Cara Mematikan Mode Lebar di TV Sony

Apakah Anda memiliki TV Sony dan ingin tahu cara mematikan mode lebar? Kamu tidak sendiri. Jika layar Anda diperbesar, diregangkan, atau kata-kata di bagian bawah layar terpotong, mode lebar mungkin telah diaktifkan.

Artikel ini akan menunjukkan cara mematikan pengaturan ini dan menikmati gambar TV Anda dalam kualitas aslinya.

Bagaimana untuk Mematikan Mode Lebar pada TV Sony

Sony selalu menjadi salah satu perusahaan paling inovatif dalam elektronik, dan seperti produk Sony lainnya, TV mereka telah menetapkan standar di dunia televisi.

Dari antarmuka pengguna yang intuitif, kualitas gambar yang jernih , dan garis desain yang ramping, TV Sony mewujudkan semua hal yang kami sukai dari perangkat TV modern.

Terutama, sebagian besar model TV Sony dilengkapi dengan teknologi 4k, fitur “ultra-high-definition” yang memberikan TV Anda empat kali lipat jumlah piksel resolusi tinggi tradisional. definisi teknologi TV. Ini menghasilkan gambar dengan detail dan kualitas gambar yang jauh lebih baik daripada banyak merek TV lain di pasaran.

Tapi bukan itu saja. TV Sony hadir dengan pengaturan mode lebar yang memungkinkan Anda untuk melebarkan tampilan, membuatnya terlihat lebih alami untuk video yang diambil dengan lensa sudut lebar. Pengaturan ini bisa sangat baik untuk acara olahraga dan hiburan publik lainnya karena Anda dapat mengikuti apa yang terjadi secara keseluruhan.

Sayangnya, mode lebar tidak cocok untuk semua video atau program. Ini dapat menyebabkan distorsi atau pikselasi pada beberapa layar, terutama yang tidak menggunakan pengaturan overscan untuk mengimbangi materi analog. Ini mungkin juga tidak berfungsi untuk tampilan yang tampak kotak surat saat dalam mode standar tetapi menunjukkan geometri dan dimensi gambar yang sangat berbeda dalam mode lebar.

Mode lebar adalah pengaturan yang dapat dihidupkan, tetapi TV Anda mungkin juga menerima sinyal yang belum disesuaikan dengan mode “normal”.

Apa pun situasinya, Anda akan senang mengetahui bahwa Anda dapat menonaktifkan pengaturan mode lebar dan menikmati gambar dalam kualitas aslinya tanpa distorsi apa pun.

Mari selami caranya:

Metode 1: Menggunakan Lebar Tombol Mode pada Remote

Beberapa model TV Sony yang menawarkan pengaturan mode lebar dilengkapi dengan tombol lebar atau zoom pada remote. Sulit untuk melewatkan tombol ini karena ikonnya berbentuk persegi panjang, dengan panah ke segala arah.

Untuk menonaktifkan mode lebar, cukup tekan tombol mode lebar berulang kali. Meskipun ini mungkin memaksa Anda untuk beralih melalui pengaturan mode lebar berbeda yang tersedia di TV Anda, Anda akan dapat memilih pengaturan tampilan yang paling nyaman bagi Anda.

Metode 2: Menggunakan Pengaturan Sistem

Tombol mode lebar tidak diragukan lagi merupakan alat yang nyaman untuk menyesuaikan tampilan TV Anda dan menghilangkan gambar atau video yang diregangkan yang tampak diperbesar. Sayangnya, tidak semua model TV Sony dilengkapi dengan itu. Dalam situasi ini, Anda perlu mengakses pengaturan sistem TV Anda untuk mematikan mode lebar.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka menu TV Anda dengan menekan tombol Home atau Menu pada remote Anda.Klik “Pengaturan Sistem.” Pilih “Layar” dari submenu yang dihasilkan. Pada titik ini, Anda akan melihat daftar pengaturan mode lebar berbeda yang tersedia. Klik “Normal.” Ini akan menampilkan semua gambar 4:3 dalam ukuran aslinya.
Tips Mengatasi Masalah Tambahan

Terkadang mode lebar tidak akan hilang bahkan setelah mengubah pengaturan atau berulang kali menekan tombol mode lebar pada remote Anda. Jika ini terjadi, ada metode pemecahan masalah tambahan yang dapat membantu Anda mengidentifikasi sumber masalahnya.

Mari kita bahas setiap metode lebih detail.

