Cara Memasang Python 3.11 di Debian 11/10

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tim Python telah mengumumkan rilis baru Python 3.11. Pada saat yang sama, pengembangan Python 3.12 telah dimulai. Sampai hari ini, Python 3.11 adalah versi terbaru yang tersedia untuk instalasi. Versi ini dimuat dengan berbagai fitur baru dan peningkatan keamanan. Pengembang Python akan merasa lebih baik dengan versi ini dalam hal tampilan kesalahan dan debugging dll.
Advertisement
Tutorial ini akan membantu Anda menginstal Python 3.11 pada sistem Debian 11 & Debian 10 Linux. Tutorial ini akan mengkompilasi dan menginstal kode sumber Python 3.11 pada sistem Anda.
Instruksi Langkah demi Langkah untuk Membuat Lingkungan Virtual PythonPrasyarat

Masuk ke sistem Debian Anda dengan akun istimewa sudo. Kemudian buka terminal (CTRL+ALT+T) dan jalankan perintah di bawah ini untuk memperbarui paket.

sudo apt update && sudo apt upgrade 

Kemudian instal paket yang diperlukan untuk kompilasi kode sumber Python.
[ pre class=terminal>sudo apt install wget build-essential libncursesw5-dev libssl-dev
libsqlite3-dev tk-dev libgdbm-dev libc6-dev libbz2-dev libffi-dev zlib1g-dev ]praInstal Python 3.11 di Debian

Repositori paket default Debian berisi versi paket Python yang lebih lama. Jadi jika versi yang lebih lama memenuhi persyaratan Anda, Anda harus menginstalnya dari repositori default. Untuk menjelajahi fitur versi terbaru, kompilasi dan instal Python dari kode sumber di sistem Debian.

Gunakan petunjuk langkah demi langkah berikut untuk menginstal Python 3.11 di sistem Debian Anda:
Unduh Python: Unduh kode sumber Python 3.11 dari FTP-nya situs web.

wget https://www.python.org/ftp/python/3.11.1/Python-3.11.1.tgz 

Extract Archive: Setelah pengunduhan selesai, ekstrak arsip dengan tar perintah di sistem Anda.

tar xzf Python-3.11.1.tgz 

Compiling Sumber Python: Ubah ke direktori yang diekstraksi dengan perintah cd, lalu siapkan kode sumber Python untuk kompilasi dengan ./configure di sistem Anda .

cd Python-3.11.1 ./configure --enable-optimizations 

Installing Python 3.11: Terakhir, karena kode sumber siap untuk dikompilasi, Anda dapat menggunakan perintah te make untuk mengkompilasi dan menginstal Python dari kode sumber pada sistem Debian. Di sini altinstall mencegah kompiler untuk mengesampingkan versi Python default.

make altinstall 

Kompilasi mungkin memakan waktu tergantung pada spesifikasi sistem. Tunggu hingga penginstalan Python selesai di sistem Anda.
Periksa Versi Python

Pada tahap ini, Anda akan menginstal Python 3.11 di sistem Debian 11 dan Debian 10 Anda. Anda perlu mengetikkan python3.11 untuk menggunakan versi ini. Misalnya, untuk memeriksa versi Python, jalankan:

python3.11 -V Python 3.11.1 

Proses kompilasi juga menginstal PIP untuk Python Anda. Untuk memeriksa versi pip untuk Python, jalankan:

pip3.11 -V pip 22.3.1 from /usr/local/lib/python3.11/site-packages/pip (python 3.11) 

Itu itu, Anda telah berhasil menginstal Python 3.11 pada sistem Debian 11 dan Debian 10.
Kesimpulan

Kesimpulan, Python adalah bahasa pemrograman tujuan umum tingkat tinggi yang digunakan untuk aplikasi web serta pemrograman sistem. Dalam tutorial ini, Anda telah belajar menginstal Python 3.11 pada sistem Linux Debian menggunakan kode sumber. Anda dapat mencoba contoh Python melalui baris perintah.

Referensi tecadmin.com