Cara Melindungi Folder dengan Kata Sandi di Mac

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Dalam hal keamanan komputer, kata sandi adalah salah satu faktor terpenting. Dengan melindungi folder dengan kata sandi di Mac Anda, Anda dapat menjaga file Anda aman dari mata-mata.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara melakukannya.

Mengamankan Folder Dengan Kata Sandi di Mac

Di era digital saat ini, itu lebih penting dari sebelumnya untuk mengambil langkah-langkah untuk melindungi informasi pribadi Anda. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan melindungi folder dengan kata sandi di Mac Anda. Ini menambahkan lapisan keamanan ekstra, yang mengharuskan siapa saja yang ingin mengakses folder untuk memasukkan kata sandi.

Ini bisa menjadi sangat penting jika Anda menyimpan informasi sensitif di komputer Anda, seperti dokumen keuangan atau file pekerjaan rahasia. Dengan melindungi folder ini dengan kata sandi, Anda dapat membantu memastikan bahwa hanya mereka yang memiliki akses resmi yang dapat melihat kontennya.

Selain itu, perlindungan kata sandi dapat mencegah pengguna biasa mengakses folder bersama di Mac Anda, mencegah mereka menghapus atau memodifikasi file penting secara tidak sengaja.

Disk Utilitas adalah alat yang sangat baik untuk tujuan ini. Ini memungkinkan Anda untuk membuat gambar disk yang dilindungi kata sandi yang dapat digunakan untuk menyimpan data rahasia Anda. Gambar disk dapat dipasang sebagai volume baru, dan hanya pengguna dengan kata sandi yang benar yang dapat mengakses data. Utilitas

Disk menggunakan enkripsi AES 128-bit atau enkripsi AES 256-bit untuk melindungi data, sehingga Anda dapat yakin bahwa data Anda akan aman dari akses yang tidak sah.

Berikut cara melindungi folder dengan kata sandi menggunakan Disk Utility di Mac Anda:
Buka Disk Utility dengan mengeklik ikon Finder di dok, lalu pilih “Applications” > “Utilities” > “Disk Utilitas.” Di bilah sisi di sebelah kiri, pilih disk atau volume yang ingin Anda lindungi kata sandi. Klik menu “File”, dan pilih “Gambar Baru”> “Gambar dari Folder.” Arahkan ke folder yang Anda inginkan lindungi dan kemudian klik tombol “Pilih” di sudut kanan bawah jendela pilihan. Pilih jenis enkripsi (disarankan AES-128) dan masukkan kata sandi. Masukkan kata sandi yang ingin Anda gunakan. Masukkan kembali kata sandi untuk Pastikan Anda tidak membuat kesalahan pada percobaan pertama Anda. Anda akan diminta untuk memulai ulang proses jika kata sandi tidak cocok. Di bawah “Format Gambar”, klik panah tarik-turun dan pilih “baca/tulis” dari opsi. Tunggu saat Mac Anda membuat gambar disk dari folder tersebut. Prosesnya mungkin memakan waktu, tergantung pada ukuran folder. Segera setelah gambar dibuat, klik “Selesai.”
Et voila! Anda baru saja membuat gambar disk dari folder asli yang hanya dapat diakses dengan memasukkan kata sandi. Folder asli akan tetap tersedia dan dapat diakses tanpa batasan apa pun, jadi pastikan untuk menghapusnya atau mentransfernya ke lokasi lain di hard drive Anda. Perhatikan bahwa Anda dapat menambahkan atau menghapus file dari gambar disk folder seperti biasa.

Saat memilih tingkat enkripsi AES untuk data Anda, Anda harus menyeimbangkan keamanan dengan kecepatan dan efisiensi. Jika informasi yang Anda cari untuk dilindungi kata sandi sangat sensitif, maka enkripsi AES 256-bit adalah pilihan yang lebih baik karena menawarkan tingkat perlindungan yang lebih tinggi. Namun, enkripsi AES 128-bit sudah lebih dari cukup untuk sebagian besar tujuan dan lebih cepat dan lebih efisien.

Cara Melindungi Folder dengan Kata Sandi di Mac Tanpa Utilitas Disk

Jika Anda tidak ingin menggunakan Utilitas Disk untuk melindungi folder dengan kata sandi di Mac, Anda dapat menggunakan Terminal atau alat pihak ketiga.

