Cara Berbagi File Dari Mac ke Android

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Device Links
AndroidMacDevice Missing?
Menggunakan Mac dan Android secara bersamaan memang menyenangkan hingga Anda perlu melakukan sesuatu seperti memindahkan file di antara keduanya. Untungnya, beberapa metode tersedia untuk berbagi file antara dua sistem operasi. Teknik termasuk aplikasi FTP Google, Bluetooth, dan banyak aplikasi pihak ketiga.

Baca terus untuk mempelajari beberapa opsi Anda saat mentransfer file dari Mac ke Android dan sebaliknya.

Cara Berbagi File Dari Mac ke Ponsel Android

Opsi berikut dapat digunakan untuk mentransfer file di kedua arah.

Android File Transfer

Opsi transfer file Mac ke Android pertama yang akan kita lihat adalah aplikasi Google Android File Transfer. Mac Anda harus memiliki OS X 10.5 dan yang lebih baru untuk menggunakannya. Untuk mentransfer file Mac Anda ke Android, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Unduh dan instal Android File Transfer ke Mac Anda. Luncurkan Android File Transfer. Ini akan terbuka secara otomatis setiap kali Anda menghubungkan ponsel Anda lagi. Buka kunci perangkat Android Anda dan hubungkan ke Mac Anda menggunakan kabel USB. Tekan notifikasi “Mengisi perangkat ini melalui USB” di ponsel Anda. Di bawah “Gunakan USB untuk” pilih “Transfer File .”Jendela transfer file akan muncul di Mac Anda. Gunakan untuk memindahkan file Anda. Setelah selesai, lepaskan kabel USB.
Bluetooth

Bluetooth adalah opsi yang berguna untuk mentransfer file secara nirkabel antara Mac dan Android.
Menyiapkan Pairing
Pertama, Anda harus memasangkan Mac ke perangkat Android Anda, yang hanya perlu dilakukan sekali karena mereka akan tetap berpasangan sampai Anda melepasnya. Ikuti langkah-langkah ini untuk memasangkan perangkat Mac dan Android Anda:
Di Mac Anda, buka bilah menu atau “Sistem,” “Preferensi,” lalu “Bluetooth” untuk mengaktifkan Bluetooth. Juga, aktifkan di perangkat Android Anda di “Pengaturan” lalu “Bluetooth.” Di Mac Anda, buka “System Preferences” lalu “Sharing,” aktifkan opsi “Bluetooth Sharing”. Di sini Anda dapat memilih lokasi untuk file yang diterima dan apa yang harus dilakukan dengan permintaan transfer file yang masuk. Pada perangkat Android Anda, pilih Mac Anda dengan masuk ke “Pengaturan” lalu “Bluetooth,” dan kode sandi akan muncul di kedua layar. Kode sandi harus cocok. Untuk menyelesaikan pemasangan, klik “Sambungkan” di Mac Anda.Kirim File Dari Mac ke Android
Metode berbagi file menggunakan Bluetooth di Mac Anda sedikit berbeda. Meskipun macOS memiliki menu berbagi yang mirip dengan Android, Bluetooth bukanlah opsi dalam daftar metode transfer yang tersedia. Untungnya, “Bluetooth File Exchange,” aplikasi bawaan, dapat menyelesaikan pekerjaan. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengirim file dari Mac ke perangkat Android Anda:
Arahkan ke “Applications” lalu “Utilities” untuk membuka aplikasi “Bluetooth File Exchange”. Temukan dan klik file yang ingin Anda kirim, lalu klik “Send.” Klik pada perangkat Android pasangan Anda yang ingin Anda kirimi, lalu klik “Kirim” lagi. Ketuk “Terima” pada perangkat Android Anda untuk menerima transfer masuk.
File yang Anda terima di Android akan tersedia di bawah aplikasi file default yang relevan atau folder terkait lainnya. Misalnya, file gambar yang dikirim dari Mac akan muncul di aplikasi Foto di perangkat Android Anda.

Cara Berbagi File Dari Android ke Mac

Bluetooth

Opsi transfer file pertama yang akan kita lihat adalah Bluetooth. Setelah Anda memasangkan perangkat Android dan Mac, Anda dapat menggunakan Bluetooth untuk mentransfer file di antara keduanya. Gunakan langkah-langkah “Set Up Pairing” di bagian atas, lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengirim file dari perangkat Android Anda ke Mac:
Pastikan Bluetooth diaktifkan di perangkat Android dan Mac Anda. Di perangkat Android Anda, temukan dan ketuk file Anda ingin mengirim ke Mac Anda. Pilih ikon bagikan. Ketuk “Bluetooth” sebagai metode transfer, lalu pilih Mac Anda. Saat diminta di Mac Anda, terima transfer.
File yang diterima di Mac Anda akan pergi ke lokasi yang Anda sebutkan di “Preferensi Sistem,” “Berbagi,” lalu “Berbagi Bluetooth.” Atau di folder default “Unduhan.” Untuk mengirim file dari Mac ke Android menggunakan metode ini, lihat bagian “Cara Berbagi File Dari Mac ke Ponsel Android” di atas.

