Cara Melihat Riwayat Clipboard di Ponsel Android

Clipboards memungkinkan Anda dengan cepat mengakses item yang telah Anda salin dan tempel ke dalam teks, catatan, dan email Anda. Sementara beberapa ponsel Android memungkinkan Anda untuk mengakses riwayat clipboard, yang lain hanya menampilkan item yang terakhir disalin.

Untungnya, ada beberapa cara untuk melihat riwayat clipboard, bahkan pada ponsel Android yang tidak memiliki fungsi bawaan ini.

Cara Melihat Riwayat Clipboard di Ponsel Android

Melihat riwayat clipboard tergantung pada ponsel Android yang Anda gunakan. Meskipun memiliki sistem operasi yang sama atau serupa, ponsel Android memiliki banyak fitur yang berbeda, salah satunya adalah keyboard.

Kebanyakan ponsel Android memiliki clipboard bawaan. Namun, hanya beberapa yang memungkinkan Anda untuk melihat riwayatnya.

Berikut ini cara Anda dapat melihat riwayat papan klip pada perangkat ini:
Buka Pesan, Catatan, Email, atau di mana pun Anda ingin menempelkan pesan dari papan klip. Ketuk dan tahan layar untuk mengakses beberapa pilihan.Pilih “Clipboard.” Gulir ke bawah untuk melihat seluruh riwayat.
Sayangnya, sebagian besar ponsel Android tidak memiliki fitur ini. Sebagai gantinya, mereka hanya mengizinkan Anda untuk menempelkan item terbaru yang telah Anda salin. Namun, ada cara untuk melihat dan mengelola riwayat clipboard, tetapi memerlukan pemasangan aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi Keyboard

Meskipun semua ponsel Android dilengkapi dengan keyboard internal, banyak pengguna memilih untuk menginstal aplikasi keyboard pihak ketiga. Ini karena aplikasi keyboard sering kali menawarkan fitur yang lebih menarik, termasuk clipboard manager.

Gboard

Salah satu aplikasi keyboard yang paling populer adalah Gboard. Ini adalah keyboard resmi Google, dan dapat diandalkan serta mudah digunakan. Popularitasnya dibuktikan dengan lebih dari satu miliar unduhan di Play Store. Banyak ponsel Android baru yang dilengkapi dengan Gboard yang sudah terpasang sebelumnya.

Berikut cara menggunakan Gboard untuk menyiapkan dan melihat riwayat clipboard di ponsel Android Anda:
Pastikan Anda telah memasang dan menyetel Gboard sebagai keyboard default. Jika Anda belum menginstalnya, unduh dari Play Store. Saat mengetik di Gboard, tekan ikon papan klip di atas huruf. Ketuk “Aktifkan Papan Klip.” Salin item yang ingin Anda simpan di papan klip. Tekan papan klip ikon lagi, dan Anda akan melihat item yang disalin di bawah “Terkini.”
Gboard memungkinkan Anda untuk menyimpan semua item yang disalin selamanya dengan menyematkannya. Ketuk dan tahan klip, dan klip akan disimpan di bawah “Disematkan”.

Perlu diingat bahwa fitur ini tidak akan berfungsi jika Anda menonaktifkan pengelola papan klip. Jika dimatikan, Gboard tidak akan menyimpan item apa pun yang telah Anda salin, dan tidak akan ada cara untuk mengambilnya kembali.

SwiftKey

SwiftKey adalah aplikasi papan ketik luar biasa lainnya yang menampilkan opsi papan klip. Berikut cara mengakses clipboard dan melihat riwayat:
Mulai dengan menggunakan aplikasi. Jika Anda belum menginstalnya, unduh dari Play Store. Salin item yang ingin Anda simpan ke clipboard Anda. Tekan ikon clipboard (ikon ketiga dari kiri). Item yang disalin akan muncul, dengan yang terbaru satu di atas.
Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menyematkan item tertentu dan mencegahnya kedaluwarsa. Cukup tekan pin di sebelah kanan item yang ingin Anda simpan.

Aplikasi Lainnya

Banyak aplikasi papan ketik lainnya memiliki pengelola papan klip. Meskipun berbeda dalam fitur, kebanyakan dari mereka memiliki opsi clipboard bagus yang akan memberi Anda kontrol lebih besar atas item yang telah Anda salin.

Kami merekomendasikan Chrooma dan Ai.type, tetapi ada banyak lagi yang menawarkan fitur luar biasa.

Aplikasi Clipboard

Aplikasi clipboard mandiri adalah cara lain yang efisien untuk melihat riwayat clipboard Anda. Jika Anda sering menyalin dan menempelkan konten yang berbeda dan mencari solusi untuk mengaturnya, aplikasi papan klip adalah pilihan yang sangat baik.

