Cara Instal PHP 8.x di Pop!_OS

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda ingin mengembangkan aplikasi web menggunakan PHP di Pop!_OS, Anda mungkin perlu menginstal beberapa versi PHP untuk tujuan pengujian atau kompatibilitas. Salah satu cara untuk menginstal beberapa versi PHP di Pop!_OS adalah dengan menggunakan Personal Package Archive (PPA). Pada hari penulisan tutorial ini, PHP 8.2 adalah versi terbaru yang tersedia.
Advertisement
Pada artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk menginstal versi PHP 8.2, PHP 8.1 atau PHP 8.0 di Pop!_OS menggunakan PPA.
Langkah-langkah untuk Menginstal PHP di Pop! _OS

Untuk menginstal PHP di Pop!_OS menggunakan Personal Package Archive (PPA), Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
Instal paket yang diperlukan

Buka terminal dan instal paket software-properties-common, yang menyediakan perintah “add-apt-repository” yang Anda akan digunakan untuk menambahkan PPA:

sudo apt update sudo apt install software-properties-common 

Add the Ondřej Surý PPA

Tambahkan Ondřej Surý PPA, yang menyediakan versi terbaru dari PHP:

 sudo add-apt-repository ppa:ondrej/php

Perbarui daftar paket lagi untuk menyertakan paket di PPA:

sudo apt update]praInstalling PHP 8 di Pop!_OS

Sekarang, jalankan perintah berikut untuk menginstal PHP menggunakan apt pac kage manager:
sudo apt install php8.2

Ganti “8.2” dengan versi PHP yang diinginkan seperti “8.1”, “8.0”, “7.4” atau “5.6”. Ini juga akan menginstal manajer paket PHP "composer" (PHP Package Manager).
Instal modul PHP

Anda juga dapat menginstal modul PHP yang diperlukan untuk aplikasi Anda. Perintah yang diberikan di bawah ini akan menginstal mysql, zip dan curl php modules.

sudo apt install php8.2-mysql php8.2-zip php8.2-curl 

Pastikan untuk menggunakan versi php yang benar dengan perintah.
Verifikasi pemasangan PHP

Pastikan bahwa PHP telah dipasang dengan benar dengan menjalankan perintah berikut:

php -v 

Anda akan melihat versi PHP yang Anda pasang.

Keluaran PHP 8.2.1 (cli ) (dibangun: 13 Jan 2023 10:43:08) (NTS) Hak Cipta (c) The PHP Group Zend Engine v4.2.1, Hak Cipta (c) Zend Technologies dengan Zend OPcache v8.2.1, Hak Cipta (c), oleh Zend Technologies 

Conclusion

Menginstal beberapa versi PHP di Pop!_OS menggunakan PPA melibatkan penambahan PPA ke sistem Anda, memperbarui daftar paket, dan menginstal versi PHP yang diinginkan menggunakan apt package manager. Ini adalah cara yang relatif mudah untuk menginstal PHP, tetapi penting untuk dicatat bahwa menggunakan PPA dapat menimbulkan masalah kompatibilitas dan risiko keamanan. Biasanya lebih baik menggunakan manajer paket Pop!_OS atau menginstal PHP dari sumber. Apa pun metode yang Anda pilih, penting untuk selalu memperbarui instalasi PHP Anda untuk memastikan keamanan dan kompatibilitas.

Referensi tecadmin.com