Cara Boot Ke Safe Mode di

Safe Mode di sistem operasi Windows 11 memungkinkan Anda untuk memecahkan masalah dan mempersempit kemungkinan penyebabnya. Namun, mengaksesnya tidak semudah yang dibayangkan, tetapi dimungkinkan untuk melakukannya dengan beberapa cara.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari cara mem-boot ke Safe Mode di Windows 11, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Artikel ini akan memberikan petunjuk langkah demi langkah yang terperinci sehingga Anda dapat mengambil langkah pertama untuk menyelesaikan masalah potensial.

Cara Boot Ke Safe Mode

Safe Mode “menghapus” sebagian besar hal yang dapat menyebabkan masalah dan crash dan membantu Anda memecahkan masalah. Ada banyak cara untuk boot ke Safe Mode. Yang mana yang akan Anda pilih bergantung pada preferensi Anda, tetapi juga pada apa yang tersedia untuk Anda. Misalnya, jika Anda terjebak di layar masuk, Anda tidak dapat benar-benar mengakses pengaturan untuk masuk ke Safe Mode.

Berikut adalah cara potensial untuk boot ke Safe Mode di Windows Anda 11.

Cara Boot Ke Safe Mode dari Pengaturan

Salah satu dari cara untuk boot ke Safe Mode adalah melalui pengaturan Anda. Ikuti petunjuk di bawah ini:
Luncurkan menu Start dan klik ikon roda gigi untuk membuka pengaturan. Anda juga dapat menggunakan pintasan “Windows + I”. Pilih “Sistem” dan buka “Pemulihan.” Di bawah “Opsi pemulihan,” tekan “Mulai ulang sekarang.” Saat Anda melihat layar “Pilih opsi”, pilih “Pemecahan masalah. ”Tekan “Advanced options” dan pilih “Startup Settings.” Pilih “Restart.” Setelah komputer restart, tekan “F4” atau “4” untuk boot ke “Safe Mode” standar. Jika Anda ingin boot ke mode aman dengan driver dan layanan jaringan, Anda harus menekan “F5” atau “5.” Untuk masuk ke “Safe Mode with Command Prompt,” pilih “F6” atau “6.”
Cara Boot Ke Safe Mode melalui Layar Masuk

Jika Anda tidak dapat mengakses pengaturan, tetapi Anda dapat mencapai layar masuk, jangan khawatir; Anda dapat pergi ke Safe Mode dari sana. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Tekan dan tahan tombol Shift. Pilih tombol Power dan pilih “Restart” sambil menahan tombol Shift. Pada layar “Choose an option”, tekan “Troubleshoot.” Buka “Advanced options.” Pilih “Pengaturan Startup.” Pilih “Mulai ulang.” Tekan “F4” atau “4” untuk mengaktifkan “Mode Aman” standar. Anda dapat menekan “F5” atau “5” jika Anda ingin mengakses “Safe Mode with Networking.” Dengan memilih “F6” atau “6,” Anda akan mengaktifkan “Safe Mode with Command Prompt.”
Cara Boot Ke Safe Mode dari Layar Hitam

Jika layar Anda hitam atau kosong, tidak mungkin Anda bisa boot ke Safe Mode menggunakan pengaturan . Untungnya, ada opsi yang bisa Anda manfaatkan. Sebelum masuk ke Safe Mode, Anda harus masuk ke Windows Recovery Environment (winRE).

Untuk melakukannya, Anda harus mematikan dan menghidupkan komputer berulang kali. Ikuti langkah-langkah berikut:
Tekan dan tahan tombol daya selama sekitar 10 detik untuk mematikan perangkat Anda.Tekan tombol daya lagi untuk menghidupkan perangkat. Segera setelah Anda melihat komputer telah mulai, tahan tombol daya lagi untuk mematikannya. Nyalakan perangkat Anda, dan matikan lagi ketika mulai. Tahan tombol daya untuk menghidupkan komputer Anda. Ini harus restart ke Perbaikan Otomatis. Pilih “Opsi lanjutan” untuk pergi ke winRE.
Setelah Anda berada di winRE, ikuti petunjuk ini untuk boot ke Safe Mode:
Tekan “Pemecahan Masalah.” Klik “Opsi lanjutan.” Tekan “Pengaturan Startup. ”Pilih “Restart” di pojok kanan bawah. Tekan “F4” atau “4” untuk masuk ke “Safe Mode” standar. Jika Anda ingin mengakses “Safe Mode with Networking”, pilih “F5” atau “5.” Atau, tekan “F6” atau “6” untuk masuk ke “Safe Mode with Command Prompt.”
Cara Boot Ke Safe Mode dari Start Menu

