Cara Mem-boot PS5 dalam Mode Aman

The PS5 adalah pembangkit tenaga listrik teknologi untuk para gamer karena menjalankan game pada resolusi tinggi dan framerate. Anda tidak dapat menghindari kesalahan tidak peduli seberapa canggih sesuatu, apalagi mesin serumit PS5. Dengan demikian Sony menggabungkan kemampuan untuk mem-boot konsol andalan terbaru mereka dalam Safe Mode.

Safe Mode adalah cara aman untuk menghidupkan PS5 Anda. Ini juga memberikan akses ke beberapa pengaturan yang biasanya tidak tersedia, yang dapat membantu memperbaiki masalah. Baca terus untuk mengetahui detailnya.

Mem-boot PS5 di Safe Mode

Anda tidak perlu menemukan masalah dengan PS5 Anda hanya untuk masuk ke Safe Mode. Banyak pengguna melakukannya karena mereka ingin menyesuaikan beberapa pengaturan lanjutan. Berikut petunjuknya:
Pertama, matikan PS5 menggunakan tombol Power.Tekan dan tahan tombol Power.Lepaskan setelah Anda mendengar bunyi bip kedua.Hubungkan pengontrol ke PS5 menggunakan USB.Tekan tombol PS pada pengontrol.Boot di Safe Mode. Lihat tujuh opsi dan pilih yang Anda inginkan.
Untuk keluar dari Safe Mode, Anda dapat memilih “Restart PS5” di Safe Mode atau tekan tombol Power untuk mematikannya. Kedua opsi akan membawa Anda kembali ke layar beranda.

Opsi Mode Aman

Ketujuh opsi tersebut adalah:
Mulai ulang PS5
Pilihan ini sederhana. Jika Anda masuk ke Safe Mode karena kesalahan atau baru saja selesai menyesuaikan sesuatu yang lain dalam mode, ini adalah opsi untuk dipilih. Setelah PS5 dimulai ulang, Anda dapat mengakses layar beranda seperti sebelumnya, biasanya dengan perubahan apa pun yang diterapkan.
Ubah Output Video
Tidak semua orang memiliki monitor gaming 4K dengan kecepatan refresh 120Hz. Jika Anda ingin menyesuaikan output video PS5 secara manual, Safe Mode memungkinkan Anda melakukannya. Ada daftar resolusi dan framerate di bawah opsi “Resolution”.

Anda juga dapat membiarkan PS5 memutuskan output secara otomatis jika Anda tidak terlalu percaya diri. Konsol memiliki perangkat lunak cerdas untuk menentukan resolusi dan kecepatan bingkai video terbaik.

Pengaturan lain yang dapat Anda sesuaikan adalah Format Warna dan HDCP. Yang terakhir ini sangat membantu bagi mereka yang melihat layar kosong saat memulai PS5.
Memperbarui Perangkat Lunak Sistem
Meskipun PS5 dapat memperbarui firmware-nya secara otomatis, beberapa pengguna mungkin mengalami kesalahan yang mencegah konsol melakukannya. Dengan masuk ke Safe Mode, mereka dapat memperbarui firmware secara manual dan mendapatkan perangkat lunak terbaru di PS5 mereka. Sesuai dengan pengaturannya, Anda akan memerlukan koneksi internet yang andal agar perangkat dapat mengunduh paket dengan lancar. Penyimpanan game Anda, data aplikasi, dan objek lain di penyimpanan dipertahankan dari penghapusan. Anda dapat menghemat waktu berharga dengan memulihkan pengaturan default daripada melakukannya secara manual.
Hapus Cache Dan Bangun Kembali Basis Data
PS5 dilengkapi dengan SSD cepat untuk mencapai waktu pemuatan dan booting secepat kilat. Itu akan bertahan sampai cache menumpuk. Sekarang, konsol Anda akan terasa lamban dibandingkan dengan fase bulan madu.

Dengan memilih “Hapus Cache dan Bangun Kembali Basis Data”, Anda akan menghapus banyak data yang mungkin tidak Anda perlukan. Informasi ini biasanya membantu meningkatkan waktu pemuatan, tetapi menyimpan terlalu banyak akan menghasilkan kecepatan yang lebih lambat.

Setelah PS5 Anda menghapus cache dan membangun kembali basis datanya, Anda akan bebas menikmati kecepatan pemuatan asli sekali lagi. Yang terbaik adalah membersihkan konsol secara teratur dan mencegahnya agar tidak berkinerja buruk.
Reset PS5
A true factory reset, ini adalah pilihan terakhir ketika setiap perbaikan lainnya tidak berhasil. Saat Anda memilihnya, Anda akan kehilangan segalanya, termasuk penyimpanan game dan aplikasi Anda. Skenario umum untuk menggunakan “Reset PS5” adalah ketika konsol menolak untuk boot secara normal selain dari Safe Mode.

