Cara Membatalkan, Mengulangi, atau Mengulangi Tindakan di Microsoft Excel

Excel memungkinkan Anda membatalkan, mengulang, dan mengulangi tindakan tertentu. Tombol untuk membatalkan, mengulang, dan mengulangi tindakan berada di lokasi yang sama di Mac dan Windows, dan pintasan keyboard juga hanya sedikit berbeda.

Membatalkan Tindakan

Membatalkan tindakan hanya menghapus input sebelumnya. Anda dapat membatalkan hingga 100 tindakan. Untuk membatalkan tindakan melalui pintasan keyboard, tekan “Ctrl+Z” di Windows atau “Command+Z” di Mac.

Jika Anda menggunakan Excel untuk Windows, Anda dapat menemukan tombol Undo di grup Undo tab Beranda di atas- sudut kiri jendela. Ikon Undo adalah panah melengkung yang mengarah ke kiri.

Di Mac, tombol Undo juga dapat ditemukan di sudut kiri atas layar, di atas bilah menu.

Jika Anda membatalkan tindakan tetapi memutuskan yang seharusnya tidak Anda miliki, Anda dapat mengembalikannya dengan fungsi redo. Untuk mengulang tindakan menggunakan pintasan keyboard, tekan “Ctrl+Y” di Windows atau “Command+Y” di Mac. Atau, di Windows, Anda dapat menekan tombol “F4” untuk mengulang suatu tindakan. Jika menekan tombol F4 saja tidak berhasil, Anda mungkin perlu menekannya bersama-sama dengan tombol “fn”.

Pada Excel untuk Windows, tombol Redo terdapat di grup Undo tab Home di pojok kiri atas jendela , tepat di bawah tombol Urungkan. Ikon Redo adalah panah melengkung yang menunjuk ke kanan.

Pada Mac, tombol Redo ditemukan di atas bilah menu, di sebelah kanan tombol Undo. Secara default, tombol ini adalah tombol “Ulangi” sampai Anda membatalkan tindakan. Setelah Anda membatalkan tindakan, tombol Ulangi kemudian berubah menjadi tombol Ulangi.

Tombol ulangi dan ulangi tidak akan pernah tersedia pada waktu yang sama.

Mengulangi tindakan, sesuai namanya, mengulangi tindakan input sebelumnya. Pintasan keyboard untuk mengulangi tindakan sama dengan mengulangi tindakan (“Ctrl+Y” di Windows dan “Command+Y” di Mac), menyebabkan sedikit kebingungan. Untuk membuat segalanya lebih membingungkan, Anda hanya dapat mengulangi tindakan sederhana, seperti tindakan salin dan tempel. Dalam kebanyakan kasus, Anda hanya ingin menggunakan fungsi salin dan tempel alih-alih fungsi tindakan berulang.

Untuk mengulangi tindakan menggunakan tombol di Windows, Anda harus menambahkannya ke Toolbar Akses Cepat terlebih dahulu. Untuk melakukan ini, ketik “Ulangi” di bilah Pencarian di bagian atas layar, klik kanan “Ulangi” dari hasil pencarian, lalu pilih “Tambahkan ke Bilah Alat Akses Cepat.” (Opsi ini akan berwarna abu-abu jika sudah ada di bilah alat Akses Cepat Anda.)

Sekarang Anda dapat menemukan opsi Ulangi di Bilah Alat Akses Cepat. Setelah Anda memasukkan tindakan berulang, Anda dapat mengklik tombol Ulangi untuk mengulanginya.

Pada Mac, tombol Ulangi ditemukan di atas bilah menu, di sebelah kanan tombol Undo. Tombol ini adalah Ulangi secara default, tetapi akan menjadi tombol Ulangi jika Anda baru saja membatalkan tindakan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tombol ulangi dan ulangi tidak akan pernah muncul bersamaan pada waktu yang sama.

Ini hanyalah salah satu dari banyak fitur dasar yang tersedia untuk Anda di Microsoft Excel—semuanya dapat dilakukan dengan menggunakan pintasan keyboard. Semakin banyak pintasan keyboard yang Anda pelajari di Excel, semakin efisien Anda!

Itulah berita seputar Cara Membatalkan, Mengulangi, atau Mengulangi Tindakan di Microsoft Excel, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.