Cara Melindungi File PDF dengan Kata Sandi di Perangkat Apa Pun

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tautan PerangkatWindows 10Windows 11MaciPhoneAndroidPerangkat Hilang?
Di dunia modern, di mana informasi adalah aset berharga, melindungi PDF Anda dari mata-mata tidak pernah lebih penting. Lebih jauh lagi, melindungi dokumen Anda dengan kata sandi akan menjaganya tetap dalam bentuk aslinya dan menjaga dari penimpaan dan modifikasi yang tidak perlu.

Sayangnya, hanya sedikit orang yang tahu cara melindungi file PDF mereka dengan kata sandi. Artikel ini akan memandu Anda melalui proses di berbagai perangkat. Mari kita mulai.

Cara Melindungi File PDF dengan Kata Sandi di PC Windows 11

Salah satu hal yang akan Anda temukan di Windows 11 adalah tidak adanya aplikasi bawaan yang memungkinkan Anda menambahkan kata sandi ke PDF Anda. Meskipun ini bisa membuat frustasi, ada banyak cara lain untuk memecahkan teka-teki ini dan membuat file PDF Anda terlindungi.

Cara Melindungi File PDF dengan Kata Sandi Menggunakan TinyWow

Berikut cara menggunakan TinyWow untuk melindungi file PDF dengan kata sandi:
Arahkan ke PDF Protector TinyWow. Klik “Unggah dari PC atau Seluler” untuk mengunggah file PDF yang ingin Anda lindungi dengan kata sandi. Setelah PDF diunggah, ketikkan kata sandi Anda dan klik tombol “Lindungi”. Lengkapi reCAPTCHA dan tunggu beberapa detik untuk Anda file untuk diproses.Klik tombol “Unduh” untuk mengunduh PDF yang dilindungi kata sandi. Harap diperhatikan bahwa TinyWow mengenkripsi file PDF Anda menggunakan Enkripsi AES 128-bit – mekanisme enkripsi kata sandi yang kuat yang mempersulit peretas untuk memecahkan kata sandi Anda. Juga, file terenkripsi hanya disimpan di aplikasi selama satu jam. Oleh karena itu, pastikan untuk mengunduh file Anda segera setelah pemrosesan.

Selain itu, jika Anda mengalami masalah saat menggunakan situs web di Google Chrome, ulangi proses di Microsoft Edge, dan Anda tidak akan mengalami masalah apa pun.

Cara Melindungi Kata Sandi a File PDF Menggunakan Adobe Acrobat

Jika Anda tidak nyaman menggunakan opsi berbasis web untuk melindungi file Anda, alternatif yang mudah digunakan adalah Adobe Acrobat. Jika Anda telah menginstal Adobe Acrobat di PC Windows 11 Anda, mengenkripsi file PDF Anda relatif mudah.

Berikut caranya:
Buka “Adobe Acrobat” di komputer Anda.Buka file PDF yang ingin Anda lindungi.Dari bilah sisi kanan, pilih “Lindungi.” Dari opsi di atas, pilih “Lindungi Menggunakan Kata Sandi.” Tentukan operasi mana yang mengharuskan pengguna memasukkan kata sandi. Atur kata sandi pilihan Anda dan tekan “Terapkan.”
Sementara TinyWow memungkinkan Anda untuk melindungi kata sandi PDF Anda online, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan secara offline dengan Adobe Acrobat. Program ini juga menawarkan metode lanjutan untuk mengenkripsi file Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan sertifikat digital alih-alih kata sandi untuk melindungi file PDF Anda.

Cara Melindungi File PDF dengan Kata Sandi di PC Windows 10

Sama seperti Windows 11, Windows 10 tidak memiliki opsi bawaan yang memungkinkan Anda untuk lindungi PDF Anda dengan kata sandi. Namun, ada alternatif yang dapat Anda andalkan untuk melindungi file Anda.

