Cara Bergabung dengan Program Windows Insider dan Menguji Fitur Baru

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Microsoft menggunakan program “Windows Insider” untuk menguji fitur Windows baru. Anggap saja sebagai program beta Windows. Misalnya, penguji dapat menggunakan program untuk menggunakan Windows 11 22H2 sebelum rilis resmi dan stabilnya.

Baca Peringatan Ini Terlebih Dahulu

Jika Anda memiliki PC Windows 10 atau Windows 11, Anda dapat ikut serta dalam program Windows Insider untuk mendapatkan build pratinjau. Ini tidak permanen — Anda bebas untuk memilih keluar kapan pun Anda mau. Ini ditujukan untuk orang-orang yang tidak keberatan mengalami dan melaporkan bugs.

Dengan segala bentuk software beta, Anda memilih untuk menerima software baru sebelum orang lain. Software ini kemungkinan akan bermasalah dan tidak lengkap, jadi perhatikan apa yang Anda daftarkan. Microsoft tidak menyarankan untuk menggunakan perangkat lunak ini di PC utama Anda — ini ideal untuk PC yang hanya ingin Anda coba atau uji. ingin berhenti mendapatkan build pratinjau dan kembali ke build Windows 10 atau Windows 11 yang stabil di masa mendatang.

Catatan: Aplikasi Pengaturan mendapat perombakan besar-besaran di Windows 11 dan terlihat cukup berbeda dari aplikasi Pengaturan Windows 10. Jika beberapa tangkapan layar terlihat sedikit berbeda dari yang Anda lihat, jangan terlalu khawatir — dasarnya sama. Cara Bergabung dengan Program Windows Insider

Menjadi bagian dari program orang dalam mengharuskan Anda masuk ke PC dengan Akun Microsoft, bukan akun pengguna lokal. Akun Microsoft tersebut juga harus menjadi bagian dari program Windows Insider.

Pertama, pastikan Anda masuk ke PC dengan akun Microsoft. Jika tidak, Anda dapat mengunjungi Pengaturan > Akun > Info Anda dan menggunakan opsi di sini untuk mengonversi akun pengguna lokal Anda menjadi akun Microsoft.

Kunjungi halaman web Program Windows Insider di browser web Anda dan masuk dengan akun Microsoft Anda. Klik “Daftar” untuk bergabung dengan program dari halaman web — ya, gratis. Ini mendaftarkan akun Microsoft Anda sebagai bagian dari program Insider, memungkinkan Anda untuk menerima build orang dalam — jika Anda memilih untuk mengaktifkannya di PC.

Catatan: Anda harus mengklik beberapa halaman syarat dan ketentuan sebelum Anda benar-benar terdaftar.

Setelah selesai, Anda dapat membuka aplikasi Pengaturan pada PC Windows 10 yang Anda masuki dengan akun Microsoft Anda, buka Pembaruan & Keamanan > Program Windows Insider. Pada PC Windows 11, buka aplikasi Pengaturan, lalu navigasikan ke Pembaruan Windows > Program Orang Dalam Windows.

Klik atau ketuk “Memulai” untuk memulai. Anda akan diminta untuk masuk dengan akun Microsoft yang telah bergabung dengan program di web.

Jika ada sesuatu yang menghalangi Anda untuk bergabung dengan program Orang Dalam, Anda akan diberi tahu tentang masalah tersebut. Aplikasi Pengaturan akan membantu Anda mengubah pengaturan yang diperlukan. Terkadang masalahnya mungkin terkait dengan perangkat keras Anda, terutama jika Anda mencoba build.

Windows 11. Di lain waktu, masalahnya lebih mudah diperbaiki. Misalnya, menonaktifkan telemetri opsional di Windows 11 akan mencegah Anda ikut serta dalam Program Orang Dalam Windows.

Pilih Saluran Pembaruan

Saat bergabung dengan Program Orang Dalam, Anda akan ditawari beberapa saluran berbeda. Microsoft memberikan deskripsi tentang mereka. Saluran Dev adalah saluran yang paling tidak stabil, saluran Beta telah menerima lebih banyak pengujian, dan saluran Pratinjau Rilis akan segera mendapatkan pembaruan sebelum menjadi stabil.

Jika Anda tidak yakin yang mana yang Anda inginkan, mulailah dengan saluran Pratinjau Rilis. Ini adalah yang terbaik untuk penggunaan sehari-hari, dan Anda selalu dapat memilih saluran Beta atau Dev nanti.

Pada Agustus 2022, saluran Dev memiliki fitur eksperimental terbaru untuk Windows 11 (terutama widget Game Pass) , saluran beta telah menguji versi dan fitur Windows 11 dengan lebih ketat, dan saluran Pratinjau Rilis memiliki versi baru untuk Windows 10 22H2, dan versi baru untuk Windows 11.

Setelah Anda memilih saluran, PC Anda akan mendapatkan pembaruan untuk saluran itu melalui Pembaruan Windows.

Stop Mendapatkan Builds Insider

Untuk berhenti mendapatkan build Insider, cukup kembali ke halaman Settings > Update & Security > Windows Insider Program. Pilih “Stop Insider Builds” untuk mengeluarkan PC Anda dari Insider track.

TERKAIT:Cara Beralih Dari Insider ke Build Stabil Windows 11

Anda sebenarnya tidak harus meninggalkan program insider dengan akun Microsoft Anda. Windows hanya akan menginstal build orang dalam di PC tempat Anda mengaktifkannya secara khusus, tidak setiap PC yang Anda masuki dengan akun tersebut.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin harus menginstal ulang Windows 10 atau Windows 11 sepenuhnya di PC setelah keluar dari build Insider. Di tempat lain, Anda mungkin dapat memutar kembali ke Windows versi stabil terbaru. Aplikasi Pengaturan akan memberi Anda berbagai opsi untuk dipilih. Jika Anda menggunakan versi Saluran Rilis, Anda juga dapat memilih keluar dari pembaruan dan menunggu hingga versi yang Anda jalankan dirilis secara resmi.

TERKAIT:Cara melakukan Instalasi Bersih Windows 10 dengan Easy Way

Itulah berita seputar Cara Bergabung dengan Program Windows Insider dan Menguji Fitur Baru, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.