Cara Melihat Riwayat Pembelian di Xbox

Microsoft menyimpan laporan akurat tentang riwayat pembelian Xbox Anda, karena demi kepentingan terbaik semua orang, informasi ini tetap dapat diakses. Ada banyak alasan mengapa pemilik Xbox ingin memeriksa riwayat pembelian mereka. Anda tidak hanya mendapatkan akses ke berapa banyak uang yang dihabiskan beberapa bulan yang lalu. Transaksi berisi lebih banyak informasi berguna yang berguna dalam berbagai situasi.

Untungnya, setidaknya ada dua cara untuk mengakses riwayat pembelian Xbox Anda. Itu bahkan dapat dilakukan di PC Anda atau perangkat lain. Jika Anda tidak yakin bagaimana memulainya, silakan terus membaca.

Alasan untuk Memeriksa Riwayat Pembelian Xbox

Beberapa gamer mungkin membeli terlalu banyak item atau mata uang dalam game, dan transaksi mikro dapat bertambah dengan cepat. Sebaiknya periksa pengeluaran Anda karena dapat mencegah kejutan stiker setelah menghitung total biaya. Dompet dan rekening bank Anda akan berterima kasih.

Di lain waktu, Anda mungkin melihat tagihan muncul di rekening bank Anda, dan Anda tidak yakin apa itu selain berkaitan dengan akun Microsoft Anda. Dengan memeriksa catatan transaksi Xbox Anda, menentukan alasan tagihan menjadi mudah dan langsung.

Contohnya adalah langganan yang diperpanjang secara otomatis. Setelah uji coba gratis, beberapa orang mungkin lupa untuk membatalkan langganan, dan jumlah tersebut ditagihkan ke akun mereka.

Memiliki akses ke catatan membantu Anda mengetahui apakah ada langganan yang Anda lupa, atau ada biaya penipuan.

Tidak masalah alasannya, Anda dapat memeriksa riwayat pembelian Xbox Anda selama konsol atau komputer berada di dekat Anda.

Memeriksa Riwayat Pembelian Xbox Anda di Konsol

Jika Anda menggunakan Xbox Series X/S atau Xbox One, Anda dapat menggunakan metode ini untuk memeriksa sejarah transaksi. Hanya perlu beberapa penekanan tombol, dan Anda akan melihat transaksi terbaru yang dilakukan pada akun Microsoft yang masuk ke konsol.
Dengan konsol Xbox aktif, tekan tombol Xbox pada pengontrol Anda.Pilih “Profil & Sistem.” Pergi ke “ Pengaturan.” Pilih “Akun” lalu pilih “Pembayaran & Penagihan.” Buka “Riwayat Pesanan” dan lihat pembelian terbaru.
Saat memeriksa riwayat pesanan Anda di Xbox, filter memungkinkan pengguna untuk memilih seberapa jauh ke belakang yang ingin mereka lihat catatan. Namun, itu hanya akan muncul hingga enam bulan sebelumnya dari sejarah.

Itu bukan akhir dari dunia karena masih ada satu cara lagi untuk memeriksa riwayat pembelian Xbox Anda. Anda harus keluar dari Xbox dan menggunakan komputer.

Memeriksa Riwayat Pembelian Xbox Anda di PC

Untungnya, masih ada cara untuk memeriksa daftar transaksi akun Microsoft Anda di PC. Anda harus masuk ke akun yang Anda gunakan untuk membeli game, mata uang dalam game, dll. Informasi tersebut tidak akan muncul di akun lain.
Buka situs web masuk akun Microsoft dengan mengklik di sini.Masuk dengan yang benar Akun Microsoft. Buka “Pembayaran & Penagihan.” Pilih “Riwayat Pesanan.” Pada titik ini, Anda dapat memilih rentang tanggal dengan mengaturnya di bawah “Perbaiki.” Periksa riwayat pesanan Anda. Link ini. Ini membawa Anda langsung ke halaman Riwayat Pesanan tanpa klik tambahan.

Keuntungan utama dari metode ini adalah Anda dapat memeriksa riwayat Anda lebih dari enam bulan yang lalu. Jika Anda ingin menghitung berapa biaya permainan Xbox selama periode yang lebih lama, yang terbaik adalah tetap menggunakan PC untuk mengakses riwayat Anda.

Memeriksa detail pesanan tertentu didukung. Anda hanya perlu memilih “Rincian Pesanan”. Bahkan ada opsi untuk mencetaknya sebagai faktur jika Anda lebih suka menyimpan salinan fisiknya.

