Cara Me-Restart Komputer

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Yusnizam Yusof/Shutterstock.com

Apakah Anda ingin menerapkan perubahan baru atau mengatasi gangguan kecil, mudah untuk me-restart komputer Anda berdasarkan sistem operasi Windows, macOS, Linux, atau Chrome OS. Kami akan menunjukkan cara melakukannya.

Saat Anda melakukan boot ulang, komputer Anda akan menutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Jadi pastikan untuk menyimpan pekerjaan Anda yang belum disimpan sebelum melanjutkan untuk mematikan mesin dan menghidupkannya kembali.

Cara Memulai Ulang Komputer Windows

Windows menawarkan beberapa cara untuk memulai ulang PC Anda. Cara termudah ini adalah dengan menggunakan menu Start untuk memberikan komputer Anda reboot.

Reboot a Windows 10 PC

Untuk mematikan PC Windows 10 dan kemudian hidupkan kembali, pertama, buka menu Start. Lakukan ini dengan menekan tombol Windows pada keyboard Anda.

Ketika menu Start terbuka, di sudut kiri bawah, klik ikon “Power” (lingkaran dengan garis di bagian atas).

Dalam menu “Power”, pilih “ Mulai ulang.”

Mesin Anda akan mati dan hidup kembali secara otomatis. selesai .

Pilih “Mulai Ulang” di menu.

Mesin Anda akan mati dan hidup kembali.

Cara Memulai Ulang Komputer Mac

Untuk me-reboot Mac, pertama, klik logo Apple di pojok kiri atas layar Anda.

Dari menu yang terbuka , pilih “Restart.”

Mac Anda akan menampilkan pesan “Apakah Anda Yakin Ingin Me-Restart Komputer Anda Sekarang?” mengingatkan. Jika Anda ingin mesin Anda meluncurkan kembali jendela yang sedang dibuka setelah reboot, maka aktifkan opsi “Buka Kembali Windows Saat Masuk Kembali”.

Kemudian, klik “Mulai Ulang”. komputer berbasis semudah mengklik beberapa opsi grafis, atau menjalankan perintah dari Terminal. Metode grafis akan bervariasi tergantung pada lingkungan desktop yang Anda gunakan. Kami akan menggunakan GNOME dalam contoh kami.

Di desktop GNOME, klik panel yang ditampilkan di sudut kanan atas layar Anda. Kemudian, klik tombol “Matikan / Keluar” diikuti dengan “Mulai ulang.” Dialog

A akan muncul meminta Anda untuk menunggu 60 detik untuk reboot otomatis atau reboot sekarang dengan menekan “Restart.”

Untuk menggunakan metode baris perintah, buka Terminal dan ketik perintah berikut. Kemudian tekan Enter:

sudo shutdown -r now

Komputer Anda akan reboot.

TERKAIT:Cara Reboot atau Mematikan Linux Menggunakan Command Line

Cara Memulai Ulang Chromebook

Di ChromeOS, Anda tidak memiliki opsi untuk memulai ulang Chromebook secara otomatis. Sebagai gantinya, Anda mematikan mesin Anda dan kemudian menyalakannya kembali secara manual.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menekan dan menahan tombol Daya yang terletak di sudut kanan atas keyboard Anda, atau di samping perangkat. Ini mematikan mesin Anda. Kemudian, tekan tombol Daya yang sama untuk menyalakan mesin.

HP

Cara lain untuk mem-boot ulang Chromebook adalah dengan mengeklik ikon jam di sudut kanan bawah layar dan memilih ikon “Daya”. Ini akan mematikan mesin Anda. Untuk menyalakannya kembali, tekan tombol Daya.

Anda juga dapat menyetel ulang Chromebook ke setelan pabrik jika Anda mau.

Dan begitulah cara Anda menghidupkan ulang komputer berdasarkan salah satu sistem operasi populer yang tersedia di luar sana. Selamat menikmati!

TERKAIT:Mengapa Mem-boot Ulang Komputer Memperbaiki Banyak Masalah?

Itulah berita seputar Cara Me-Restart Komputer, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.