Password Melindungi File PDF di Windows 10 Menggunakan TinyWow

Untuk menambahkan kata sandi ke PDF Anda menggunakan TinyWow, ikuti langkah-langkah berikut:
Arahkan ke alat Kata Sandi PDF TinyWow.Klik tombol “Unggah dari PC atau Seluler” untuk mengunggah file PDF yang ingin Anda lindungi dengan kata sandi. Atau, Anda dapat menarik dan melepaskan file ke dalam kotak unggah. Setelah file diunggah, ketik kata sandi Anda dan tekan tombol “Lindungi”. Selesaikan reCAPTCHA dan tunggu beberapa detik hingga file Anda selesai diproses. Unduh kata sandi Anda -protected PDF.
Password Melindungi File PDF di Windows 10 Menggunakan Microsoft Word

Microsoft Word adalah cara terbaik lainnya untuk melindungi file PDF Anda menggunakan kata sandi, terutama jika Anda menggunakan Windows 10. Berikut cara menggunakan Microsoft Word untuk tugas yang ada:
Buka Microsoft Word. Buka “File” dan buka PDF yang ingin Anda lindungi dengan kata sandi. Klik “OK” untuk mengizinkan Microsoft mengubah dokumen Anda menjadi format yang dapat diedit. Buka “File,” dan dari opsi yang terdaftar, pilih “Ekspor.” Pilih opsi Buat Dokumen PDF/XPS.Klik tombol Buat PDF/XPS .Jelajahi lokasi keluaran untuk file Anda dan setel jenis file sebagai “PDF.”Buka “Opsi” dan pilih “Enkripsi Dokumen dengan Kata Sandi. ”Tetapkan kata sandi untuk file PDF Anda dan tekan “Terbitkan.”
Cara Melindungi File PDF dengan Kata Sandi di Mac

Sangat mudah untuk melindungi file PDF Anda dengan kata sandi di Mac, berkat utilitas bawaan yang dikenal sebagai Pratinjau. Dengan Pratinjau, Anda dapat menambahkan kata sandi ke file PDF Anda tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menambahkan kata sandi ke file PDF Anda:
Buka PDF Anda menggunakan Pratinjau. Buka “File,” dan pilih “Ekspor …”. Ganti nama PDF Anda. Pilih folder tempat Anda ingin menyimpan file. Klik “Izin”. Centang “Memerlukan Kata Sandi untuk Membuka Dokumen”. Atur kata sandi Anda dan Verifikasi. Setelah kata sandi Anda disetel, tekan “Terapkan.” Klik “Simpan” .
Cara Melindungi File PDF dengan Kata Sandi di iPhone atau Perangkat Android

Jika Anda menggunakan iPhone atau Android, memberikan lapisan perlindungan ekstra pada file PDF itu mudah.
Menggunakan browser ponsel Anda, buka TinyWow.com dan ketuk ikon pencarian, lalu ketik “Protect PDF.” Ketuk “Upload from PC or Mobile” untuk mengunggah file PDF yang ingin Anda lindungi dengan kata sandi. Setelah PDF diunggah, ketikkan kata sandi Anda dan klik tombol “Lindungi”. Kemudian centang kotak untuk menyelesaikan reCAPTCHA dan tunggu beberapa detik hingga file Anda diproses. Terakhir ketuk tombol “Unduh” untuk unduh PDF Anda yang dilindungi kata sandi.
Lindungi File PDF Anda Seperti Pro

Melindungi file PDF Anda adalah cara terbaik untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra ke perangkat Anda. Untungnya, prosesnya relatif mudah, berkat program seperti TinyWow dan Adobe Acrobat. Jika Anda menggunakan ponsel dan ingin melindungi file Anda menggunakan PDF, Anda memiliki aplikasi luar biasa seperti ILOVEPDF yang dapat menyelesaikan pekerjaan.

Kami berharap petunjuk dalam panduan ini telah membantu Anda melindungi file PDF menggunakan kata sandi terlepas dari Anda device.

Pernahkah Anda menambahkan kata sandi ke dokumen PDF Anda? Apakah Anda menggunakan salah satu solusi pihak ketiga yang disebutkan dalam artikel ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.