Menggunakan Terminal

Misalnya Anda ingin mengenkripsi folder bernama “Penjualan.” Berikut cara melakukannya menggunakan Terminal:
Open Terminal. Anda dapat menemukannya di folder “Utilitas” di Applications.Control-klik “Penjualan” di Finder dan pilih “Dapatkan Info” dari opsi. Ini akan membuka jendela baru yang menampilkan metadata folder, termasuk ukuran, lokasi, dan tanggal pembuatannya. Buka bagian “Umum” dan salin lokasi (jalur) folder. Kembali ke Terminal, ketik cd, dan spasi, dan akhirnya tempel jalur yang disalin pada Langkah 3. Tekan “Kembali.” Ketik “ls’ dan tekan “Kembali.” Ketik yang berikut: Zip –er SalesEncrypted.zip “Penjualan”Di sini “SalesEncrypted” adalah nama untuk file ZIP. Tekan “Kembali.” Masukkan kata sandi dan tekan “Kembali.”
Dan hanya itu. Arsip Zip bernama “SalesEncrypted” sekarang dapat ditemukan di folder Documents. Untuk membukanya, klik dua kali dan masukkan kata sandi pada layar popup.

Namun, penting untuk dicatat bahwa file ZIP tidak seaman jenis enkripsi lain seperti AES-256. Dengan demikian, mereka hanya boleh digunakan untuk perlindungan umum terhadap pengamat biasa dan bukan untuk data sensitif.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak mempercayai alat enkripsi file bawaan Mac, Anda akan senang mengetahui bahwa beberapa perangkat ketiga- alternatif pihak dapat melindungi folder dengan kata sandi.

Mari kita lihat dua yang terbaik.
F-Vault
F-Vault adalah alat enkripsi yang kuat yang dapat melindungi file dengan kata sandi di Mac Anda. Ini menggunakan algoritme enkripsi AES-256 standar industri untuk memastikan bahwa data Anda aman dari pengintaian. F-Vault sangat mudah digunakan dan terintegrasi secara mulus dengan Finder.

Berikut cara menggunakan F-Vault untuk melindungi folder Anda dengan kata sandi:
Unduh F-Vault dari App Store dan instal di Mac AndaBuka file dan ikuti petunjuk di- petunjuk layar untuk mengatur kata sandi. Anda juga akan diminta untuk memberikan email untuk pemulihan akun jika Anda lupa kata sandi Anda. Seret dan jatuhkan file yang ingin Anda enkripsi ke dalam jendela F-Vault. Ketika ditanya apakah Anda ingin menghapus folder asli, klik “ Menghapus.” Jika Anda ingin menyimpannya, tekan “Batal.” Anda selalu dapat menghapus yang asli secara manual, bahkan setelah membuat salinan terenkripsi.
Folder Anda sekarang akan dilindungi dengan kata sandi. F-Vault adalah alat keamanan penting bagi siapa saja yang ingin menjaga keamanan data mereka dari teman sekamar yang usil, anggota keluarga yang ingin tahu, atau lembaga pemerintah yang usil.
Encrypto
Sementara beberapa alat enkripsi tersedia, Encrypto memberikan pengalaman pengguna yang unggul dengan fitur drag-and-drop antarmuka. Selain itu, tersedia gratis dari Mac App Store.

Dengan Encrypto, Anda dapat mengenkripsi file langsung dari Finder dan mendekripsinya dengan mudah. Tidak perlu membuka aplikasi terpisah atau memasukkan kata sandi secara manual. Cukup seret dan jatuhkan file Anda ke ikon Encrypto, dan file tersebut akan dienkripsi dengan aman.

Encrypto menggunakan enkripsi AES-256, standar yang sama yang digunakan oleh pemerintah dan lembaga keamanan lainnya. Hasilnya, Anda dapat yakin bahwa data Anda aman dari pengintaian. Selain itu, Encrypto menawarkan beberapa fitur lain, seperti kemampuan untuk mengirim file terenkripsi melalui email.

Jika Anda mencari cara yang sederhana dan efektif untuk mengenkripsi data sensitif, Encrypto adalah pilihan yang sangat baik.

Simpan File Anda dengan Aman

Mac adalah target populer untuk penjahat dunia maya, karena mereka dapat dengan mudah terinfeksi malware dan ransomware. Salah satu cara untuk membantu melindungi komputer Anda dari ancaman ini adalah dengan melindungi file Anda dengan kata sandi. Baik Anda ingin menyimpan file pribadi Anda dengan aman atau hanya memastikan tidak ada orang yang dapat mengakses dokumen kerja Anda, alat ini akan melakukan triknya.

Sudahkah Anda mencoba salah satunya di Mac Anda? Apakah Anda berhasil? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.