Cara Mematikan Layar Sentuh di Chromebook

Chromebooks adalah perangkat yang brilian, jika Anda tidak membutuhkan laptop yang dapat menangani program yang menuntut. Jika Anda menginginkan pengalaman browser, mendapatkan Chromebook adalah ide yang brilian. Namun, beberapa fitur bisa menjadi terlalu banyak.

Layar sentuh adalah contoh utama. Ini bagus untuk penjelajahan yang mudah dan membuat kombinasi yang bagus antara navigasi smartphone dan laptop. Namun, Anda terkadang ingin mematikan layar sentuh dan touchpad di Chromebook Anda. Untungnya, Google telah memikirkan hal ini dengan matang dan membuat menghidupkan/mematikan layar sentuh menjadi sangat mudah.

Berikut ini cara menangani layar sentuh dan bidang sentuh, serta beberapa tip bidang sentuh tambahan.

Mengapa Menonaktifkan Layar Sentuh?

Memiliki layar sentuh di laptop itu bagus . Anda dapat menggunakan layar tanpa menggunakan touchpad, sambil tetap dapat mengetik menggunakan keyboard. Namun, terkadang Anda ingin menunjuk ke layar dan tidak terjadi apa-apa. Inilah sebabnya mengapa Google telah membuat opsi untuk mematikan dan menghidupkannya sesuka hati.

Mengapa Menonaktifkan Touchpad?

Katakanlah Anda menggunakan fitur layar sentuh alih-alih opsi touchpad. Atau mungkin Anda telah mencolokkan mouse biasa ke Chromebook Anda. Sesekali, Anda akan secara tidak sengaja menyentuh touchpad saat mengetik dan penunjuk akan bergerak dengan mengganggu. Lebih buruk lagi, Anda dapat mengeklik dan melakukan tindakan yang tidak ingin Anda lakukan.

Inilah sebabnya fitur touchpad dapat dengan mudah diaktifkan atau dinonaktifkan di Chromebook.

Menonaktifkan Layar Sentuh/Touchpad

Chromebook tidak seperti laptop biasa Anda. Mereka memiliki fitur yang lebih sederhana daripada perangkat Windows dan MacBook. Faktanya, sebagian besar tweak dilakukan dari browser Chrome yang sebenarnya di laptop. Ini mungkin terdengar sedikit mengganggu, tetapi tentu saja menambah aspek kesederhanaan di sini.
Untuk menonaktifkan layar sentuh dan/atau bidang sentuh, buka browser Chrome di Chromebook Anda. Kemudian, ketik “chrome://flags/#ash-debug-shortcuts” di bilah alamat. Dari layar berikutnya, temukan cara pintas keyboard Debugging. Ini mungkin akan disorot. Klik Aktifkan untuk mengaktifkan opsi ini. Sekarang, mulai ulang perangkat dan gunakan Search + Shift + T untuk menonaktifkan fungsi layar sentuh. Untuk menonaktifkan fungsi touchpad, tekan Search + Shift + P.
Tips Ekstra Tentang Menggunakan Touchpad

Kelihatannya tidak seperti itu, tetapi touchpad Chromebook memiliki lebih banyak fungsi daripada touchpad laptop biasa. Jadi, sebelum menonaktifkan touchpad selamanya, lihat tips ini dan coba.
Untuk mengklik, ketuk atau tekan bagian bawah touchpad. Untuk melakukan tindakan klik kanan, cukup tekan/ketuk touchpad menggunakan dua jari secara bersamaan. Atau, tekan Alt lalu klik/ketuk dengan satu jari. Untuk menggulir, letakkan dua jari pada panel sentuh dan gerakkan ke kiri/kanan untuk melakukan pengguliran horizontal atau ke atas/bawah untuk melakukan pengguliran vertikal.Jika Anda ingin kembali ke halaman tempat Anda berada, geser ke kiri dengan dua jari. Geser ke kanan menggunakan dua jari untuk maju.Untuk melihat semua jendela yang terbuka, gunakan tiga jari dan geser ke bawah atau ke atas.Untuk menutup tab, arahkan kursor ke atasnya dan ketuk/klik touchpad menggunakan tiga jari. Untuk membuka tautan web di tab baru, arahkan kursor ke tautan dan ketuk/klik panel sentuh menggunakan tiga jari. Gesek ke kiri/kanan menggunakan tiga jari untuk beralih di antara beberapa tab. Terakhir, untuk memindahkan item dari titik A ke titik B, klik dan tahan item menggunakan satu jari. Kemudian, seret item ke lokasi yang diinginkan.Untuk mengubah cara kerja touchpad, buka Pengaturan dan ubah pengaturan di bagian Touchpad/Touchpad dan mouse.
Pertanyaan Umum
Mengapa pintasan keyboard tidak menonaktifkan layar sentuh?

Jika Perintah Pencarian + Shift + T tidak berfungsi, maka Anda harus mengaktifkan pintasan di browser Chrome, seperti yang disebutkan di atas, atau Anda harus mengaktifkan tombol Pencarian jika sebelumnya Anda menonaktifkannya.

Mematikan Layar Sentuh dan Touchpad

Seperti yang Anda lihat, mematikan layar sentuh dan touchpad di Chromebook cukup mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan opsi pintasan keyboard Debugging. Acak antara bidang sentuh dan layar sentuh dan gunakan kiat yang disebutkan untuk pengalaman menjelajah yang lancar di Chromebook.

Apakah menurut Anda tutorial ini berguna? Apakah Anda mempelajari cara mengoperasikan layar sentuh dan bidang sentuh di Chromebook? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah. Dan jangan takut untuk mengajukan pertanyaan atau menambahkan beberapa tips tambahan.