File Transfer Protocol

File Transfer Protocol (FTP) adalah protokol komunikasi standar yang digunakan untuk mengunduh, mengunggah, dan mentransfer file dari satu lokasi ke lokasi lain. Ini dapat digunakan untuk mentransfer antar sistem komputer atau melalui internet.

Pertama, untuk berbagi file antara Android dan macOS, Anda memerlukan klien FTP di Mac Anda. FileZilla adalah salah satu yang terbaik dan paling populer digunakan. Ada banyak alternatif, tetapi kami akan menggunakan FileZilla untuk mendemonstrasikannya. Pada perangkat Android Anda, Anda harus mengunduh dan menginstal file explorer seperti Solid File Explorer untuk membuat server FTP.

Setelah FileZilla dan Solid File Explorer atau aplikasi serupa diinstal, berikut adalah langkah-langkah untuk mentransfer file Anda dari Android ke Mac :
Di Android Anda, buka Solid File Explorer, tekan ikon hamburger, lalu pilih “Server FTP.” Ketuk ikon menu tiga titik di sudut kanan atas. Kemudian putuskan apakah akan mengaktifkan atau menonaktifkan akses anonim. Terserah Anda opsi mana yang Anda pilih; namun, menonaktifkan akses anonim akan memastikan tidak ada orang lain yang dapat terhubung ke Android Anda. Sekarang tekan “Setel Pengguna”, lalu buat nama pengguna dan kata sandi untuk mengakses file Anda. Selanjutnya, ketuk “Mulai” untuk memulai server FTP. Di Mac Anda, buka FileZilla.Masukkan alamat IP yang ditampilkan pada perangkat Android Anda di aplikasi Solid File Explorer dan nama pengguna dan kata sandi yang Anda buat di bidang nama host. Di “bidang Port”, masukkan nomor port. Nomor port adalah nomor setelah alamat IP di aplikasi SFE. Sekarang klik tombol “Quickconnect”. Anda dapat memilih untuk menyimpan kata sandi jika diinginkan. Sekarang Anda akan melihat file Android Anda di area “Remote Site” FileZilla. Seret file yang ingin Anda bagikan ke Mac Anda (Situs Lokal) atau sebaliknya.
Buka MTP – Solusi Plug-and-Play

Untuk metode yang sedikit lebih mudah untuk mentransfer file Android Anda ke Mac atau sebaliknya, pertimbangkan untuk menggunakan plug- dan-mainkan solusi OpenMTP. OpenMTP adalah contoh lain dari aplikasi transfer file Android. Ini open-source dan sepenuhnya gratis untuk digunakan, yang berarti Anda memiliki opsi untuk melihat kode sumber jika tertarik.

Untuk memulai, Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal OpenMTP di Mac Anda, lalu ikuti langkah-langkah berikut:
Open aplikasi dan hubungkan ponsel Android Anda ke Mac menggunakan kabel USB. Aplikasi akan menampilkan file Mac Anda di panel kiri, dan di sebelah kanan, perangkat Android Anda yang terhubung. Anda cukup menarik dan melepas file antara Mac dan Android Anda ke transfer them.
AirDroid

AirDroid adalah contoh transfer file lain dengan beberapa fitur tambahan yang mungkin menarik bagi Anda. Dengan AirDroid, Anda akan memiliki kemampuan untuk mengontrol perangkat Android Anda menggunakan Mac Anda, menerima pemberitahuan, dan banyak lagi. Setelah AirDroid terinstal di ponsel Anda, ikuti langkah-langkah ini untuk mentransfer file antara perangkat Android Anda dan Mac:
Di ponsel Anda, masuk ke AirDroid. Ketuk “AirDroid Web,” lalu “Pindai Kode QR.” Selanjutnya, di Mac Anda, luncurkan Aplikasi web AirDroid. Kode QR akan ditampilkan di situs web. Pindai dengan ponsel cerdas Anda, lalu tekan “Masuk” saat diminta di ponsel Anda. Perangkat Android Anda sekarang terhubung dengan Mac sehingga Anda dapat berbagi file di antara kedua perangkat. Dan ketika ponsel cerdas dan Mac Anda berada di jaringan Wi-Fi yang sama, data Anda tidak akan dikirim melalui internet, yang merupakan keamanan yang sangat baik plus.
FAQ
Bisakah saya AirDrop dari Mac ke Android?

Sayangnya, Anda tidak dapat menggunakan AirDrop untuk mentransfer file dari perangkat Apple ke Android atau sebaliknya.

Mac to Android File Transfer Complete

macOS dan Android adalah dua sistem operasi terbaik. Ketika berbicara tentang berbagi file di OS yang sama, file ditransfer dengan mudah. Namun, berbagi file antara kedua sistem operasi ini tidak semudah itu. Untungnya, pengembang Apple dan Android telah memikirkan mereka yang senang menggunakan perangkat di dunia OS yang berbeda dan mungkin ingin berbagi file di antara mereka. Beberapa metode tersedia untuk mentransfer file Anda dari Mac ke Android dan sebaliknya. Metode termasuk Bluetooth, FTP, dan aplikasi pihak ketiga.

Sistem operasi mana yang Anda sukai, macOS atau Android? Bagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah.