Cara Membatasi Bandwidth ke Perangkat di Rumah Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Bandwidth biasanya didistribusikan secara merata di antara semua perangkat di jaringan. Sayangnya, tidak semua perangkat memiliki kebutuhan bandwidth yang sama. Misalnya, perangkat game orang dewasa akan membutuhkan lebih banyak bandwidth daripada tablet anak-anak. Oleh karena itu, kesehatan keseluruhan jaringan Anda kemungkinan besar akan terganggu.

Jika Anda mencoba mencari cara untuk membatasi bandwidth yang diarahkan ke perangkat di rumah Anda, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara melakukan proses sehingga semua perangkat Anda dapat menikmati bandwidth yang terdistribusi secara adil. Lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih lanjut.

Cara Mengurangi Bandwidth ke Perangkat di Rumah Anda Menggunakan Router

Kebanyakan router memungkinkan Anda untuk membatasi bandwidth yang diarahkan ke perangkat tertentu menggunakan fitur “Kualitas Layanan”.

Anda harus mengidentifikasi Mac perangkat terlebih dahulu atau alamat Internet Protocol (IP) untuk membatasi bandwidth yang dapat digunakan. Misalnya, untuk menemukan alamat IP PC Anda, Anda dapat membuka “Command Prompt” dan ketik “ipconfig/all”. Perintah ini akan menampilkan semua informasi jaringan yang berkaitan dengan komputer Anda, termasuk IPv4 dan alamat fisik.

Sekarang setelah Anda mengetahui alamat IP atau alamat Mac perangkat dengan bandwidth yang ingin Anda batasi, Anda kemudian perlu mengidentifikasi router Anda Alamat IP, juga disebut gateway default. Gateway default digunakan untuk masuk ke akun administratif sebuah router.

Berikut cara menemukan alamat IP router Anda menggunakan komputer:
Hubungkan komputer Anda ke jaringan router Anda. Di komputer, cari “Command prompt”. aplikasi dan ketik “ipconfig”. Temukan nilai di bawah “Default gateway,” dan itu adalah alamat IP router Anda.
Sekarang mari kita lihat secara mendalam bagaimana Anda dapat membatasi bandwidth untuk router tertentu.

Cara Mengurangi Bandwidth ke Perangkat Menggunakan Linksys Router

Jika Anda menggunakan router Linksys dan ingin membatasi bandwidth yang disalurkan ke perangkat rumah Anda, ikuti langkah berikut:
Masukkan alamat IP router Anda di browser untuk masuk ke halaman admin router Linksys Anda. Arahkan ke “ Aplikasi dan Permainan” dan pilih “QoS.” Dari menu tarik-turun “Upstream & Bandwidth”, pilih opsi “Alamat Mac”. Di bidang teks “Masukkan nama”, masukkan nama perangkat yang relevan. Selanjutnya, masukkan alamat Mac yang Anda rekam sebelumnya di bidang teks. Pilih “Prioritas” yang sesuai untuk perangkat Anda, tergantung pada kebutuhan bandwidth Anda. Setelah selesai, tekan tombol “Simpan Pengaturan”.
Untuk perangkat padat bandwidth seperti itu sebagai perangkat game dan streaming, Anda disarankan untuk menetapkan prioritas bandwidth sebagai “Tinggi”. Anda dapat menetapkan prioritas bandwidth “Normal” untuk perangkat anak-anak. Terakhir, untuk perangkat yang jarang membutuhkan akses internet, seperti perangkat rumah pintar, Anda dapat memberikannya prioritas “Rendah”.

Menetapkan bandwidth ke perangkat sesuai dengan kebutuhan internetnya akan meningkatkan akses jaringan rumah Anda dan kualitas internet secara umum. Menggunakan Router Nirkabel TP-Link

Jika Anda menggunakan Router Nirkabel TP-Link dan ingin membatasi bandwidth ke perangkat di jaringan rumah Anda, ikuti langkah berikut:
Buka portal router TP-Link dan masuk ke antarmuka kontrol router menggunakan kredensial di bagian bawah label perangkat. Arahkan ke “Peta jaringan.” Pilih “Klien” untuk melihat perangkat yang terhubung ke router itu. Pilih perangkat rumah dengan bandwidth yang ingin Anda batasi dan navigasikan ke “Batas Kecepatan” tab.Periksa kotak centang “Batas Kecepatan”.Tentukan kecepatan unggah dan unduh perangkat sesuai dengan kebutuhan pelambatan Anda.Setelah selesai, tekan tombol “Simpan”.
Cara Throttle Bandwidth pada Huawei Rout er

Huawei router perlahan tapi pasti mendapatkan popularitas di seluruh dunia. Jika Anda menggunakannya, ikuti langkah-langkah berikut untuk membatasi bandwidth untuk perangkat di seluruh jaringan rumah Anda:
Hubungkan perangkat dengan bandwidth yang ingin Anda batasi ke Wi-Fi router. Atau, Anda dapat menghubungkan komputer ke Jaringan Area Lokal menggunakan kabel ethernet. Masuk ke halaman administratif router Anda menggunakan alamat IP default yang biasanya ditemukan di pelat perangkat. Buka tab “Kelola Perangkat” dan pilih perangkat dengan bandwidth Anda ingin mencekik. Nyalakan sakelar sakelar “Limit Rate”. Tentukan kecepatan unduh dan unggah untuk perangkat yang dimaksud.
Ada jumlah maksimum perangkat yang dapat Anda atur batas bandwidthnya, dan bervariasi tergantung pada model router Anda menggunakan. Setelah jumlah ini tercapai, Anda tidak dapat lagi menetapkan batas untuk perangkat tambahan di jaringan.

Cara Mengurangi Bandwidth Menggunakan D-Link Router

Jika Anda menggunakan router D-Link dan ingin membatasi bandwidth untuk perangkat di jaringan rumah Anda , ikuti langkah-langkah berikut:
Buka browser Anda dan ketik alamat IP router di bilah pencarian.Login ke dasbor router menggunakan kredensial login router Anda.Navigasi ke “Advanced” dan pilih “Traffic Control.” Buka “QoS Rules” lalu “ Tambah.” Masukkan alamat IP perangkat Anda di kolom teks “IP Sumber”. Masukkan batas bandwidth perangkat di kolom teks “Lantai Bawah” dan “Lantai Atas”. Tekan tombol “Tambah Aturan” untuk simpan perubahannya.
Cara Throttle Bandwidth Menggunakan Netgear Router

Untuk throttle bandwidth menggunakan router Netgear, ikuti langkah-langkah berikut:
Masukkan alamat IP router Netgear Anda di bilah pencarian untuk mengakses dasbor administrasi perangkat. Arahkan ke “ADVANCED” lalu “Setup ”Dari opsi , pilih “Pengaturan QoS” lalu “Atur aturan QoS.” Buka “Tambahkan aturan QoS.” Di menu tarik-turun “Kategori Prioritas”, pilih opsi “Alamat mac”. Tetapkan prioritas ke perangkat Anda sesuai dengan kebutuhan pembatasan Anda. Klik tombol “Terapkan” untuk menyimpan perubahan.
Cara Menekan Bandwidth di Google Chrome

Jika Anda menggunakan browser Chrome untuk mengakses internet dan ingin membatasi koneksi internet Anda sendiri, ikuti langkah-langkah berikut:
Di komputer Anda, luncurkan browser Chrome .Klik kanan jendela dan pilih opsi “Periksa”.Buka tab “Jaringan”.Buka menu tarik-turun “pelambatan” dan pilih “3G Lambat” atau “3G Cepat”, tergantung pada kebutuhan pembatasan Anda.
Harap diperhatikan bahwa proses di atas mungkin memberikan hasil yang tidak akurat atau bervariasi karena alat pengembang Chrome hanya mensimulasikan perilaku pelambatan. Untuk hasil yang akurat, sebaiknya gunakan router sebagai gantinya.

Penurunan bandwidth dapat membuat perbedaan besar pada kesehatan umum koneksi internet Anda. Untungnya, proses membatasi bandwidth yang diarahkan ke perangkat tertentu relatif mudah. Cukup masuk ke halaman administratif router Anda, cari tab QoS, dan atur batas bandwidth untuk perangkat Anda. Pada akhirnya, pembatasan adalah proses yang bermanfaat yang akan meningkatkan efektivitas umum jaringan rumah Anda dan membuat Anda memiliki koneksi internet yang lancar.

Sudahkah Anda mencoba membatasi bandwidth yang diarahkan ke perangkat di jaringan rumah Anda? Bagaimana Anda menjalani prosesnya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.