Cara Melupakan Jaringan di

Menghubungkan secara otomatis ke jaringan Wi-Fi adalah cara mudah untuk mengatur koneksi internet Anda. Itu berarti tidak harus melalui proses masuk ke jaringan setiap kali Anda mem-boot perangkat Anda. Namun, Anda mungkin menemukan bahwa Anda memiliki daftar panjang jaringan yang telah Anda masuki dari waktu ke waktu. Beberapa di antaranya bahkan mungkin tidak berguna lagi.

Jika Anda ingin melupakan jaringan Wi-Fi di komputer Windows 11, panduan ini akan memandu Anda melalui prosesnya.

Cara Melupakan Jaringan di Windows 11

Windows 11 mengingat detailnya koneksi Anda untuk penggunaan di masa mendatang. Ini terkadang dapat menyebabkan masalah saat Anda mencoba terhubung ke internet. Ini juga dapat menyebabkan konflik jika tautan secara tidak sengaja salah dikonfigurasi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melupakan jaringan di Windows 11. Kemudian jaringan akan diperlakukan sebagai koneksi baru saat Anda mencoba masuk lagi.

Sebelum Anda melupakan jaringan, Anda mungkin ingin mencatat kata sandi di suatu tempat untuk berjaga-jaga. Anda ingin menggunakan jaringan lagi. Di bawah ini kami akan mencantumkan berbagai metode yang dapat Anda gunakan untuk melupakan koneksi Wi-Fi di Windows 11.

Cara Melupakan Jaringan di Pengaturan

Pengaturan di Windows memungkinkan Anda mengubah hampir semua yang ada di komputer Anda. Anda bahkan dapat menggunakannya untuk melupakan jaringan Wi-Fi. Begini caranya:
Buka menu Start dan ketik “Pengaturan” di bilah pencarian. Ketuk “Jaringan & Internet” lalu pilih opsi Wi-Fi. Tekan “Kelola Jaringan yang Dikenal” dan pilih jaringan yang ingin Anda lupakan .Klik “Lupakan”, dan jaringan akan dihapus dari daftar Anda.
Sekarang Anda telah melupakan jaringan Wi-Fi di Windows 11.

Cara Melupakan Jaringan di Pengaturan Cepat

Jika Anda ingin melupakan jaringan Wi-Fi di Windows 11, Anda dapat melakukan ini melalui menu Pengaturan Cepat.
Arahkan ke bilah tugas dan ketuk tombol Pengaturan Cepat. Klik “Jaringan” untuk melihat daftar jaringan Wi-Fi Anda. Gulir ke jaringan yang ingin Anda lupakan dan klik kanan di atasnya .Tekan “Lupakan” untuk menghapusnya dari daftar.
Sekarang Anda telah menggunakan Pengaturan Cepat untuk melupakan jaringan Wi-Fi.

Cara Melupakan Jaringan dari Pusat Tindakan

Pusat Tindakan memungkinkan Anda mengelola jaringan Wi-Fi yang berada dalam jangkauan. Anda dapat menggunakan metode ini untuk melupakan jaringan Wi-Fi yang tidak lagi Anda gunakan. Begini caranya:
Ketuk tombol Wi-Fi di Pusat Tindakan.Tekan panah di sebelah Wi-Fi untuk membuka daftar.Klik kanan pada jaringan yang ingin Anda lupakan.
Windows 11 sekarang akan melupakan jaringan terpilih.

Cara Melupakan Jaringan di Command Prompt

Salah satu cara termudah untuk menyelesaikan sesuatu adalah menggunakan command prompt. Langkah-langkah ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan fungsi ini untuk melupakan jaringan Wi-Fi di Windows 11.
Buka bilah pencarian di menu Mulai dan ketik “cmd.” Ketuk “Jalankan sebagai administrator” dan kemudian masukkan perintah berikut: netsh wlan show profilesTekan “Enter” untuk melihat daftar jaringan yang Anda simpan. Ketik perintah di bawah ini untuk melupakan salah satu jaringan lalu tekan “Enter.”netsh wlan delete profile name=nama jaringan
Ganti “nama jaringan” dengan yang Anda gunakan d ingin lupa dan itu akan dihapus dari daftar Anda. Sebuah pesan akan dikirimkan kepada Anda untuk memberi tahu Anda bahwa jaringan Wi-Fi telah dihapus.

