlian desain grafis Anda, Anda dapat menyelesaikan proyek Anda menggunakan Photoshop atau Canva.

Apakah Anda pernah menggunakan Canva atau Photoshop? Kamu lebih suka yang mana? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.