Metode 1: Lakukan Reset Daya

Sebelum mencoba sesuatu yang rumit, Anda mungkin ingin melakukan reset daya sederhana. Tapi mengapa?

Sama seperti komputer, TV Sony modern mengandalkan urutan startup yang terkoreografi dengan baik untuk dapat menerima sinyal dan mengubahnya menjadi gambar dengan sukses. Jika satu atau lebih program yang terlibat tidak diluncurkan dengan benar, gambar mungkin tampak terdistorsi atau lebarnya tidak normal.

Untuk hasil terbaik, berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan reset daya:
Matikan TV Anda.Cabut kode daya dari stopkontak listrik dan tunggu setidaknya 60 detik. Sambungkan kembali kabel daya dan nyalakan TV.
Metode 2: Periksa Menu TV

Jika reset daya tidak mengembalikan kualitas gambar yang diinginkan, Anda harus memeriksa menu TV dan layar beranda. Semua pengaturan mode lebar mengubah rasio aspek untuk memperluas atau menyesuaikan lebar dan tinggi gambar Anda, tetapi tidak mengganggu menu atau layar beranda Anda.

Jika menu Anda juga terdistorsi atau melebar, mungkin ada masalah teknis yang hanya dapat diselesaikan oleh teknisi Sony.

Metode 3: Beralih ke Sumber Input yang Berbeda

Salah satu hal terbaik tentang TV Sony adalah memungkinkan Anda menyambungkan ke sumber input lain seperti DVD, Blu-ray, USB, dan HDMI, bukan hanya kabel. Sumber input ini membantu Anda menikmati berbagai jenis konten di TV, termasuk musik, film, dan video game.

Namun, perangkat ini juga dilengkapi dengan pengaturan tampilannya sendiri. Itu berarti layar Anda mungkin tampak melebar karena pengaturan DVD Anda, atau gambar dapat diperbesar karena pengaturan di konsol game Anda.

Untuk mengetahui apakah sumber input tertentu adalah penyebabnya, cukup alihkan ke sumber lain dan periksa apakah layar masih tampak membentang. Setelah Anda mengidentifikasi perangkat yang bermasalah, Anda harus memeriksa pengaturannya daripada TV Anda.

Metode 4: Matikan Teks Tertulis

Teks Tertutup memberikan berbagai manfaat, mulai dari akses ke layanan untuk pemirsa tunarungu dan yang mengalami gangguan pendengaran hingga narasi yang lebih mudah dipahami atau penjelasan. Tapi mereka juga bisa membuat gambar melebar, terpotong, atau terdistorsi. Oleh karena itu, menonaktifkannya dapat memulihkan kualitas gambar asli di layar Anda.

Metode 5: Memeriksa Konten

Terkadang layar yang melebar atau terdistorsi dapat diakibatkan oleh konten yang Anda tonton. Misalnya, film yang direkam dalam format bioskop 21:9 dan rasio layar lebar lainnya akan terdistorsi saat berada di TV layar lebar (16:9).

Selain itu, beberapa program TV menampilkan spanduk atau ticker di bagian bawah layar.

Semua aspek ini adalah bagian dari sinyal siaran dan karenanya tidak dapat diubah.

FAQ Tambahan
Apa itu Mode Lebar di TV Sony?

Mode lebar adalah fitur yang memungkinkan Anda menonton konten dalam format gambar yang lebih luas. Ini dapat diaktifkan dari menu pengaturan atau melalui tombol “Lebar” pada remote.

Anda mematikan fitur ini akan memungkinkan Anda untuk menikmati gambar TV Anda dalam kualitas aslinya, tanpa peregangan dan tanpa kata-kata yang terpotong di bagian bawah layar Anda. screen.

Pulihkan Kualitas Gambar Anda

Fitur mode lebar Sony adalah cara yang bagus untuk sepenuhnya memanfaatkan layar besar dan mengunci pengalaman yang lebih sinematik. Namun, fitur ini juga dapat merusak pengalaman menonton Anda karena gambar mungkin tampak melebar atau terdistorsi.

Untungnya, pengaturan mode lebar dapat dimatikan dengan mengubah pengaturan layar TV Anda atau menekan tombol “Lebar” pada remote Anda.

Menonaktifkan fitur ini dapat membantu Anda menikmati acara atau program favorit dalam rasio aspek aslinya tanpa peregangan atau distorsi.

Apakah Anda menikmati fitur mode lebar di TV Sony? Anda ingin menggunakannya untuk apa?

Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.