Cara Masuk Task Manager sebagai Admin di Windows 10 dan 11

Untuk melakukan tugas tertentu yang memerlukan hak admin, Anda dapat masuk ke Pengelola Tugas sebagai admin menggunakan opsi grafis, opsi baris perintah, serta dengan membuat pintasan desktop. Kami akan menunjukkan kepada Anda cara melakukannya di Windows 10 dan 11.

Untuk contoh tunggal di mana Anda menginginkan Pengelola Tugas dengan hak admin, gunakan metode pertama dan kedua di bawah ini. Untuk selalu menjalankan utilitas dengan hak admin, gunakan metode ketiga dalam panduan ini.

Catatan: Langkah-langkah untuk menjalankan Task Manager sebagai admin hampir sama untuk Windows 10 dan Windows 11. Kami akan menggunakan PC Windows 10 untuk mendemonstrasikan langkah-langkah dalam panduan ini.

TERKAIT:Apa Arti “Jalankan sebagai Administrator” di Windows 10?

Metode 1: Menu Mulai

Untuk meluncurkan Pengelola Tugas sebagai administrator dengan cepat, gunakan opsi di menu Mulai PC Anda.

Pertama, buka menu “Mulai” dan cari “Manajer Tugas.” Ketika Anda melihat utilitas di hasil pencarian, klik kanan dan pilih “Jalankan sebagai Administrator.”

Anda akan melihat permintaan “Kontrol Akun Pengguna”. Di sini, masukkan kata sandi akun admin Anda dan tekan Enter.

Advertisement

Instance Pengelola Tugas Anda sekarang terbuka dengan hak admin penuh, dan Anda dapat melakukan tugas yang memerlukan hak istimewa.

Method 2: Command Prompt

Untuk menggunakan perintah untuk masuk ke Pengelola Tugas sebagai admin, pertama , buka menu “Start” Anda dan cari “Command Prompt.”

Klik kanan utilitas “Command Prompt” dan pilih “Run as administrator” dari menu.

Pada prompt “User Account Control” yang terbuka, masukkan kata sandi admin Anda dan tekan Enter. Kemudian pada jendela Command Prompt, ketik perintah berikut dan tekan Enter:

taskmgr

Task Manager akan terbuka dengan hak admin penuh.

TERKAIT:Cara Membuka Command Prompt sebagai Administrator di Windows 8 atau 10

Metode 3: Shortcut Desktop

Jika Anda sering menjalankan Task Manager sebagai admin, tambahkan pintasan ke desktop Anda yang selalu membuka utilitas ini dengan hak administrator.

Untuk melakukannya, pertama, luncurkan menu “Start” dan cari “Task Manager.” Klik kanan utilitas dan pilih “Buka Lokasi File.”

Advertisement

Pada jendela File Explorer, klik kanan pintasan “Task Manager” dan pilih “Buka Lokasi File.”

Anda akan melihat file “Taskmgr.exe”. Klik kanan file ini dan pilih Kirim Ke > Desktop (Buat Pintasan).

Anda sekarang memiliki pintasan Pengelola Tugas di desktop. Untuk membuat pintasan ini selalu membuka utilitas dengan hak admin, klik kanan dan pilih “Properties.”

Pada jendela “Properties”, di tab “Shortcut”, pilih “Advanced.”

Aktifkan opsi “Run as Administrator” , lalu klik “OK.”

Advertisement

Kembali pada jendela “Properties”, klik “Apply” diikuti dengan “OK.”

Dan Anda sudah siap. Mulai sekarang, setiap kali Anda membuka pintasan Pengelola Tugas desktop, utilitas akan diluncurkan dengan hak admin.

RELATED:Aktifkan Akun Administrator (Tersembunyi) di Windows 7, 8, 10, atau 11

Itulah berita seputar Cara Masuk Task Manager sebagai Admin di Windows 10 dan 11, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.