Bukti Pembelian

Bukti pembelian adalah bukti bahwa Anda memiliki game tertentu. Ini terutama mencakup riwayat transaksi, tetapi Anda juga harus memiliki yang berikut:
Jumlah pembelianIdentitas Anda
Identitas dapat dalam bentuk pilihan berikut:
Gamertag AndaAlamat email
Beberapa perusahaan mungkin meminta bukti pembelian jika Anda mengklaim garansi atau mereka menginginkannya untuk memverifikasi pembelian Anda. Dalam situasi ini, Anda dapat menggunakan langkah-langkah di atas dan mendapatkan tangkapan layar transaksi. Ini akan menunjukkan Xbox Live Gamertag Anda.

Vendor akan menerima bukti pembelian dan memverifikasi transaksi dengan informasi yang benar.

Kemungkinan Penyebab Pembelian Tidak Sah

Terkadang, pemilik akun Microsoft melaporkan pembelian yang tidak mereka ingat. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebabnya.

Penagihan Berulang Aktif

Langganan percobaan Xbox berlangsung selama sebulan penuh sebelum Anda harus membayar dan terus menggunakannya. Terkadang pengguna membiarkan pembayaran berulang “aktif” dan terkejut dengan biaya tambahan. Solusinya adalah dengan membatalkan langganan.

Setelah langganan dibatalkan, langganan akan bertahan selama sisa bulan penagihan. Anda tidak akan dikenakan biaya lagi setelahnya kecuali Anda mengaktifkannya kembali.

Orang Lain Menggunakan Akun Anda

Akun Anda dibagikan dengan orang lain, dapat diakses secara fisik oleh orang lain, atau tidak memerlukan kata sandi untuk masuk. Keadaan ini dapat mengizinkan orang lain melakukan pembelian di akun Anda tanpa sepengetahuan Anda. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda dapat memastikan bahwa itu hanya dapat diakses setelah memasukkan kata sandi.

Ada juga lapisan keamanan lain, yang disebut kunci sandi, yang dapat Anda gunakan. Ini adalah kode enam digit yang mencegah orang lain menggunakan akun tersebut. Ini dapat memberikan perlindungan ekstra ke akun Microsoft Anda.

Tanya Jawab Umum Tambahan
Berapa banyak pengembalian uang yang diizinkan di Xbox?

Pengembalian dana di Xbox membutuhkan waktu hingga 72 jam untuk diproses, dan tidak dijamin kecuali Anda memenuhi syarat untuk itu. Terkadang, mungkin ada penundaan dalam pemrosesan pengembalian dana, jadi Anda mungkin harus menunggu lebih lama. Tidak ada batasan berapa banyak pengembalian uang yang dapat Anda minta atau dapatkan.
Dapatkah saya memainkan game Xbox dan kemudian mentransfernya ke PC?

Tidak, itu tidak mungkin untuk banyak game. Mereka dikodekan untuk hanya berfungsi di konsol Xbox. Anda tidak dapat mentransfer judul antar perangkat meskipun Anda memilikinya. Hal terdekat untuk melakukan ini adalah mengalirkan gameplay Xbox ke PC yang terhubung, karena konsol secara asli mendukung fitur tersebut.

Untuk melakukan ini, Anda memerlukan aplikasi Xbox Console Companion. Ini mengalirkan game ke PC Anda, meskipun ada beberapa penundaan input. Bagi sebagian orang, ini adalah pengalaman bermain game yang luar biasa.

Satu-satunya pengecualian adalah jika Anda memiliki judul Game Pass yang berjalan di Xbox dan PC.
Dapatkah saya mengembalikan uang pembelian yang tidak disengaja?

Ya, tetapi tidak dijamin berfungsi. Panggilan terbaik adalah melakukannya dalam 14 hari setelah permainan muncul di daftar Anda. Anda juga harus menghindari peluncuran game dan mengumpulkan waktu bermain pada judul, karena dapat mengurangi peluang Anda untuk menerima pengembalian dana.

Tersedia

Riwayat pembelian Xbox selalu tersedia untuk diperiksa oleh pemilik akun menggunakan beberapa metode. Meskipun terkadang sulit tanpa PC atau konsol di dekatnya, informasinya selalu ada untuk berkonsultasi. Anda dapat menggunakan catatan tersebut untuk meminta pengembalian uang atau memverifikasi pembelian.

Apakah Anda harus memeriksa riwayat pembelian Anda karena transaksi yang tidak sah? Bagaimana menurut Anda mengakses informasi ini bermanfaat? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.