Beberapa aplikasi papan klip menawarkan lebih banyak fitur daripada aplikasi papan ketik populer seperti Gboard. Mereka memungkinkan Anda untuk mengatur item yang disalin ke dalam kategori, mengubahnya menjadi kode QR, menerjemahkannya ke dalam bahasa yang berbeda, dll.

Clipper

Clipper Clipboard Manager adalah salah satu aplikasi clipboard paling populer di Play Store. Ini menawarkan banyak fitur berguna yang membuat pengelolaan clipboard lebih mudah untuk dikontrol.

Berikut cara melihat riwayat clipboard di Clipper:
Pastikan Anda telah menginstal Clipper Clipboard Manager di ponsel Anda. Jika tidak, unduh dari Play Store. Ketuk “Clipboard.” Anda akan melihat item yang disalin dan saat Anda menyalinnya. Item terbaru akan berada di bagian atas daftar.
Clipper sangat baik karena tidak hanya secara otomatis menyimpan semua yang Anda salin tetapi juga memungkinkan Anda untuk menambahkan kliping Anda secara manual. Anda dapat melakukan ini dengan menekan tanda plus di kanan bawah dan mengetik clipping.

Selain itu, Anda dapat dengan cepat mengakses Clipper melalui bilah status dan menghemat waktu jika Anda perlu melihat riwayat clipboard Anda. Clipper juga memungkinkan Anda untuk menyematkan item yang sering Anda gunakan dan mengurutkannya ke dalam kategori yang berbeda.

Clipboard Manager

Clipboard Manager adalah aplikasi berguna lainnya yang dapat membuat pengelolaan clipboard menjadi mudah. Ini memiliki lebih dari satu juta unduhan di Play Store, yang membuktikan popularitasnya.

Berikut cara melihat riwayat clipboard menggunakan Clipboard Manager:
Pastikan Anda menginstal aplikasi di Ponsel Android Anda. Jika Anda tidak memilikinya, unduh dari Play Store.Buka aplikasinya.Anda akan menemukan item yang disalin di bawah bagian “Clipboard”, dengan yang terbaru di bagian atas.
Clipboard Manager menyinkronkan dengan ponsel Android Anda sebagai segera setelah Anda menginstalnya. Setiap kali Anda menyalin teks di ponsel Anda, itu akan secara otomatis ditampilkan di aplikasi. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengelola clipboard secara manual, yaitu, menambahkan teks dalam aplikasi.

Selain itu, Anda dapat menambahkan clipboard favorit, membuat kategori clipboard yang tak terhitung jumlahnya, menggunakan opsi pencarian untuk navigasi yang lebih mudah, menggabungkan catatan, dll.

Anda dapat dengan mudah mengakses Clipboard Manajer langsung dari bilah status Anda. Dari sana, Anda dapat menggunakan fitur “Tindakan cerdas” yang membuat aplikasi ini menonjol dari yang lain. Opsi ini memungkinkan Anda untuk menambahkan catatan baru, menjalankan pencarian Google atau Wikipedia, atau menerjemahkan konten clipboard yang berbeda.

Aplikasi Lain

Aplikasi lain seperti Clip Stack dan Clipboard Actions & Notes juga menawarkan fitur yang mengesankan untuk mengelola clipboard. Keduanya gratis dan tidak menampilkan iklan apa pun.

Aplikasi clipboard mandiri sangat baik jika Anda sering menggunakan fitur salin & tempel tetapi tidak ingin mengubah keyboard default Anda. membuat kesalahan yang dapat membahayakan privasi mereka. Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda menggunakan fungsi clipboard dengan aman:
Jangan menyimpan informasi sensitif di clipboard. Kata sandi, SSN, PIN, atau detail kartu kredit tidak boleh ada di papan klip Anda karena dapat berakhir di tangan yang salah. Ini terutama berlaku untuk aplikasi pihak ketiga. Baca ulasan sebelum mengunduh aplikasi pihak ketiga. Gunakan hanya aplikasi bereputasi baik dengan ulasan positif dari pengguna sebelumnya dan saat ini. Berhati-hatilah saat memberikan izin aplikasi. Beberapa aplikasi dapat mengakses papan klip Anda tanpa Anda sadari. Jika Anda menggunakan aplikasi yang dapat Anda akses langsung dari bilah status, berhati-hatilah dengan informasi apa yang ditampilkannya.
Ambil Riwayat Dengan Papan Klip

Clipboard adalah alat sederhana dan berguna yang membantu Anda menyalin dan menempelkan item tanpa harus mengetiknya berulang kali. Setelah terbiasa, Anda akan bertanya-tanya mengapa Anda tidak menginstalnya lebih awal.

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara melihat riwayat clipboard di ponsel Android. Selain itu, kami berharap rekomendasi kami untuk aplikasi keyboard dan clipboard bermanfaat, dan Anda telah menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.