Cara Memasang macOS Dari USB

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Memiliki cadangan macOS Anda adalah cara yang bagus untuk menjadi proaktif jika Anda memiliki masalah dengan Mac Anda. Dengan memiliki cadangan sistem operasi, Anda dapat dengan mudah memulihkan OS Mac atau menginstalnya di beberapa perangkat berbeda. Meluangkan waktu sekarang untuk membuat penginstal yang dapat di-boot dapat menghemat banyak kerumitan jika Anda memerlukannya di masa mendatang.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menginstal macOS dari USB menggunakan beberapa metode. mengalami masalah dengan Mac Anda, salah satu solusinya adalah menginstal ulang macOS menggunakan USB yang dapat di-boot. Menggunakan metode ini dapat menyelamatkan Anda dari sakit kepala saat mencoba mendiagnosis masalahnya. Metode ini mudah. Begini caranya:
Matikan Mac Anda. Colokkan USB yang dapat di-boot. Jalankan Mac Anda dan tahan tombol “Option/Alt” untuk menempatkannya dalam mode pemulihan. Ketika Mac Anda menampilkan Startup Manager, klik pada drive eksternal USB yang Anda colokkan. Pilih “Instal macOS” dan tekan “Lanjutkan.” OS akan menginstal dari USB yang dapat di-boot. Setelah proses selesai, Mac Anda akan reboot secara otomatis.
Instal macOS Dari USB Disk Utility

Cara lain untuk menginstal macOS dari USB adalah dengan menggunakan metode Disk Utility. Harap perhatikan bahwa menggunakan metode ini akan menghapus semua yang saat ini ada di hard drive Mac Anda. Jika Anda mengalami masalah dengan booting Mac dengan benar, ini akan menyelesaikan masalah. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Matikan Mac Anda.Masukkan USB yang dapat di-boot.Tahan tombol “Option” dan mulai ulang Mac Anda.Setelah dimulai ulang, pilih USB dan pilih “Disk Utility”.Ketuk perangkat keras utama Mac Anda drive, klik “First Aid” dan kemudian “Erase.” Dari jendela popup, untuk “Format,” pilih “OS X Extended (Journaled)” dan tekan “Erase.” Ini akan menghapus drive utama Anda. Setelah selesai, tutup jendela Disc Utility dan pilih “Instal OS X.” Pilih drive utama Anda untuk menginstal macOS dari USB Anda. Setelah proses berakhir, Mac Anda akan reboot dan OS baru Anda akan operating.
Instal macOS Dari USB Tanpa Internet

Menginstal macOS dengan USB yang dapat di-boot tidak memerlukan koneksi internet. Namun, Anda harus membuat cadangan terlebih dahulu. Memiliki USB tempat Anda dapat boot dan menginstal ulang macOS Anda sepadan dengan waktu yang diperlukan untuk membuatnya. Jika Anda memiliki masalah dengan Mac Anda, perangkat praktis ini dapat menghemat banyak waktu. Anda harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu dan memiliki drive USB dengan ruang minimal 8GB. Untuk membuatnya, ikuti petunjuk di bawah ini:
Unduh Disk Maker ke Mac Anda. Pilih versi OS mana yang ingin Anda gunakan. Unduh macOS yang Anda inginkan untuk USB yang dapat di-boot dan simpan di folder Aplikasi Anda. Luncurkan penginstal Disk Maker dan salin aplikasi ke folder Aplikasi Anda. Pembuat Disk akan mendeteksi OS yang diunduh. Klik “Gunakan Salinan ini.” Colokkan drive USB Anda. Dari jendela sembulan, pilih “8 GB USB Thumb Drive”. Anda akan melihat daftar semua drive di Mac Anda. Pilih salah satu yang ingin Anda gunakan sebagai penginstal USB macOS. Ketuk “Hapus dan Buat Disk USB macOS.” Proses pembuatan dapat memakan waktu lama. Setelah proses selesai, lepaskan USB. Simpan drive USB di tempat yang aman. Anda akan memerlukannya jika Anda harus menginstal ulang macOS.
FAQ tambahan
Saya tidak memiliki drive USB yang dapat di-boot. Apakah ada hal lain yang dapat saya lakukan untuk menginstal ulang macOS saya?

