Cara Membersihkan Debu dari Laptop Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

 

Jika Anda memiliki laptop selama satu atau dua tahun, mungkin penuh dengan debu. Debu menyumbat kipas, ventilasi, dan unit pendingin, mencegah PC Anda menjadi dingin dengan benar. Anda dapat menghilangkan banyak debu ini, bahkan jika Anda tidak dapat membuka laptop Anda. Penumpukan debu dapat mencegah PC menjadi dingin dengan benar, dan panas tersebut bahkan dapat menyebabkan kerusakan perangkat keras. Kipas laptop Anda juga dapat bekerja dengan kecepatan penuh, menguras baterai Anda. Laptop Anda bahkan dapat mengurangi kinerjanya agar tetap keren.

 

Jika Anda Dapat Membuka Laptop

Sebagian besar laptop, terutama yang lebih baru, tidak dirancang untuk dibuka oleh penggunanya . Ini menghadirkan masalah serius. Pada PC desktop, Anda akan mematikan PC, membuka casing, meniupnya dengan sekaleng udara bertekanan, dan menutup casing. Anda dapat membersihkan laptop dengan cara yang sama– jika saja ada cara untuk membukanya dan masuk ke dalamnya.

Laptop Anda mungkin memiliki panel bawah (atau beberapa panel bawah), Anda dapat membukanya untuk mengakses internal. Periksa manual laptop Anda, atau cari “manual servis” khusus untuk model laptop spesifik Anda secara online. Matikan laptop, lepaskan baterai, dan buka panel untuk masuk ke bagian dalam laptop. Jika manual servis tersedia untuk laptop Anda, itu akan memandu Anda melalui prosesnya. Bergantung pada laptop Anda, membuka panel mungkin atau mungkin tidak membatalkan garansi Anda.

 

Setelah terbuka, bawa laptop ke tempat yang Anda tidak keberatan berdebu — seperti garasi Anda, atau bahkan di luar. Gunakan sekaleng udara bertekanan untuk meniup bagian dalam laptop Anda. Pastikan Anda mengeluarkan debu dari casing laptop, tidak hanya memindahkannya ke dalam. Misalnya, Anda dapat meniup lebih banyak ke ventilasi laptop sehingga debu akan keluar melalui ventilasi dan keluar dari laptop. Berhati-hatilah saat meniupkan udara ke kipas di laptop — jika Anda membuat kipas berputar terlalu cepat, kipas bisa rusak. Tiup kipas dari berbagai sudut, menggunakan semburan pendek udara.

Kami merekomendasikan udara terkompresi — juga dikenal sebagai udara kalengan — karena suatu alasan. Jangan gunakan ruang hampa udara, dan berhati-hatilah jika Anda memilih untuk menggunakan kompresor udara daripada sekaleng udara bertekanan.

 

Setelah selesai, Anda dapat memasang kembali panel, pasang baterai, dan nyalakan kembali laptop. Ini akan berjalan lebih dingin, dan kipasnya akan lebih jarang berputar.

Jika Anda Tidak Dapat Membuka Laptop Anda

Apakah Anda ingin memutakhirkan perangkat keras laptop Anda atau hanya membersihkannya, pabrikan tidak ingin Anda membuka sebagian besar laptop. Tetapi debu menumpuk di dalam laptop, baik Anda dapat membukanya sendiri atau tidak.

Bahkan jika Anda tidak dapat membuka laptop, Anda masih dapat mencoba menghilangkan sebagian dari debu itu. Pertama, bawa laptop ke tempat yang Anda tidak keberatan berdebu. Anda mungkin tidak ingin meniupkan debu ke seluruh meja atau tempat tidur Anda.

 

Dapatkan sekaleng udara bertekanan, arahkan ke ventilasi pendingin laptop, dan beri beberapa semburan udara. Dengan sedikit keberuntungan, semburan udara akan membuat sebagian debu terlepas dan akan keluar dari ventilasi laptop. Anda tidak akan mendapatkan semua debu dari laptop, tetapi setidaknya itu akan berhenti menyambungkan ventilasi, kipas, dan apa pun yang menempel. Ini bukan cara yang ideal untuk membersihkan laptop, tetapi mungkin hanya itu yang dapat Anda lakukan.

Berhati-hatilah saat melakukan ini. Jika Anda mengarahkan semburan udara bertekanan langsung ke kipas pendingin di dalam ventilasi, Anda dapat menyebabkan kipas pendingin berputar terlalu cepat. Jangan mengarahkan udara langsung ke kipas dan memberikan ledakan yang lama. Alih-alih, hembuskan udara dalam semburan singkat, tunggu di antaranya untuk memastikan Anda tidak memutar kipas terlalu cepat.

 

Jika laptop Anda mengalami masalah serius dengan panas berlebih dan Anda tidak dapat membersihkannya sendiri, Anda mungkin harus menghubungi produsen untuk layanan. Jika masih dalam garansi, semoga mereka dapat membantu Anda.

Jika Anda memiliki laptop selama satu atau dua tahun, mungkin ada penumpukan debu yang signifikan di dalam casingnya. Membersihkan laptop Anda secara teratur adalah ide yang bagus, tetapi Anda tidak perlu berlebihan dan melakukan ini sepanjang waktu. Seberapa sering Anda perlu membersihkan laptop bergantung pada laptop itu sendiri dan seberapa berdebu lingkungan Anda.

Itulah berita seputar Cara Membersihkan Debu dari Laptop Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.