Cara Memasang Font di

Windows 11 dilengkapi dengan pilihan font yang layak untuk memenuhi kebutuhan banyak orang. Namun, jika Anda bukan salah satu dari orang-orang itu atau ingin menambahkan lebih banyak kepribadian pada tulisan Anda, kami punya solusi untuk Anda. Anda dapat menambahkan dan menggunakan font khusus yang telah Anda temukan atau buat dalam beberapa klik.

Terus membaca untuk mempelajari cara menginstal font di Windows 11.

Di mana Menemukan Font

Ada beberapa tempat asal font Anda. Sebelum memulai pencarian Anda, Anda harus tahu apa yang harus dicari.

Fonts datang sebagai file, dan Anda perlu memastikan file font yang Anda pilih kompatibel dengan sistem operasi Anda. Windows 11 mendukung format berikut:
TrueType (ekstensi file .ttf)OpenType (ekstensi file .otf)TrueType Collection (ekstensi file .ttc)PostScript Type 1 (ekstensi file .pfb + .pfm)File
Font tidak berbeda dengan file biasa. Oleh karena itu, Anda dapat mengimpornya ke PC dari sistem lain menggunakan CD, DVD, atau drive USB. Jika font kustom adalah persyaratan pekerjaan, Anda dapat menggunakan jaringan organisasi untuk mentransfernya ke komputer Anda.

Salah satu cara teraman untuk mendapatkan font adalah halaman web Microsoft Typography. Halaman ini berisi database terbaru perusahaan dan individu yang membuat dan mendistribusikan fonts.

Anda dapat menemukan font gratis dan shareware di halaman ini, tetapi perhatikan bahwa Anda biasanya perlu membeli font untuk penggunaan komersial.

Cara lain untuk menghindari mengunduh sesuatu yang berbahaya bagi Anda sistem menggunakan aplikasi Microsoft Store. Aplikasi ini adalah metode bawaan Windows 11 untuk menemukan font dan menyederhanakan proses.

Cara Memasang Font

Ketika Anda menemukan font yang ingin Anda gunakan dengan aplikasi Office, Anda harus mengunduhnya ke komputer Anda.

Kebanyakan ketiga- situs web pihak mengemas font mereka dalam file .zip untuk membuat ukuran file lebih kecil dan pengunduhan lebih cepat. Sebelum melanjutkan, Anda perlu mengekstrak file. Ada dua cara untuk melakukannya:
Klik dua kali file ZIP untuk membukanya dan seret file font Anda ke lokasi baru.Klik kanan file ZIP, pilih “Ekstrak Semua”, dan ikuti petunjuk di layar.
Ada juga file font dengan ekstensi file lain, seperti .7z atau. rar Dalam hal ini, Anda memerlukan alat pengekstrak pihak ketiga.

File font yang diekstraksi tidak akan tersedia secara otomatis untuk sistem operasi Anda. Windows 11 tidak akan mengenali font baru sampai Anda menginstalnya.

Cara Memasang Font Dari Internet

Situs web Internet mungkin menjadi sumber masuk Anda untuk font baru karena berbagai pilihan yang tersedia. Memasang font baru di Windows 11 adalah tugas yang relatif mudah. Font sempurna Anda hanya dengan beberapa klik saja dengan metode mana pun yang Anda pilih.
Instal Font Menggunakan File Explorer
Ini mungkin metode paling mudah yang dapat Anda gunakan. Untuk menginstal font baru, lakukan hal berikut:
Cari file font menggunakan File Explorer.Klik kanan file tersebut.Pilih “Show more options.”Klik “Install.”
Atau, klik dua kali file font dan tekan “Install” pada jendela pratinjau font.

Font Anda akan secara otomatis pindah ke folder Font Windows.
Instal Font Menggunakan Folder Font Windows
Folder Font Windows adalah tujuan akhir dari setiap font yang Anda instal. Jadi, Anda dapat memotong perantara dan menginstal font langsung dari folder.
Klik kanan file font.Pilih “Salin.” Ketik “C:WindowsFonts” di bilah alamat File Explorer.Klik kanan pada ruang kosong di folder Font Windows. Gulir ke bawah ke “Tempel.”
Alih-alih menyalin dan menempel, Anda dapat menarik dan melepaskan satu atau beberapa file font ke dalam folder.
Instal Font Menggunakan Pengaturan
Aplikasi Pengaturan adalah komponen penting Windows yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan preferensi Anda dan mengkonfigurasi sistem operasi Anda. Tidak heran Anda juga dapat menggunakannya untuk menginstal font baru.
Buka aplikasi “Pengaturan”. Buka “Personalisasi”. Pilih “Font”. Seret dan jatuhkan file font ke bagian “Tambahkan font”.
Cara Memasang Font Melalui Microsoft Store

Microsoft Store mungkin menawarkan lebih sedikit variasi font, tetapi sangat ramah pengguna dan aman. Anda tidak mungkin mengunduh file berbahaya di sistem Anda, yang selalu memungkinkan saat beralih ke internet untuk fonts.

Anda Secara alami, langkah pertama adalah meluncurkan Microsoft Store. Anda dapat menemukan aplikasi praktis ini:
Di Bilah Tugas.Di menu Mulai.Dengan mengetik “Microsoft Store” di bilah pencarian.
Setelah Anda berada di Microsoft Store, ikuti langkah-langkah ini untuk memasang font baru:
Ketik “Font” di bilah pencarian di bagian atas. Ketuk ikon “Font”. Tekan tombol “Jelajahi font baru”. Pilih font yang Anda minati. Klik tombol “GET” pada halaman font. Ketika tombol “GET” menjadi ” Buka”, font Anda siap digunakan.
Anda harus masuk ke akun Microsoft Anda untuk mendapatkan font berbayar. Sebelum menginstal font yang diinginkan, Anda harus memilih metode pembayaran dan mengkonfirmasi pembelian Anda.

Cara Menghapus Font

Dengan begitu banyak pilihan yang menarik, mudah untuk berlebihan saat menginstal font kustom. Jika terlalu banyak opsi membuat sulit untuk memilih, Anda dapat menghapus font yang tidak lagi Anda perlukan dalam beberapa langkah sederhana.
Tekan pintasan “Windows + I” untuk meluncurkan “Pengaturan.” Pilih “Personalisasi” dari bilah sisi. Ketuk “Font. ”Cari font yang ingin Anda instal di area “Font yang tersedia”. Klik font tersebut. Pilih “Copot pemasangan.” Konfirmasikan pilihan Anda saat diminta.
Jika Anda ingin menghapus lebih banyak font sekaligus, lakukan hal berikut:
Enter “C:WindowsFonts” di bilah alamat File Explorer untuk membuka folder Font Windows. Tekan dan tahan tombol “Kontrol”. Pilih semua font yang ingin Anda copot pemasangannya. Klik tombol “Hapus” di bagian atas halaman tersebut.Pilih “Ya” untuk mengonfirmasi pilihan Anda.
Custom Adalah Nama Game

Font khusus dapat menjadi cara terbaik bagi pengembang, desainer grafis, dan penulis untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sentuhan kreatif mereka sendiri. Menginstal font baru tidak membutuhkan waktu lebih dari beberapa menit, tetapi ini dapat membuat proyek Anda menonjol.

Pernahkah Anda mencoba menginstal font baru? Metode mana yang Anda pilih? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.