Cara Bergabung dalam Rapat di WebEx dari PC atau Perangkat Seluler

Tautan Perangkat
AndroidiPhonePerangkat Hilang?
Jika ada sesuatu yang baik untuk keluar dari tahun 2020, konferensi video mungkin itu. Sejak tahun penutupan global, pertemuan online telah mengguncang dunia – dan itu tidak mengherankan.

Fitur teknologi praktis ini menghemat banyak waktu dan uang yang dihabiskan banyak orang untuk bepergian. Tidak hanya itu, konferensi video juga dikatakan meningkatkan produktivitas dan komunikasi secara keseluruhan untuk pekerja.

WebEx adalah salah satu contoh aplikasi konferensi video yang biasa digunakan oleh bisnis. Pengguna dapat bergabung ke rapat menggunakan aplikasi desktop atau seluler, membuatnya sangat fleksibel, tetapi tidak mengetahui cara bergabung ke rapat dapat menjadi ketidaknyamanan besar.

Artikel ini akan membawa Anda pada panduan langkah demi langkah tentang cara bergabung ke rapat di WebEx.

Cara Bergabung dalam Rapat di WebEx Aplikasi iPhone

Jika Anda salah satu dari miliaran pengguna iPhone di dunia, Anda akan senang mendengar bahwa Anda dapat bergabung ke rapat WebEx langsung dari perangkat seluler Anda. Ini sangat berguna jika Anda sering bepergian tetapi tidak ingin melewatkan rapat kerja.

Berikut cara melakukannya:
Unduh aplikasi WebEx dari Apple App Store.

Setelah Anda masuk, geser ke kiri ke akses “Rapat Saya.” Ketuk “Gabung ke Rapat.” Sekarang Anda harus mengetikkan salah satu dari yang berikut: nomor rapat, nama pengguna penyelenggara, atau URL ruang pribadi. Biasanya, Anda akan menerima email sebelum ini yang berisi informasi ini. Tekan “Bergabung.”
Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi WebEx, jangan takut. Masih mungkin untuk bergabung dengan rapat. Cukup ikuti langkah-langkah berikut:
Buka undangan email ke rapat WebEx. Ketuk “Bergabung ke Rapat.” Anda akan secara otomatis diarahkan ke aplikasi WebEx. Namun, Anda dapat memilih untuk mengakses rapat melalui browser Anda. Pilih “Gabung” untuk mengakses rapat. Setelah Anda berada dalam rapat, Anda dapat memilih apakah akan menampilkan atau menyembunyikan video Anda. Anda juga dapat memutuskan apakah Anda ingin membisukan audio Anda. Ketika Anda telah menyesuaikan pengaturan Anda, ketuk “Gabung Rapat.”
Cara Bergabung dalam Rapat di WebEx pada Perangkat Android

Anda dapat bergabung dalam rapat WebEx melalui Android dengan mengunduh aplikasi untuk Android. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Unduh WebEx untuk perangkat Android Anda dari Google Play Store (atau toko aplikasi pilihan Anda). Dengan menggunakan kredensial WebEx Anda, masuk ke akun Anda. Gesek ke kiri untuk mengakses halaman “Rapat Saya”. Ketuk opsi “Bergabung” di sebelah rapat Anda. Sekarang Anda harus memasukkan nomor rapat, URL ruang pribadi, atau nama pengguna penyelenggara untuk mengakses rapat. Anda dapat menemukan informasi ini dalam email yang dikirimkan kepada Anda terkait rapat.
Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi, Anda dapat bergabung ke rapat WebEx melalui browser Android Anda.
Dari aplikasi email Anda, buka undangan email untuk bergabung rapat WebEx. Ketuk di mana tertulis “Gabung Rapat.” Pilih opsi browser. Anda kemudian akan diarahkan ke WebEx di browser Anda. Pada titik ini, Anda akan diminta untuk menyesuaikan pengaturan Anda. Di sini, Anda dapat memilih apakah Anda ingin video dan audio Anda diaktifkan selama rapat. Saat Anda siap, ketuk “Gabung ke Rapat.”
Cara Bergabung ke Rapat di WebEx di PC

