Cara Mematikan Delivery Optimization di Windows 11

Delivery Optimization adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengunduh pembaruan Windows dari perangkat lain di jaringan yang sama. Layanan peer-to-peer ini terkadang mengurangi masalah bandwidth selama pembaruan, tetapi juga dapat menimbulkan masalah jika Anda memiliki batasan data.

Apa itu Delivery Optimization?

Optimalisasi Pengiriman/Delivery Optimization adalah fitur peer-to-peer yang mengunduh pembaruan (atau bagian dari pembaruan) dari PC lain. Selain itu, ini akan mengunggah pembaruan (atau bagian dari pembaruan) yang telah Anda instal di PC Anda sehingga tersedia untuk PC lain.

Ide di balik Pengoptimalan Pengiriman adalah untuk meningkatkan proses mendapatkan Pembaruan Windows dan Microsoft Simpan aplikasi. Klaimnya adalah bahwa itu membuat aplikasi dan pembaruan Anda lebih cepat dan mudah.

Meskipun ini mungkin terdengar bagus, itu bisa merugikan Anda. Pengoptimalan Pengiriman berfungsi baik dengan perangkat di jaringan lokal Anda atau dengan perangkat di jaringan lokal Anda dan internet. Opsi terakhir akan memakan data Anda dengan cepat.

Meskipun Microsoft menyatakan tidak akan mengunggah konten dari PC Anda ke perangkat lain jika mendeteksi Anda menggunakan koneksi terukur, Microsoft tidak menyatakan bahwa Anda harus memberi tahu Microsoft koneksi Anda diukur untuk mendeteksinya. Selain itu, opsi koneksi terukur dinonaktifkan secara default (Aktifkan dengan membuka Pengaturan > Wi-Fi & Internet, pilih koneksi Wi-Fi Anda, lalu aktifkan “Koneksi Terukur”). dengan biaya Anda.

Menggunakan “Perangkat di Jaringan Lokal Saya” dapat menjadi ide yang baik jika Anda berencana untuk menginstal pembaruan terbaru pada setiap perangkat di jaringan Anda. Karena hal ini sering tidak terjadi, opsi terbaik adalah menonaktifkan Pengoptimalan Pengiriman sepenuhnya.

Mematikan Delivery Optimization Dari Aplikasi Pengaturan

Cara termudah untuk mematikan Pengoptimalan Pengiriman adalah melalui aplikasi Pengaturan. Buka Pengaturan dengan menekan “Windows+i” dan kemudian pilih “Pembaruan Windows” dari bagian bawah panel kiri.

Pada layar berikutnya, klik “Opsi Lanjutan” di bawah grup Opsi Lainnya.

Gulir ke bawah ke grup Opsi Tambahan dan klik “Pengoptimalan Pengiriman.”

Pada layar berikutnya, alihkan penggeser di sebelah “Izinkan Unduhan Dari PC Lain” ke posisi “Mati”.

Optimalisasi Pengiriman sekarang dinonaktifkan. konfigurasi dan pengaturan untuk pengguna Windows, jadi masuk akal jika Anda juga dapat menonaktifkan Pengoptimalan Pengiriman dari Windows Registry.

Peringatan: Windows Registry adalah alat yang ampuh dan penyalahgunaan dapat membuat sistem Anda tidak dapat dioperasikan. Hanya gunakan registri jika Anda tahu apa yang Anda lakukan. Periklanan

Pertama, buka Windows Registry dan navigasikan ke jalur ini:

Computer/HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/Current/ControlSetServices/DoSvc

Temukan dan klik dua kali tombol “Start”. Pada jendela Edit DWORD yang muncul, ubah Value Data menjadi “4” lalu klik “OK.”

Restart komputer Anda untuk mengaktifkan perubahan.

Mengapa Saya Tidak Dapat Menonaktifkan Delivery Optimization ?

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin tidak dapat menonaktifkan Pengoptimalan Pengiriman. Pengguna umum tidak akan mengalami masalah ini, tetapi jika perangkat Anda dikelola oleh suatu organisasi, maka tim TI Anda kemungkinan telah berhasil sehingga Anda tidak dapat menonaktifkan Pengoptimalan Pengiriman. Dalam kejadian seperti itu, hubungi administrator sistem Anda untuk detail lebih lanjut.

Ini dia. Anda dapat menonaktifkan Pengoptimalan Pengiriman dari aplikasi Pengaturan dan Windows Registry. Seperti disebutkan, Windows Registry adalah alat yang ampuh dan Anda hanya boleh menggunakannya jika Anda tahu apa yang Anda lakukan. Namun, Anda dapat melakukan banyak hal dengan Registry Windows, jadi sangat berharga untuk mempelajari cara menggunakannya!

Itulah berita seputar Cara Mematikan Pengoptimalan Pengiriman di Windows 11, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.