Cara Mematikan Monitor Anda Dengan Keyboard

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda mungkin selalu menyalakan monitor. Namun bagaimana jika terjadi pemadaman listrik dan Anda tidak memiliki baterai cadangan?

Hanya dengan beberapa penekanan tombol, Anda dapat mematikan monitor sehingga tidak membuang energi. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara melakukannya.

Cara Mematikan Monitor Anda Dengan Pintasan Keyboard di Windows

Pintasan Windows adalah cara praktis untuk mengakses file dan aplikasi yang sering digunakan dengan cepat. Namun, mereka juga dapat digunakan untuk menjalankan berbagai perintah.

Berikut cara mematikan monitor di Windows menggunakan pintasan:
. Anda dapat melakukan ini dengan meminimalkan jendela semua program yang sedang berjalan di mesin Anda. Atau, tekan “Alt + D.” Tekan “Alt + F4.” Pilih “Tidur” dari opsi tarik-turun di layar berikutnya. Ini akan membuat komputer Anda langsung tertidur.
Untuk menyalakan monitor Anda lagi, yang perlu Anda lakukan hanyalah menekan tombol apa saja di keyboard Anda.

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa pintasan di atas bukanlah pintasan yang “benar” karena itu bukan persis mouse -Gratis. Setelah menekan tombol kombinasi keyboard “Alt + F4”, Anda masih perlu menggunakan mouse untuk memilih opsi “tidur”. Tapi di situlah PowerShell masuk.

PowerShell adalah shell baris perintah yang dirancang khusus oleh Microsoft untuk mengotomatisasi tugas. Itu dapat melakukan hampir semua hal yang perlu dilakukan administrator Windows setiap hari, seperti mengelola pengguna, jaringan, dan sumber daya. Ini memungkinkan pengguna untuk mengotomatisasi hampir semua hal, mulai dari menutup program yang terbuka hingga mematikan layar.

Berikut cara menggunakan PowerShell untuk mematikan monitor di Windows:
Buka layar beranda Windows Anda.Klik kanan pada Desktop.Arahkan mouse Anda ke atas “Baru” dan pilih “Pintasan” dari submenu konteks. Tempel perintah Powershell berikut di kotak kosong.powershell.exe -Perintah “(Add-Type ‘[DllImport(“user32.dll”)]public static extern int SendMessage(int hWnd,int hMsg,int wParam,int lParam);’ -Nama a -Pas)::SendMessage(-1,0×0112,0xF170,2)Klik “Berikutnya.” Ketikkan nama untuk pintasan Anda. Anda dapat menggunakan sesuatu seperti “Matikan Monitor” atau “Monitor Tidur”. Klik tombol “Selesai”. Ini akan membuat ikon desktop untuk pintasan baru Anda. Pada titik ini, Anda perlu mengatur kombinasi keyboard yang menjalankan pintasan. Untuk melakukannya, klik kanan pada pintasan dan pilih “Properti.” Masukkan pintasan keyboard di kotak di sebelah “Tombol Pintasan.” Klik “OK” untuk menyimpan perubahan. Untuk menjalankan pintasan, tekan kombinasi keyboard yang baru saja Anda buat untuk membuka jendela Command Prompt di layar Anda. Layar akan mati beberapa saat kemudian (sekitar 2 detik). Satu klik mouse sederhana akan menerangi layar saat Anda siap untuk melanjutkan pekerjaan.

Cara Mematikan Monitor Anda Dengan Pintasan Keyboard di Mac

Seperti Windows, macOS memungkinkan pengguna menggunakan banyak pintasan keyboard untuk mengotomatiskan tugas yang seharusnya memakan waktu lebih lama. menjalankan. Tetapi sementara Windows tidak dilengkapi dengan pintasan keyboard bawaan untuk mematikan layar, macOS memang memilikinya: Control + Shift + Eject.

Hal terbaik tentang pintasan keyboard ini adalah ia mematikan layar tanpa meletakkan komputer Anda ke tidur. Ini berarti Anda dapat melanjutkan pekerjaan Anda segera setelah Anda menekan tombol apa saja di keyboard Anda. Anda tidak akan diminta untuk membuka kunci layar atau memasukkan kata sandi Windows lokal Anda.

Namun, jika Anda ingin mematikan layar dan pada saat yang sama menidurkan komputer, pintasan keyboard yang digunakan adalah “Option + Command + Eject .”

Cara Mematikan Monitor Anda Dengan Pintasan Keyboard di Chromebook

Chromebook dirancang untuk kemudahan penggunaan, dan salah satu fitur yang membuatnya sangat ramah pengguna adalah Anda dapat dengan mudah mematikan layar. Anda juga dapat mematikan monitor dengan mengalihkan Chromebook ke mode “tidur”. Begini caranya:
Tekan tombol daya selama tiga detik. Menu akan muncul dengan opsi untuk “Keluar”, “Tidur”, atau “Mati”. Pilih “Tidur” untuk mematikan layar.
Chromebook akan memasuki mode tidur, dan layar akan menjadi gelap. Untuk membangunkannya kembali, tekan tombol apa saja atau tombol daya.

Mode tidur akan mematikan layar dan sebagian besar komponen internal tetapi akan membuat RAM tetap bertenaga sehingga Anda dapat kembali bekerja dengan cepat saat Anda membuka tutupnya lagi.

Cara Mematikan Monitor Anda Dengan Pintasan Keyboard di Perangkat Linux

Pada perangkat Linux, kontrol atas monitor Anda bermuara pada Display Power Management Signaling (DPMS).

DPMS adalah fitur yang didukung oleh sebagian besar kartu video dan monitor yang memungkinkan komputer mematikan layar saat tidak sedang digunakan. Ini berguna untuk menghemat daya dan mengurangi ketegangan mata jika Anda cenderung membiarkan komputer hidup dalam waktu lama.

Di Linux, Anda dapat menggunakan DPMS untuk mematikan layar dengan perintah sederhana. Pertama, buka jendela terminal dan ketik “xset dpms force off”. Ini akan segera mematikan layar Anda. Jika Anda ingin menghidupkan kembali layar, ketik “xset dpms force on”.

Anda juga dapat menggunakan perintah ini untuk mengalihkan komputer ke mode standby atau suspend. Perintah “xset dpms force standby” akan membuat komputer Anda ke mode standby, sementara “xset dpms force suspend” akan menangguhkan layar (meluncurkan mode tidur).

Perlu diingat bahwa menggunakan DPMS tidak akan menyimpan pekerjaan yang belum disimpan; pastikan untuk menyimpan pekerjaan Anda sebelum menggunakan perintah ini.

Memperpanjang Umur Monitor Anda

Ketika Anda meninggalkan komputer untuk waktu yang lama, penting untuk mengambil beberapa tindakan pencegahan untuk memastikan bahwa komputer akan berfungsi dengan baik saat Anda kembali. Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah mematikan monitor Anda.

Meskipun mungkin tampak seperti hal kecil, mematikan monitor Anda dapat membantu menghindari burn-in dan memperpanjang masa pakainya.