Cara Melihat Daftar User di Linux

Linux adalah sistem operasi multiuser, sehingga membuat banyak akun pengguna menjadi mudah. Seiring waktu, mudah untuk kehilangan jejak akun mana yang diperlukan. Mendaftar akun pengguna membantu Anda mengelolanya.

Kemajuan teknologi sering kali membawa masalah baru. Segera setelah komputer dapat mendukung banyak pengguna, kebutuhan untuk memagari dan merangkum pekerjaan setiap orang dari orang lain menjadi jelas. Hal ini menyebabkan konsep akun pengguna. Setiap pengguna memiliki ID bernama dan kata sandi. Ini adalah kredensial yang memungkinkan mereka masuk ke akun mereka. File mereka disimpan di area yang pribadi untuk setiap pengguna.

Pada sistem yang sibuk, mudah untuk melupakan akun mana yang telah Anda buat, dan mana yang tidak lagi diperlukan. Dari sudut pandang keamanan, adalah praktik yang buruk untuk menyimpan akun pengguna yang tidak lagi perlu dikonfigurasi dan dapat diakses di komputer Anda. Anda harus menghapus pengguna tersebut.

Bahkan jika Anda tidak memiliki orang lain yang menggunakan komputer Anda, Anda mungkin telah membuat beberapa akun hanya untuk mempelajari cara melakukannya, atau untuk mempelajari dan mempraktikkan proses administrasi.

Langkah pertama adalah membuat daftar akun pengguna yang dikonfigurasi di komputer Anda. Itu memungkinkan Anda meninjaunya dan membuat keputusan yang dapat dihapus. Ada beberapa metode untuk membuat daftar pengguna. Tidak peduli distribusi mana yang Anda gunakan, teknik ini akan bekerja untuk Anda tanpa perlu menginstal aplikasi atau utilitas apa pun.

List Pengguna Dengan cat Command

Daftar pengguna yang dikonfigurasi dipertahankan, bersama dengan informasi tentang setiap pengguna, di “/etc /passwd”. Ini adalah file teks yang dapat didaftar oleh pengguna biasa ke jendela terminal. Anda tidak perlu menggunakan sudo untuk melihat ke dalam file “/etc/passwd”.

Kita dapat menggunakan perintah cat untuk mengirimkan isi file “/etc/passwd” ke jendela terminal. Ini akan mencantumkan seluruh isi file. Ini berarti Anda juga akan melihat entri untuk akun pengguna yang dimiliki oleh proses dan sistem, bukan oleh orang.

cat /etc/passwd

Ada baris informasi padat yang dilaporkan untuk setiap akun pengguna.

Informasi untuk akun pengguna yang disebut “dave ” berisi potongan informasi ini, dengan titik dua “:” di antaranya.

  • dave: Nama akun pengguna. Biasanya nama orang yang memiliki akun.
  • x: Pada suatu waktu, ini memegang kata sandi untuk akun tersebut. Saat ini, kata sandi disimpan di file “/etc/shadow”. “x” berarti kata sandi ada di file itu.
  • 1000: ID pengguna untuk akun ini. Semua akun pengguna memiliki ID numerik yang unik. Akun pengguna biasa biasanya mulai dari 1000, dengan setiap akun baru mengambil ID gratis berikutnya, seperti 1001, 1002, dan seterusnya.
  • 1000: ID grup dari grup default milik pengguna. Dalam keadaan normal, grup default memiliki nilai yang sama dengan ID pengguna.
  • dave,: Kumpulan informasi tambahan opsional tentang pengguna. Bidang ini berisi data dengan koma “,” di antara keduanya. Mereka dapat menyimpan hal-hal seperti nama lengkap pengguna, nomor kantor mereka, dan nomor telepon mereka. Entri untuk akun pengguna “mary” menunjukkan nama lengkapnya adalah Mary Quinn.
  • /home/dave: Jalur ke folder rumah pengguna./bin/bash: Shell default untuk pengguna ini.

Jika kita menyalurkan output dari perintah ini melalui utilitas wc dan menggunakan opsi -l (garis) kita dapat menghitung baris dalam file. Itu akan memberi kami jumlah akun yang dikonfigurasi di komputer ini.

cat /etc/passwd | wc -l

Angka itu termasuk akun sistem dan pengguna yang dibuat oleh aplikasi. Ada sekitar 400 pengguna biasa yang dikonfigurasi di komputer ini. Hasil Anda kemungkinan akan jauh lebih sedikit.

Dengan banyak akun, lebih mudah menggunakan lebih sedikit untuk melihat file “/etc/passwd”.

less /etc/passwd

Menggunakan lebih sedikit juga memungkinkan Anda untuk mencari di dalam output, jika Anda mau untuk mencari akun pengguna tertentu.

Perintah awk

Dengan menggunakan perintah awk kita dapat menampilkan nama pengguna saja. Ini bisa berguna saat Anda menulis skrip yang perlu melakukan sesuatu pada banyak akun pengguna. Mencantumkan nama akun pengguna dan mengarahkannya ke file teks dapat menghemat waktu. Yang perlu Anda lakukan kemudian adalah menyalin dan menempelkan sisa perintah ke setiap baris.

