Cara Melindungi File ZIP dengan Kata Sandi di Windows

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Ingin melindungi arsip ZIP Anda dengan kata sandi? Meskipun Windows tidak memiliki opsi bawaan untuk melakukan itu, Anda dapat menggunakan aplikasi gratis seperti 7-Zip dan WinRAR untuk menambahkan perlindungan kata sandi. Kami akan menunjukkan cara menggunakan aplikasi tersebut.

Pastikan untuk mencatat kata sandi Anda di tempat yang aman, seperti di pengelola kata sandi, karena Anda akan memerlukannya setiap kali ingin mengekstrak file dari ZIP yang dilindungi kata sandi. Melindungi File dan Folder dengan Kata Sandi Dengan Encryption

Password Melindungi ZIP Menggunakan 7-Zip

7-Zip adalah aplikasi sumber terbuka dan gratis yang dapat Anda gunakan untuk membuat dan mengekstrak file dari berbagai format arsip, termasuk ZIP. Dengan aplikasi ini, Anda memilih file untuk ditambahkan ke arsip, mengatur kata sandi, dan membiarkan aplikasi mengamankan konten arsip Anda.

Untuk memulai, mengunduh, dan menginstal aplikasi 7-Zip gratis di PC Windows Anda.

Selanjutnya, buka File Explorer jendela dan cari file untuk ditambahkan ke arsip ZIP. Pilih semua file ini, klik kanan salah satu file, dan pilih 7-Zip > Tambahkan ke Arsip.

Anda akan melihat jendela “Tambahkan ke Arsip”. Di sini, di bagian “Enkripsi” di sebelah kanan, klik bidang “Masukkan Kata Sandi” dan ketik kata sandi yang ingin Anda gunakan. Ketik kata sandi yang sama di bidang “Masukkan Kembali Kata Sandi”.

Kemudian, klik menu tarik-turun “Metode Enkripsi” dan pilih “AES-256,” sandi populer yang digunakan oleh bank dan militer AS. Jika Anda mau, sesuaikan opsi lain yang Anda inginkan.

Terakhir, mulailah membuat arsip Anda dengan mengklik “OK” di bagian bawah.

7-Zip akan membuat arsip ZIP Anda yang dilindungi kata sandi di folder yang sama dengan file yang Anda pilih. Saat membuka arsip ini, Anda akan diminta memasukkan kata sandi untuk mengekstrak file darinya.

Anda sudah siap.

Enkripsi Arsip ZIP Menggunakan WinRAR

Jika Anda menggunakan Windows PC untuk waktu berapa pun, Anda mungkin menemukan WinRAR. Aplikasi kompresi file ini memungkinkan Anda membuat dan mengekstrak file dari berbagai jenis arsip, termasuk ZIP. Anda juga dapat menggunakan aplikasi untuk mengamankan arsip Anda dengan kata sandi.

Untuk melakukannya, pertama, unduh dan instal versi gratis WinRAR di PC Windows Anda.

Kemudian, buka jendela File Explorer dan temukan file untuk ditambahkan ke arsip Anda . Pilih semua file Anda, klik kanan salah satu file, dan pilih “Tambahkan ke Arsip.”

Tip: Jika Anda tidak melihat opsi “Tambahkan ke Arsip” WinRAR, restart PC Windows 10 atau Windows 11 Anda.

Pada tombol “ Nama Arsip dan Parameter”, klik tombol “Setel Kata Sandi”.

Pada jendela “Masukkan Kata Sandi”, pilih bidang “Masukkan Kata Sandi” dan ketikkan kata sandi Anda. Ketik kata sandi yang sama di bidang “Masukkan Kembali Kata Sandi untuk Verifikasi”.

Kemudian pilih “OK” di bagian bawah.

Di bagian “Format Arsip”, pilih “ZIP” sehingga aplikasi membuat arsip ZIP. Kemudian jangan ragu untuk mengubah opsi lain jika Anda mau.

Akhirnya, ketika Anda siap untuk membuat arsip, klik “OK.”

WinRAR akan membuat arsip ZIP baru yang dilindungi dengan kata sandi pilihan Anda. Sekarang Anda dapat membagikan ZIP ini dengan siapa pun yang Anda inginkan, dan mereka harus memasukkan kata sandi yang benar untuk mengekstrak filenya.

Dan begitulah cara Anda menjaga keamanan data rahasia Anda di komputer Windows Anda. Sangat berguna!

Ingin melindungi file Microsoft Office atau PDF Anda dengan kata sandi? Jika demikian, ada cara untuk melakukannya juga.

Itulah berita seputar Cara Melindungi File ZIP dengan Kata Sandi di Windows, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.