Cara Mematikan Otentikasi Dua Faktor di Instagram

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Otentikasi dua faktor adalah metode konfirmasi identitas yang populer untuk berbagai halaman web dan aplikasi online. Ini adalah lapisan keamanan tambahan yang melindungi Anda dan akun Anda dari penipu. Instagram menambahkan otentikasi dua faktor pada tahun 2018. Dengan begitu banyak pengguna di seluruh dunia, platform harus memperhatikan keamanan akun. Tentu saja, beberapa orang mungkin telah mengaktifkan autentikasi dua faktor hanya untuk berubah pikiran – ini menambahkan beberapa langkah lagi.

Apa Itu Autentikasi Dua Faktor (2FA)?

Anda mungkin sudah familiar dengan autentikasi satu faktor (SFA), yang mengharuskan pengguna melalui satu langkah keamanan untuk masuk, paling sering kata sandi. Otentikasi

dua faktor menambahkan lapisan keamanan lain, yang dapat datang dalam beberapa bentuk. Ini sangat meningkatkan keamanan akun Anda dengan mempersulit penjahat dunia maya untuk mendapatkan akses ke sana. Ini berarti bahwa bahkan jika seorang peretas mendapatkan kata sandi seseorang, mereka masih harus melalui lapisan keamanan tambahan, lebih disukai dalam bentuk informasi yang tidak dapat mereka dapatkan.

Faktor Kedua

Sementara langkah keamanan pertama hampir selalu merupakan kata sandi, faktor kedua bisa berupa banyak hal. Tapi satu hal yang pasti. Itu harus menjadi sesuatu yang tidak dapat diakses oleh peretas. Seperti yang mungkin Anda ketahui, 2FA umum untuk bank dan rekening keuangan lainnya memiliki kode keamanan yang dikirim melalui SMS ke ponsel Anda. Asumsinya adalah Anda memiliki telepon, dan dengan demikian peretas tidak akan dapat mengambil teks itu (setidaknya tidak semudah itu).

Berikut adalah semua faktor otentikasi yang mungkin (dalam urutan adopsi umum): faktor – Berdasarkan pengetahuan pengguna (seperti kata sandi, PIN, atau info pribadi), SFA biasanya didasarkan pada faktor pengetahuan. Faktor kepemilikan – Seperti dijelaskan, ini adalah bentuk 2FA yang paling umum. Selain kata sandi, pengguna memerlukan akses ke sesuatu yang mereka miliki, seperti teks ke ponsel mereka, token keamanan, kartu ID, dll. Faktor bawaan – Ini adalah bentuk 2FA yang lebih kompleks. Ini biasanya disebut sebagai faktor biometrik, seperti sesuatu yang secara fisik spesifik untuk pengguna. Ini termasuk sidik jari, retina, wajah, dan ID suara dan hingga dinamika penekanan tombol, biometrik perilaku, dan pola gaya berjalan/bicara. Faktor lokasi – Lokasi upaya login digunakan sebagai faktor konfirmasi. Faktor waktu – Jendela waktu tertentu yang diperbolehkan dapat digunakan.
Instagram’s 2FA

Instagram’s 2FA adalah pesan teks yang dikirim ke ponsel Anda, di dalamnya terdapat kode yang harus Anda masukkan untuk mengakses akun Instagram Anda. Ini, tentu saja, faktor kepemilikan, di mana Anda harus membawa ponsel. Jika Anda tidak lagi ingin menggunakan 2FA untuk Instagram, atau jika Anda perlu menetapkan nomor telepon lain, inilah yang harus dilakukan:
Buka profil Anda dengan mengetuk gambar profil Anda di pojok kanan bawah aplikasi Instagram. Lalu, tap ikon tiga garis horizontal di pojok kanan atas. Buka Pengaturan. Dari sana, arahkan ke Keamanan. Ketuk Autentikasi Dua Faktor. Sekarang, nonaktifkan kedua opsi yang telah Anda aktifkan, kemungkinan besar opsi Pesan Teks.
Situs Desktop

Anda juga dapat melakukannya di situs Instagram.
Klik ikon profil di sudut kanan atas layar.Klik Profil di dropdown Tidak bisa. Klik Privasi dan Keamanan di menu sebelah kiri. Gulir ke bawah halaman ke bagian Otentikasi Dua Faktor dan batalkan pilihan tanda centang di sebelah nomor telepon Anda. Jika opsi aplikasi Otentikasi memiliki tanda centang, hapus juga.
Menggunakan Aplikasi Otentikasi

Aplikasi otentikasi seringkali lebih aman daripada menggunakan pesan teks bawaan Instagram 2FA. Itu karena pesan teks jauh lebih mudah diretas daripada aplikasi autentikasi yang dibuat dengan mempertimbangkan keselamatan dan keamanan yang lebih canggih. Jika akun Instagram Anda memiliki banyak pengikut dan rasio pengikut/mengikuti yang luar biasa, lebih baik Anda menggunakan opsi Pesan Teks dan Aplikasi Autentikasi di Pengaturan Autentikasi Dua Faktor. !
Bagaimana cara masuk ke akun Instagram saya jika saya tidak bisa mendapatkan kode 2FA?

Terkadang kami tidak memiliki akses ke nomor telepon atau aplikasi autentikasi yang digunakan untuk menerima kode. Ketika ini terjadi, sulit untuk kembali ke akun Anda. Untungnya, pengembang Instagram menawarkan cara untuk membantu Anda kembali ke akun Anda.

Saat Anda meminta kode, klik opsi Saya tidak dapat mengakses nomor telepon ini. Instagram akan meminta alamat email yang dapat Anda akses. Kemudian, Anda akan menerima email dari perusahaan dalam waktu 24 jam.

Instagram dapat meminta ID foto atau video yang membuktikan identitas Anda. Kemudian Anda dapat memperoleh akses ke akun Instagram Anda untuk mengatur ulang kata sandi dan memperbaiki parameter 2FA Anda.
Apakah saya memerlukan 2FA?

Akun Instagram menarik bagi peretas karena penyusup dapat melakukan penipuan dan mengakses akun teman Anda. Jadi iya. Lebih baik tetap mengaktifkan 2FA.

Tapi, 2FA dapat menyebabkan masalah login bagi pengguna yang jujur. Jika Anda tidak mengaktifkan 2FA, sebaiknya hindari mengeklik tautan apa pun di dalam aplikasi sambil menyetel kata sandi yang sangat aman.

Tetap Aman di Instagram

Menggunakan autentikasi dua faktor Instagram sepanjang waktu bisa sedikit merepotkan, tetapi beberapa mungkin mengatakan bahwa lebih baik aman daripada menyesal. Selain itu, Anda tidak perlu terlalu sering masuk ke Instagram karena aplikasi ini tahu cara membuat Anda tetap masuk.

Apakah Anda menggunakan 2FA di Instagram? Apakah itu sepadan dengan masalahnya? Diskusikan pendapat Anda tentang penggunaan 2FA di Instagram di kolom komentar di bawah.