Ya. Untungnya, Anda memiliki beberapa opsi lain untuk menginstal ulang OS Anda. Mac Anda memiliki sistem pemulihan bawaan yang dapat Anda gunakan. Berikut pilihan Anda:

1. Matikan komputer Anda.

2. Tahan “Command + Option + Alt + R” dan tekan tombol power.

3. Anda akan melihat kata-kata “Memulai Pemulihan Internet.”

4. Bilah kemajuan akan muncul di layar. Tunggu semua proses selesai.

5. Mac Anda akan reboot secara otomatis. Saya tidak dapat membuat Mac saya melakukan booting dalam Mode Pemulihan. Apa yang harus saya lakukan?

Terkadang Mac Anda mungkin memberi Anda masalah saat mencoba melakukan booting dalam Mode Pemulihan. Partisi pemulihan Anda mungkin rusak atau volume startup telah dihapus. Jika Anda mengalami masalah ini, coba ini:

1. Mulai ulang komputer Anda.

2. Pergi ke “Aplikasi” dan kemudian “Utilitas.”

3. Temukan dan luncurkan aplikasi “Terminal”.

4. Ketik “daftar diskutil”. Tekan tombol enter.

5. Anda akan melihat daftar semua drive dan partisi Mac Anda.

Jika Anda tidak melihat “Apple_Boot Recovery HD” atau “APFS Volume Recovery”, maka Mac Anda tidak memiliki partisi pemulihan yang sesuai. Anda mungkin dapat memulihkannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Nyalakan kembali komputer Anda sambil menahan tombol “Command + Option + P + R”.

2. Lepaskan mereka setelah mendengar lonceng kedua.

3. Mac Anda akan secara otomatis reboot.

4. Arahkan ke “Applications” lalu ke “Utilities.”

5. Ketik “daftar diskutil” dan tekan Enter.

6. Periksa untuk melihat apakah Anda sekarang memiliki “APFS Volume Recovery” atau “Apple_Boot Recovery HD.”

Jika Anda sekarang memilikinya, Anda seharusnya dapat mem-boot Mac Anda dalam Mode Pemulihan.
Dapatkah saya memulihkan Mac saya dari cadangan?

Jika Anda’ Anda mengalami masalah dengan macOS Anda, terkadang merupakan ide bagus untuk mencoba dan memulihkannya ke waktu sebelumnya. Anda mungkin telah mengunduh aplikasi atau plugin yang menyebabkan masalah, jadi memulihkan Mac ke keadaan sebelumnya dapat menyelesaikan masalah. Membuat titik pemulihan secara berkala adalah cara yang bagus untuk menjadi proaktif dan melindungi diri Anda dari masalah yang lebih besar yang mungkin muncul. Inilah cara melakukannya:

1. Nyalakan komputer Anda dan tahan tombol “Command + R”.

2. Tahan hingga Anda melihat logo Apple muncul di layar.

3. Jendela Utilitas akan terbuka. Pilih “Pulihkan dari Pencadangan Waktu” dan klik “Lanjutkan.”

4. Ketuk “Lanjutkan” lagi.

5. Pilih tanggal pencadangan dari sebelum Anda mulai mengalami masalah dan tekan “Lanjutkan.” Memiliki cara alternatif untuk mem-boot Mac Anda dapat menyelamatkan Anda dari masalah mencoba mendiagnosis masalah. Untuk menginstal ulang macOS, Anda tidak perlu terhubung ke internet dan Anda dapat melakukannya dalam Mode Pemulihan atau menggunakan Disk Utility. Apakah Anda harus menginstal ulang macOS dari USB? Apakah Anda mengikuti metode yang diuraikan dalam artikel ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.