Cara Melupakan Jaringan dengan PowerShell

PowerShell adalah cara yang dapat Anda gunakan untuk melupakan jaringan Wi-Fi. Untuk menggunakan metode ini, inilah yang perlu Anda lakukan:
Arahkan ke bilah pencarian di menu Start dan ketik “PowerShell.” Tekan “Run as administrator” untuk masuk ke PowerShell. Ketik perintah di bawah ini di kotak dialog dan tekan ” Enter.”netsh wlan show profiles Daftar jaringan yang Anda simpan akan ditampilkan. Untuk menghapusnya, ketik perintah berikut:netsh wlan delete profile name=network nameKlik “Enter” untuk menyelesaikan proses.
Ganti “network name” dengan yang ingin Anda lupakan dan akan dihapus dari daftar Anda.

How untuk Melupakan Jaringan Tersimpan dengan Command Prompt

Jika Anda ingin menghapus semua jaringan tersimpan, Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk menghapusnya sekaligus. Begini caranya:
Ketik “cmd” di bilah pencarian yang terletak di menu Start. Klik kanan “Run as administrator” untuk masuk ke Command Prompt. Ketik perintah di bawah ini dan tekan “Enter.”
netsh wlan delete profile name=* i=*

Semua jaringan Anda yang tersimpan sekarang akan dihapus.

Cara Melupakan Jaringan Tersimpan di Registry Editor

The Registry Editor dapat digunakan untuk menghapus jaringan Wi-Fi yang tersimpan di komputer Anda.
Buka kotak dialog RUN dengan menekan Win + R.Type di “regedit” dan tekan “Enter”Pilih subkunci jaringan pada folder Profil yang ditampilkan di sisi kiri layar. Konfirmasikan bahwa itu adalah jaringan yang tepat dengan mencentang tombol “NamaProfil” di sisi kanan layar. Itu akan berada di bawah kolom “Data”. Klik kanan pada subfolder yang ditampilkan di sisi kiri, lalu ketuk Hapus.” Tekan “Ya” untuk mengonfirmasi tindakan Anda.
Jaringan Wi-Fi yang Anda pilih sekarang akan dihapus.

Bagaimana caranya untuk Melupakan Koneksi LAN atau Ethernet

Selain melupakan jaringan Wi-Fi yang tersimpan di perangkat Anda, Anda mungkin juga ingin menghapus koneksi LAN atau Ethernet. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:
Buka menu Start dan klik kanan padanya. Pilih “Device Manager” lalu ketuk “Network Adapters.” Gulir ke koneksi LAN atau Ethernet yang ingin Anda hapus dan klik kanan padanya .Klik “Uninstall Device” dan centang prompt yang akan ditampilkan. Ketuk “Uninstall” untuk menyelesaikan proses.
Koneksi LAN atau Ethernet yang dipilih sekarang akan dilupakan.

Cara Menghubungkan Kembali ke Jaringan yang Terlupakan

Melupakan jaringan tidak berarti menjadi tidak dapat ditemukan. Ini hanya berarti bahwa kata sandi dihapus dan komputer Anda tidak lagi dapat terhubung ke jaringan secara otomatis. Jika Anda ingin menyambung kembali ke jaringan Wi-Fi sekali lagi, Anda dapat melakukannya menggunakan berbagai metode yang tersedia untuk pengguna Windows 11. Yang tercepat mungkin melalui Pusat Tindakan.

Berikut caranya:
Navigasi ke Pusat Tindakan dan klik panah di sebelah tindakan Wi-Fi.Pilih jaringan Wi-Fi yang ingin Anda sambungkan kembali.Ketikkan kata sandi dan centang kotak yang bertuliskan “Connect Automatically.” Tekan “Confirm” untuk menyelesaikan proses.
Sekarang Anda telah terhubung kembali ke jaringan yang terlupakan.

Mengucapkan Selamat Tinggal

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin melupakan jaringan Wi-Fi yang tersimpan di Windows 11 Anda komputer. Dengan panduan ini, Anda telah mempelajari beberapa metode untuk membantu Anda melakukannya. Baik melalui menu Pengaturan Cepat atau Command Prompt, ada banyak jalan yang dapat Anda jelajahi.

Pernahkah Anda melupakan jaringan Wi-Fi di Windows 11? Metode mana yang Anda gunakan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.