Cara “Membatalkan” di iPhone: 4 Cara Berbeda

Jika Anda melakukan kesalahan saat mengetik di iPhone—atau Anda tidak sengaja menghapus banyak teks—Anda mungkin bertanya-tanya: Bisakah Anda membatalkannya? Jawabannya biasanya ya, dan setidaknya ada empat cara berbeda untuk melakukannya. Begini caranya.

Shake to Undo

Metode tertua untuk membatalkan entri teks disebut “Shake to Undo.” Apple memperkenalkannya di iPhone OS 3.0 pada tahun 2009, dan memungkinkan untuk menonaktifkannya di iOS 9. Meskipun fitur ini diaktifkan selama bertahun-tahun, fitur ini mungkin dinonaktifkan di iPhone Anda secara default di model yang lebih baru.

Untuk menggunakan Shake to Undo , pertama-tama pastikan itu diaktifkan. Buka aplikasi Pengaturan dan navigasikan ke Aksesibilitas > Sentuh, lalu balikkan sakelar di samping “Goyang untuk Mengurungkan” ke posisi aktif.

Setelah itu, saat berikutnya Anda mengetik dan Anda perlu membatalkan sesuatu, goyangkan iPhone Anda secara fisik. Saat Anda melihat pop-up “Batalkan Pengetikan”, ketuk “Batalkan”. Shake to Undo” off.

Ketuk Tiga Jari untuk Membatalkan (Dua Metode)

Ada dua cara untuk membatalkan kesalahan entri teks dengan gerakan mengetuk di layar iPhone Anda. Saat mengetik, ketuk layar dua kali dengan tiga jari. Anda akan melihat pemberitahuan “Batalkan” di bagian atas layar, dan tindakan terakhir Anda akan dibatalkan.

Juga, di banyak aplikasi Apple (dan beberapa lainnya), Anda dapat memunculkan bilah pemformatan dengan mengetuk layar sekali dengan tiga jari. Bilah ini menyediakan antarmuka visual untuk membatalkan, memotong, menyalin, menempel, dan mengulang. Saat muncul di bagian atas layar, ketuk tombol urungkan, yang terlihat seperti panah berbentuk U yang melengkung ke kiri.

Kapan saja, Anda dapat memunculkan bilah pemformatan lagi dan mengulang apa yang baru saja Anda urungkan dengan mengetuk tombol melengkung panah yang menunjuk ke kanan.

Gesek Tiga Jari untuk Mengurungkan

Anda juga dapat melakukan tindakan pembatalan dengan menggeser layar iPhone. Untuk melakukannya, letakkan tiga jari di layar dan geser cepat ke kiri. Anda akan melihat pesan “Urungkan” muncul di dekat bagian atas layar Anda, dan tindakan terakhir akan dibatalkan.

Untuk mengulang (mengembalikan apa yang baru saja Anda batalkan), geser tiga jari pada layar Anda ke kanan.

Command+Z pada Keyboard Fisik

Jika Anda memiliki keyboard fisik yang dipasangkan dengan iPhone, Anda dapat menggunakan keyboard untuk membatalkan entri teks di banyak aplikasi. Untuk melakukannya, tekan Command+Z pada keyboard. Untuk mengulang, tekan Shift+Command+Z. Ini adalah pintasan keyboard yang sama yang akan Anda temukan di Mac.

Membatalkan di Aplikasi Lain

Meskipun metode di atas didukung di sebagian besar aplikasi Apple, beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin tidak mendukungnya. Jika itu masalahnya, cari tombol “Undo” khusus (atau ikon dengan panah melengkung ke belakang) di suatu tempat di antarmuka. Anda juga dapat mencoba menggoyangkan iPhone Anda untuk membatalkan, yang didukung oleh beberapa pengembang. Semoga berhasil!

Itulah berita seputar Cara “Membatalkan” di iPhone: 4 Cara Berbeda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.