Cara lain untuk masuk ke Safe Mode di Windows 11 adalah melalui menu Start. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:
Tekan dan tahan tombol Shift, luncurkan menu Start, dan tekan tombol daya. Pilih “Restart.” Lepaskan tombol Shift dan pilih “Troubleshoot.” Buka “Opsi lanjutan” dan pilih “Pengaturan Startup.” Pilih “Restart.” Jika Anda ingin masuk ke “Safe Mode” standar, tekan “F4” atau “4.” Untuk pergi ke “Safe Mode with Networking,” pilih “F5” atau “5.” Dengan menekan “F6” atau “6,” Anda akan masuk ke “Safe Mode with Command Prompt.”
Cara Boot Ke Safe Mode dengan Command Prompt

Anda dapat memulai Windows 11 dalam Safe Mode dengan Command Prompt. Berikut cara melakukannya:
Luncurkan Start Menu dan masukkan “cmd” di bilah pencarian. Ketik perintah ini “shutdown.exe -r -o”. Windows sekarang akan reboot dan masuk ke mode pemulihan. Menu “Pilih opsi” akan muncul di layar Anda. Pilih “Troubleshoot.” Tekan “Advanced options.” Pilih “Startup Settings.” Klik “Restart.” Tekan “4” atau “F4” untuk memulai Windows 11 Anda dalam “Safe Mode” standar. Atau, Anda dapat menekan “5” atau “F5” untuk boot ke “Safe Mode with Networking,” atau “6” atau “F6” untuk masuk ke “Safe Mode with Command Prompt.”
Windows 11 Cara Boot Ke Safe Mode Menggunakan a Function Key

Cara lain untuk mem-boot Windows 11 Anda ke Safe Mode adalah menggunakan tombol fungsi. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Mulai dengan mematikan komputer Anda. Tekan dan tahan tombol daya setidaknya selama 10 detik. Dengan begitu, Anda akan mencegah “Fast Startup” (fitur yang mengurangi waktu booting). Tekan dan tahan tombol yang relevan. Sambil menahannya, tekan tombol daya lagi.
Catatan: Kunci yang relevan tidak sama untuk semua model komputer dan tergantung pada produsennya. Anda dapat menemukan kunci di situs web produsen atau di manual instruksi. Perlu diingat bahwa metode ini mungkin tidak bekerja untuk semua komputer. Dalam kasus seperti itu, gunakan salah satu metode yang telah kita bahas di atas.

FAQs
Bagaimana cara keluar dari mode aman?

Anda dapat kembali ke mode normal dengan menghidupkan ulang komputer Anda. Jika ini tidak berhasil, inilah yang perlu Anda lakukan:

1. Tekan “Windows + R.”

2. Ketik “msconfig” di dalam kotak dan klik “OK” atau tekan Enter.

3. Pilih “Boot.”

4. Hapus tanda centang pada kotak di samping “Safe boot.”

Muat Safe Mode

Jika Anda mengalami masalah dengan Windows 11, Safe Mode dapat membantu Anda menetapkan dan mengatasi penyebabnya. Mode pengaktifan diagnostik ini hanya memberi Anda akses dan fitur terbatas. Jika semuanya berfungsi normal dalam Safe Mode, masalahnya bukan pada pengaturan default dan driver perangkat dasar Anda.

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara mem-boot ke Safe Mode di Windows 11 dan bahwa Anda telah berhasil mengidentifikasi masalahnya.

Has boot ke Safe Mode telah membantu Anda dengan versi Windows sebelumnya? Seberapa sering Anda harus menggunakannya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.