Salah satu cara mengakses rapat WebEx di PC Anda adalah untuk mengunduh aplikasi. Untuk melakukan ini, Anda harus menuju ke situs WebEx dan pilih “Unduh” di sudut kanan atas. Setelah pengunduhan selesai, ikuti langkah-langkah berikut untuk mendapatkan akses ke rapat:
Buka undangan email ke rapat WebEx dan klik “Gabung”. Jika Anda belum mengunduh aplikasi, WebEx akan otomatis meminta Anda untuk melakukannya.Ikuti petunjuk di layar dan masukkan alamat email Anda dan informasi lain yang diminta. Sebelum bergabung secara resmi ke rapat, Anda dapat mengontrol apakah video dan audio Anda diaktifkan. Either way, Anda akan dapat melihat dan mendengar segala sesuatu yang terjadi dalam rapat. Ketika Anda puas dengan pengaturan Anda, klik “Bergabung Rapat.” Anda akan secara otomatis dibawa ke rapat.
Di sisi lain, jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi, Anda juga dapat mengakses WebEx langsung dari browser web Anda. Untuk melakukan ini, inilah yang harus Anda lakukan:
Di aplikasi email, buka undangan WebEx Anda dan pilih “Gabung.” Ketika opsi untuk menginstal aplikasi muncul, klik “Gabung dari Browser Anda”. Ini akan membawa Anda ke versi browser web WebEx. Dari sini, Anda akan diberikan opsi untuk mengonfigurasi pengaturan audio atau video Anda sebelum bergabung ke rapat secara resmi. Setelah ini selesai dan Anda siap, pilih “Gabung ke Rapat.”
Bagaimana Anda Mengajukan Pertanyaan di WebEx Tanpa Mengaktifkan Video atau Audio?

Untuk mengajukan pertanyaan tanpa mengaktifkan video dan audio, Anda harus mengakses panel T&J. Jika fitur ini tidak diaktifkan, berikut cara melakukannya:

Dari komputer Windows:
Di WebEx, buka “Rapat.” Selanjutnya, pilih “Opsi,” lalu “Umum.” Centang kotak di sebelah tulisan “ T&J.”
Di Mac:
Dari aplikasi WebEx Anda, pilih “WebEx Meetings.”Pilih “Preferences.”Klik “Tools.” Centang kotak di samping “T&A.”
Setelah mengaktifkan fitur ini, Anda dapat mengajukan pertanyaan dalam rapat dengan memilih panel Tanya Jawab. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Saat mengklik panel Tanya Jawab, pilih peserta untuk mengarahkan pertanyaan Anda. Di kotak pesan yang muncul, ketik pesan Anda (ingat bahwa ada batas 512 karakter). Setelah menulis pesan Anda, Anda dapat memilih apakah Anda ingin pesan Anda dikirim secara publik atau pribadi.
Tanya Jawab Tambahan
Apakah Saya Perlu Akun WebEx untuk Bergabung dalam Rapat?

Tidak, akun WebEx tidak diperlukan untuk bergabung dalam rapat. Namun, pengguna harus memiliki undangan email untuk bergabung. Email biasanya berisi semua informasi yang diperlukan untuk bergabung ke rapat dengan sukses.
Berapa Banyak Peserta yang Dapat Bergabung ke Rapat WebEx?

Jumlah peserta yang dapat bergabung ke rapat WebEx tergantung pada jenis akun WebEx yang digunakan tuan rumah, bagaimana peserta memutuskan untuk bergabung , dan bagaimana rapat dijadwalkan.

Jika penyelenggara memiliki akun gratis, maka maksimal 25 peserta dapat bergabung dalam rapat. Namun, jika mereka menggunakan versi WebEx berbayar, seperti WebEx Calling, hingga 100 peserta dapat hadir. Selain itu, jika penyelenggara menggunakan akun Rapat berbayar, mereka dapat menampung hingga 200 orang dalam satu rapat.

Jangan Pernah Ketinggalan Rapat

Semakin banyak bisnis dan organisasi menerima kebutuhan akan rapat virtual, penggunaan aplikasi konferensi video yang andal telah meroket.

Jika Anda mengetahui satu atau dua hal tentang aplikasi konferensi online, maka Anda akan tahu bahwa WebEx adalah salah satu opsi paling populer di luar sana. Aplikasi ini menawarkan video dan audio berkualitas tinggi dan mudah diakses dari berbagai perangkat, membuatnya nyaman untuk semua pengguna.

Sudahkah Anda mencoba bergabung ke rapat di WebEx? Jika demikian, dari perangkat mana Anda bergabung? Bagaimana Anda menemukan prosesnya? Beri tahu kami pendapat Anda di komentar di bawah.