Cara Melihat Berapa Banyak Core yang Dimiliki CPU Anda

Jumlah inti prosesor Anda adalah salah satu komponen yang menentukan kinerja CPU Anda. Di masa lalu, setiap prosesor hanya memiliki satu inti. CPU modern memiliki dua hingga delapan belas dan lebih tinggi. Berikut cara memeriksa berapa banyak inti yang dimiliki prosesor Anda.

Apa Arti Angka Core Prosesor?

Jumlah inti yang dimiliki prosesor Anda adalah salah satu dari beberapa faktor yang menentukan kinerja CPU Anda secara keseluruhan. Pada dasarnya, inti adalah unit pemrosesan yang melakukan tindakan tertentu. Setiap tindakan yang Anda lakukan di komputer diproses oleh CPU Anda, tidak peduli seberapa kecil atau besar tugas tersebut.

Setiap inti hanya dapat melakukan satu tugas dalam satu waktu. Secara alami, semakin banyak inti yang dimiliki prosesor Anda, semakin banyak tugas yang dapat dilakukan, semakin efisien jadinya. Semakin sedikit inti, semakin sedikit tugas yang dapat dilakukan, semakin tidak efisien CPU Anda.

Bukan berarti semakin banyak inti yang dimiliki CPU, semakin baik. Seperti disebutkan, itu hanya salah satu dari beberapa komponen yang membentuk kinerja CPU. Anda juga harus mempertimbangkan hal-hal seperti jenis CPU, multithreading atau hyper-threading, kecepatan clock, dan sebagainya. Sebagai aturan umum, semakin baru prosesor, semakin baik. Ketahuilah bahwa tidak selalu demikian.

Berapa Banyak Core yang Dimiliki CPU Saya?

Memeriksa berapa banyak core yang dimiliki prosesor Anda sederhana, tetapi prosesnya sedikit berbeda antara sistem operasi Mac dan Windows.

Windows

To beri tahu berapa banyak inti yang dimiliki prosesor Anda di Windows, buka Pengelola Tugas dengan menekan pintasan keyboard Ctrl + Shift + Esc. Setelah terbuka, klik tab “Performance”.

Catatan: Jika Anda tidak melihat tab Performance, klik “More Details.” Di layar berikutnya, Anda akan melihat banyak detail tentang CPU Anda, termasuk jumlah core yang dimilikinya .

Mac

Untuk memeriksa berapa banyak inti yang dimiliki proses Anda di Mac, klik ikon Apple di sudut kiri atas desktop, lalu pilih “About This Mac” dari atas menu tarik-turun.

Selanjutnya, klik “Laporan Sistem .”

Anda kemudian akan melihat Tinjauan Perangkat Keras perangkat Anda. Ikhtisar ini mencakup jumlah total core.

Jadi begitulah. Memeriksa jumlah inti yang dimiliki prosesor Anda cukup sederhana, tetapi sekali lagi, semakin tinggi jumlah inti yang Anda miliki tidak selalu berarti kinerja yang lebih baik. Cara terbaik untuk melihat apakah komputer Anda memenuhi tugas yang ada adalah dengan membandingkannya.

Itulah berita seputar Cara Melihat Berapa Banyak Core yang Dimiliki CPU Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.