Anda harus mencadangkan data Anda ke hard drive sebelum melakukan reset pabrik. Melakukannya memungkinkan Anda mempertahankan kemajuan game Anda dan banyak lagi.
Reset PS5 (Instal Ulang Perangkat Lunak Sistem)
Selain menghapus semua yang ada di konsol, Anda juga menghapus firmware itu sendiri saat memilih opsi terakhir ini. Oleh karena itu, konsol Anda harus menginstal ulang sistem operasi sebelum Anda dapat menggunakannya lagi.

Safe Mode akan tetap berfungsi saat Anda mendapatkan “lampu biru kematian”. Julukan lucu ini mengacu pada konsol yang menolak untuk boot secara normal tetapi dapat masuk ke Safe Mode.

Safe Mode Not Working

Safe Mode tidak menantang untuk diaktifkan, tetapi beberapa pengguna mungkin tidak dapat mem-boot PS5 dengan cara ini. Saat itulah siklus daya masuk.
Matikan PS5.Tunggu lampu berhenti berkedip.Lepaskan kabel daya dari konsol dan diamkan setidaknya selama 20 menit.Masukkan kembali kabel pengisi daya dan coba luncurkan Safe Mode dengan langkah-langkahnya atas.
Sementara itu, Anda harus memeriksa kabel Anda yang lain, seperti kabel USB dan HDMI. Mereka harus terhubung dengan aman ke konsol dan layar. Coba gunakan soket dan kabel yang berbeda jika opsi ini tersedia untuk Anda.

Beberapa alasan Anda harus menghidupkan PS5 termasuk kabel yang rusak, menggunakan splitter HDMI atau kartu tangkap, atau bricking.

Kabel yang buruk dapat diganti, dan Anda juga dapat menggunakan yang lain stopkontak. Namun, penyebab kedua tidak begitu jelas. Perangkat ini nyaman dan bahkan mungkin diperlukan untuk pengaturan Anda. Anda mungkin harus beralih ke produk kelas atas. Mereka biasanya dibuat untuk bekerja dengan semua konsol yang kompatibel dengan sempurna.

Bricking lebih sulit untuk diperbaiki karena tidak akan merespons tombol apa pun yang Anda tekan. Safe Mode tidak dapat menyimpan PS5 Anda jika rusak, karena bahkan tidak dapat memasuki mode itu sama sekali.

Satu-satunya harapan Anda adalah mencoba dan menyalakannya kembali setelah membiarkannya tidak terhubung ke sumber listrik untuk waktu yang lama. Jika tidak, Anda harus mengklaim garansi dan membiarkan seorang profesional memperbaiki konsol.

FAQ Tambahan
Apakah membangun kembali basis data akan menghapus sesuatu?

Ini akan menghapus data yang di-cache, tetapi fungsi ini membiarkan kemajuan permainan dan data lainnya tidak tersentuh. Kami merekomendasikan untuk melakukan tugas ini sesering mungkin untuk memastikan pengalaman yang lancar. Anda mungkin akan menemukan konsol memuat lebih cepat setelah cache dibersihkan.
Haruskah saya melakukan reset PS5?

Hanya jika Anda mengalami masalah serius atau ingin menjual konsol Anda. Reset pabrik akan menghilangkan kesalahan yang Anda temukan dan tidak dapat diperbaiki. Data juga harus dihapus untuk menjaga privasi Anda saat Anda menjual konsol.
Dapatkah saya memperbarui PS5 saya tanpa internet?

Jika Anda tidak memiliki koneksi internet yang andal, Anda dapat mengunduh terlebih dahulu firmware terbaru ke drive USB. PS5 Anda dapat mengakses file dan memperbarui perangkat lunak tanpa koneksi internet.

Fitur Keamanan Penting

Fungsi kuat PS5 tidak hanya berfungsi untuk game, tetapi juga dilengkapi dengan cara untuk memungkinkan pengguna memperbaiki banyak masalah. Safe Mode telah membantu banyak pengguna mengatasi masalah atau menyesuaikan pengaturan mereka. Semua pemilik PS5 harus mempelajari cara menggunakan Safe Mode jika terjadi sesuatu tanpa peringatan.

Apakah Safe Mode pernah menyimpan konsol Anda? Apa pendapat Anda tentang perangkat lunak PS5? Beri tahu kami pendapat Anda di bagian komentar di bawah.