Kami akan memberi tahu awk untuk menggunakan titik dua “:” sebagai pemisah bidang, dan untuk mencetak bidang pertama. Kami akan menggunakan opsi -F (pemisah bidang).

awk -F: `{print $1}` /etc/passwd

Nama akun pengguna ditulis ke jendela terminal tanpa informasi akun lainnya.

Perintah cutr

Kita dapat mencapai hal yang sama menggunakan perintah cut. Kita perlu menggunakan opsi -d (pembatas) dan memintanya untuk memilih bidang pertama saja, menggunakan opsi -f (bidang).

cutr -d: -f1

Ini mencantumkan semua akun pengguna, termasuk sistem dan non- akun manusia.

Perintah compgen

Perintah compgen dapat digunakan dengan opsi -u (pengguna) untuk membuat daftar akun pengguna. Kami akan menyalurkan output melalui perintah kolom untuk membuat daftar akun pengguna dalam kolom, alih-alih satu daftar panjang dengan satu nama pengguna per baris.

compgen -u | column

Sekali lagi, akun pengguna pertama yang terdaftar adalah milik proses, bukan manusia.

UID MIN dan UID MAX

Akun pengguna diberi ID numerik, yang kita lihat sebelumnya. Biasanya, akun pengguna manusia biasa dimulai dari 1000, dan akun pengguna sistem, non-manusia, mulai dari 0. ID akun root adalah 0.

Jika kita dapat memverifikasi ID pengguna terendah dan tertinggi, kita dapat menggunakannya informasi untuk memilih akun pengguna yang berada di antara dua nilai tersebut. Itu akan memungkinkan kita memilih hanya akun pengguna milik orang nyata.

Linux melacak dua nilai ini menggunakan parameter konfigurasi yang disebut UID_MIN dan UID_MAX . Ini disimpan di file “/etc/login.defs”. Kita dapat dengan mudah melihat nilai ini menggunakan grep.

Kita akan menggunakan opsi -E (extended regex). String pencarian kami mencari baris yang dimulai dengan “UID_MIN” atau “UID_MAX” di file “/etc/login.defs”. Tanda sisipan “^” mewakili awal baris.

grep -E `^UID_MIN|^UID_MAX` /etc/login.defs

Rentang untuk ID pengguna di komputer ini adalah dari 1000 hingga 60.000.

Perintah getent

Perintah getent membaca informasi dari database sistem. Kita dapat memerintahkannya untuk membuat daftar entri dalam file “/etc/passwd” dengan menggunakan “passwd” sebagai parameter.

getent passwd

Ini memberi kita pembacaan yang sama yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan cat. Tapi di mana getent bersinar adalah dengan menerima nilai yang dikenal sebagai “kunci”. Kunci menentukan informasi mana yang harus dilaporkan. Jika kita ingin melihat entri untuk satu pengguna, kita dapat memasukkan nama akun pengguna mereka di baris perintah.

getent passwd Sarah

Perhatikan bahwa nama akun pengguna peka huruf besar/kecil.

getent passwd sarah

Kami juga dapat melewati batas atas dan bawah ID akun pengguna yang ingin kita lihat. Untuk benar-benar melihat semua akun pengguna biasa, kita dapat menggunakan nilai dari UID_MIN dan UID_MAX.

getent passwd {1000..60000}

Ini membutuhkan waktu untuk dijalankan. Akhirnya, Anda akan dikembalikan ke command prompt.

Alasan waktu eksekusi yang lama adalah karena getent mencoba menemukan kecocokan untuk semua nilai akun pengguna hingga 60000.

Mari kita lihat apa ID akun pengguna tertinggi. Kami akan menggunakan perintah cut, tetapi kali ini kami akan meminta bidang tiga, bidang ID pengguna. Kami akan menyalurkan output melalui sort dan menggunakan opsi -g (general numeric sort).

cut -d: -f3 /etc/passwd | sort -g

Nilai ID tertinggi dari akun pengguna yang dimiliki manusia adalah 1401.

ID pengguna 65534 ditetapkan ke konsep sistem “tidak ada.”

getent passwd {65534..65534}

Jadi kita tahu bahwa alih-alih menggunakan nilai UID_MAX 60000 , di komputer ini kita dapat menggunakan nilai yang lebih realistis seperti 1500. Itu akan mempercepat dengan baik. Kami juga akan menyalurkan output melalui cut untuk mengekstrak hanya nama akun pengguna.

getent passwd {1000..1500} | cut -d: -f1

Pengguna terdaftar dan kami segera kembali ke command prompt.

Daripada menyalurkan output melalui cut, mari kita pipa output melalui wc dan menghitung baris sekali lagi. Itu akan memberi kami jumlah akun pengguna “asli”.

getent passwd {1000..1500} | wc -l

Kita sekarang dapat melihat bahwa di komputer ini, secara definitif, ada 400 akun pengguna yang dikonfigurasi, milik manusia, dan akun pengguna.

Salah satu teknik ini pasti sesuai dengan kebutuhan Anda ketika Anda perlu meninjau akun pengguna di komputer Linux. Perintah ini harus ada di semua distribusi, dan tidak ada yang memerlukan akses sudo, jadi semuanya tersedia untuk setiap pengguna.

Itulah berita seputar Cara Mendaftar Pengguna di Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.