Cara Aman Membersihkan TV atau Monitor Anda

Pasti ada cara yang salah untuk membersihkan layar TV atau monitor Anda. Kacau dan Anda akan melihat goresan, noda, atau lebih buruk untuk waktu yang lama. Lakukan dengan benar dan tampilan Anda akan berkilau seperti saat Anda membelinya.

Sebelum Anda mengambil kemoceng atau larutan pembersih, pastikan Anda membaca ini.

Pertama: Cari di Buku Panduan

Produsen TV atau monitor Anda kemungkinan memiliki serangkaian petunjuk pembersihan untuk jenis tampilan spesifik Anda. Ini berlaku untuk LG OLEDs, Samsung QLEDs, dan monitor layar sentuh Dell.

Meskipun panduan pabrikan ini sering kali keliru dalam hal kehati-hatian dan sangat sedikit merekomendasikan cara membersihkan produk, Anda mungkin juga menemukan beberapa saran khusus untuk tampilan khusus Anda dan jenisnya. lapisan yang digunakan di atasnya.

Beberapa produsen, seperti Dell, merekomendasikan 70-90% isopropil alkohol pada beberapa produk. Lainnya seperti LG merekomendasikan untuk tidak pernah melembabkan layar. Jika layar Anda masih dalam garansi, Anda mungkin ingin mengikuti petunjuk ini dengan hati-hati untuk menghindari masalah jika Anda harus mengajukan klaim di kemudian hari.

Hindari Bahan Kimia Pembersih yang Keras

Sejauh ini yang paling penting untuk diingat adalah menghindari bahan kimia pembersih yang keras, termasuk pembersih kaca seperti Windex, poles, dan bahkan isopropil alkohol kecuali Anda memiliki izin khusus dari pabrikan bahwa ini tidak akan merusak layar.

Produk pembersih semacam itu biasanya dibuat dengan amonia, alkohol, dan mengandung produk dan wewangian lain yang dapat merusak tampilan. Layar ini sering memiliki lapisan pelindung untuk melawan silau dan pantulan, atau lapisan oleophobic untuk mengusir minyak sidik jari dalam kasus layar sentuh.

Jika Anda sudah menggunakan sesuatu seperti ini tidak akan berdampak buruk, anggap diri Anda beruntung dan hindari menggunakannya lagi di masa depan. Banyak tampilan akan benar-benar rusak oleh aplikasi pembersih rumah tangga ini, meninggalkan goresan dan kekeruhan yang dapat membuat tampilan tidak berharga.

Air dan Kain Microfiber Adalah Teman Anda

Udara kaleng adalah cara yang bagus untuk menghilangkan debu dari permukaan layar tanpa menyebabkan kerusakan. Partikel debu, meskipun kecil, dapat menggores permukaan sensitif saat diberi tekanan. Dengan tidak menyentuh layar, Anda meminimalkan risiko menggaruk permukaan yang halus. Ini terutama berlaku untuk TV dan monitor kaca, seperti yang menggunakan teknologi OLED.

Udara kalengan kedua adalah kain mikrofiber berkualitas tinggi, idealnya kain dengan lekukan dalam untuk menangkap semua debu tanpa memindahkannya ke atas layar. Gunakan sentuhan paling ringan saat membersihkan untuk menghindari tekanan yang tidak semestinya pada layar. Anda mungkin perlu beralih ke kain serat mikro ketika udara kalengan tidak akan memotongnya.

Hindari produk pembersih berbasis kertas seperti tisu atau handuk dapur karena ini mengandung banyak serat kecil yang dapat menggores layar. Ini adalah saran yang bagus secara umum saat membersihkan benda reflektif, baik itu gadget plastik mengkilap atau kacamata baca.

Anda juga harus berhati-hati saat membersihkan kain serat mikro. Hindari mencucinya dengan pelembut kain atau pengering dengan lembaran pengering karena produk ini mengandung minyak dan lilin yang dapat berpindah ke permukaan yang ingin Anda bersihkan. Ini akan meninggalkan goresan yang tidak diinginkan pada layar Anda.

Terakhir, jika kain mikrofiber Anda memiliki tag, ketahuilah bahwa tag tersebut mungkin tidak terbuat dari bahan serat mikro yang sama dan dapat menyebabkan kerusakan pada layar Anda. Untuk ketenangan pikiran, gunting label apa pun dengan gunting sebelum menggunakan kain.

Gunakan Air Suling Jika Diperlukan

Ketika udara dan kain mikrofiber kering tidak memotongnya, Anda mungkin perlu beralih ke air suling. Meskipun air keran sering kali mengandung partikel dan mineral yang dapat menggores layar Anda, air suling atau air “murni” tidak.

Gunakan botol semprotan pompa untuk mengaburkan kain mikrofiber hingga lembap, lalu perbaiki kotoran membandel yang menempel pada Anda. layar. Ini kemungkinan hanya akan bekerja untuk bahan kering. Minyak dan tanda bergaris lainnya mungkin memerlukan pendekatan yang berbeda. LG adalah salah satu produsen layar yang melarang pelanggan melakukannya, meskipun perusahaan tidak mengakui bahwa kain mikrofiber kering seringkali tidak cukup untuk menghilangkan kotoran yang membandel. Anda harus menggunakan intuisi Anda saat ini. Kami telah menggunakan air suling dan kain mikrofiber untuk menghilangkan kotoran yang mengering dari panel kaca LG OLED tanpa efek buruk karena alternatifnya adalah layar yang sangat kotor.

Produk Pembersih Layar Ada jika Anda Membutuhkannya

Beberapa ahli merekomendasikan menggunakan sedikit cairan pencuci piring yang dilarutkan ke dalam air suling untuk menghilangkan noda berminyak dengan kain mikrofiber. Setelah Anda menyerang area yang efektif, kain mikrofiber bersih yang telah dibasahi dengan air suling akan menghilangkan residu yang tersisa.

Jika Anda tidak nyaman melakukannya, ada solusi pembersihan khusus seperti AudioQuest CleanScreen yang menjanjikan untuk membersihkan permukaan layar dengan aman tanpa merusaknya. Selalu ada risiko kerusakan saat menggunakan produk apa pun, meskipun solusi yang dibuat khusus jauh lebih aman daripada pembersih rumah tangga dan air ledeng.

Jangan Lupakan Bagian Belakang Terlalu

Layar LCD menggunakan lampu latar LED yang dapat mengeluarkan sedikit panas, sementara Layar OLED juga menghasilkan panas sebagai produk sampingan dari reaksi kimia yang menerangi piksel individu. Plasma dan CRT juga terkenal menghasilkan panas, jadi membersihkan bagian belakang layar sama pentingnya dengan membersihkan bagian depan.

Pastikan Anda meluangkan waktu untuk mengeluarkan debu dari ventilasi menggunakan udara kaleng atau menggunakan kain serat mikro untuk menghilangkannya. bahan yang dapat menghambat pendinginan. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan penyedot debu atau sejenisnya karena listrik statis dapat menumpuk dan menyebabkan kerusakan pada komponen internal.

Bersihkan Hemat untuk Hasil Terbaik

Meskipun Anda harus berhati-hati untuk memastikan penumpukan debu di bagian belakang unit dijaga seminimal mungkin, Anda’ lebih baik bersihkan bagian depan layar sesedikit mungkin untuk menghindari kaca tergores atau lapisan panel yang aus.

Lihat panduan kami yang lain untuk mendisinfeksi gadget, menyegarkan AirPods, dan membersihkan laptop kotor Anda.

Itulah berita seputar Cara Aman Membersihkan TV atau Monitor Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.