Cara Bangun Dari Tidur di

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda beristirahat dari komputer dan kembali ke layar hitam, perangkat mungkin dalam mode tidur, menghemat energi. Namun, terkadang tidak peduli seberapa keras Anda mencoba, PC Anda tidak mau bangun.

Masalah dengan membangunkan komputer Anda dari tidur sayangnya tidak diketahui oleh pengguna Windows 11. Inilah yang dapat Anda coba untuk kembali ke file Anda ketika perangkat Anda tidak responsif.

Cara Membangunkan Windows 11

Mengalihkan komputer Anda ke mode tidur adalah pilihan yang bagus ketika Anda ingin menjauh dari perangkat Anda tetapi tidak ingin mematikannya. PC Anda akan menyimpan semua pekerjaan Anda, dan Anda dapat melanjutkan persis di mana Anda tinggalkan. Secara umum, Anda dapat membangunkan Windows 11 dengan cara berikut, tergantung pada perangkatnya:
Tekan tombol dayaTekan tombol apa saja pada keyboard AndaGerakkan mouse AndaKlik tombol mouse AndaBuka penutupnya (untuk laptop)
Mungkin ada banyak alasan mengapa komputer Anda telah memutuskan masih membutuhkan “hanya lima menit lagi” dari shuteye. Lihat perbaikan di bawah ini untuk memecahkan masalah umum. Sebelum menanganinya, pastikan desktop atau laptop Anda dicolokkan ke sumber listrik.

Periksa Mouse Anda

Jika Anda biasanya membangunkan komputer menggunakan mouse, pertimbangkan apakah masalahnya mungkin bukan pada komputer Anda sama sekali. Jika komputer Anda tidak bereaksi saat Anda mengklik atau menggerakkan mouse, coba hal-hal berikut:
Jika Anda memiliki mouse USB, cabut kabelnya, lalu sambungkan kembali dan coba bangunkan perangkat Anda.Untuk mouse nirkabel, periksa apakah baterainya mungkin mati saat komputer Anda tertidur. Isi ulang mouse Anda dan coba bangunkan Windows lagi.
Pikirkan Keyboard Anda

Seperti mouse, keyboard dapat menyebabkan masalah serupa. Jika komputer Anda tidak bereaksi terhadap tombol keyboard yang biasanya Anda tekan, salah satu dari dua hal yang mungkin dimainkan: koneksi USB yang hilang atau masalah izin. Coba cabut keyboard USB Anda lalu colokkan kembali untuk melihat apakah itu menyelesaikan masalah.

Jika ini adalah keyboard laptop eksternal, Anda mungkin perlu mengaktifkannya untuk membangunkan komputer Anda. Cobalah untuk membangunkan perangkat Anda dengan keyboard laptop Anda. Jika Anda berhasil, pastikan Anda mengaktifkan keyboard eksternal Anda, sehingga Anda tidak mengalami masalah ini di masa mendatang.
Buka Control Panel Anda dan cari “Device Manager.” Klik dua kali keyboard eksternal Anda di bawah kategori “Keyboard”. Beralih ke tab “Manajemen Daya” di jendela sembulan. Centang “Izinkan perangkat ini untuk membangunkan komputer” dan simpan perubahannya.
Reboot PC

Anda Jadi, Anda memeriksa mouse dan keyboard Anda, dan bukan mereka yang harus disalahkan. Dalam hal ini, hard reboot adalah solusi jangka pendek yang paling mudah ketika komputer Anda tidak mau bangun menggunakan metode biasa.
Tekan dan tahan tombol daya desktop atau laptop hingga Anda mendengar perangkat benar-benar mati.Tunggu a beberapa detik.Tekan tombol daya lagi.
Solusi ini tidak ideal karena Anda mungkin kehilangan beberapa pekerjaan yang belum disimpan dengan mematikan perangkat, tetapi saat-saat putus asa memerlukan tindakan putus asa.

Update Drivers

Driver yang ketinggalan zaman atau tidak kompatibel dapat mengganggu mouse atau keyboard Anda fungsi normal. Mereka juga dapat dengan mudah menyebabkan masalah dengan membangunkan komputer Anda. Jika Anda yakin ini masalahnya, coba perbarui driver Anda:
Buka Control Panel Anda dan kemudian “Device Manager.” Temukan komponen yang ingin Anda perbarui, seperti mouse atau keyboard. Klik kanan komponen dan pilih “Update Driver. ”Tekan “Cari secara otomatis untuk driver.” Instal pembaruan yang tersedia dan mulai ulang PC Anda.
Perbarui Windows

Anda Anda mungkin bukan satu-satunya yang berjuang untuk membangunkan komputer Anda, dan Windows mungkin telah merilis pembaruan yang memperbaiki masalah tersebut. Periksa apakah Anda menjalankan versi terbaru Windows 11:
Tekan tombol pencarian di bilah tugas. Ketik “Pembaruan Windows” di bilah pencarian. Buka “Pengaturan Pembaruan Windows.” Tekan “Periksa pembaruan” dan instal pembaruan apa pun yang tersedia. Restart PC Anda.
Ubah Pengaturan Anda

Jika masalah dengan membangunkan komputer Anda tetap ada, coba konfigurasikan pengaturan manajemen daya. Banyak pengguna menemukan bahwa tweak ini memecahkan masalah mereka.
Buka Panel Kontrol Anda dan temukan “Opsi Daya.” Klik “Ubah pengaturan paket” di sebelah paket yang Anda gunakan. Tekan “Ubah pengaturan daya lanjutan” di layar berikutnya. Cari opsi “PCI Express” di jendela sembulan. Di bawah “PCI Express,” buka “Link State Power Management” dan matikan di menu tarik-turun. Simpan perubahan.
Jika ini tidak menyelesaikan masalah, matikan mode tidur sampai Anda menemukan perbaikan akan menghindarkan Anda dari sakit kepala. Nonaktifkan mode tidur dengan cara berikut:
Buka Control Panel Anda dan pilih “Power Options.” Tekan “Ubah pengaturan paket” di sebelah paket mana pun yang Anda gunakan. Pilih “Never” di sebelah “Put the computer to sleep.”
Rise dan Shine

Jika PC Anda tidak mendengarkan bujukan lembut Anda bahwa sudah waktunya untuk bangun, coba perbaikan yang diuraikan di atas. Pertama, periksa apakah masalahnya tidak terkait dengan mouse atau keyboard eksternal Anda, lalu lakukan hard reboot jika perlu. Setelah komputer Anda aktif, coba konfigurasikan pengaturan.

Manakah dari perbaikan ini yang berhasil untuk PC Anda? Apakah Anda akan terus menggunakan mode tidur? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.